September 5, 2021

Max Verstappen Dominasi Formula 1 Dutch GP 2021, Pimpin Kembali Klasemen Pembalap

Penulis: Desmal Andi
Max Verstappen Dominasi Formula 1 Dutch GP 2021, Pimpin Kembali Klasemen Pembalap  

Mobitekno – Menempati posisi pertama saat start dalam balapan GP Belanda 2021, pembalap tuan rumah Max Verstappen dari Red Bull Racing Honda ini berhasil mempertahankan posisinya hingga balapan berakhir. Walaupun tidak di-backup oleh Sergio Perez yang harus start dari lintasan pitsop, Max tetap mampu mempertahankan dari serbuan strategi tim Mercedes. Bahkan di tengah balapan, Lewis Hamilton sempat mendekatkan jaraknya hingga 0,7 detik saja. Namun, Max tetap bertahan dan kembali melebarkan jaraknya dengan Hamilton menjadi di atas 1 detik kembali.

Saat balapan dimulai, Max yang menempati posisi pertama langsung melesat tanpa gangguan dari duo Mercedes. Jalannya start cukup mulus bagi pembalap Belanda ini. Bahkan lima lap pertama, jarak Max Verstappen dengan Lewis Hamilton sempat cukup lebar. Berbeda dengan beberapa balapan sebelumnya, proses start di GP Belanda 2021 ini cukup mulus. Tidak ada insiden berarti yang mengenaai semua pembalap. Bahkan 6 pembalap di posisi teratas tetap pada posisinya saat beberapa lap awal berjalan. Antonio Giovinazzi dari Alfa Romeo Racing yang berada di posisi 7 saat start, sempat hampir menyusul pembalap Ferrari di lap pertama.

Sementara di tengah balapan, Max sempat turun ke posisi kedua setelah mengganti bannya dengan jenis medium. Satu lap sebelumnya, Hamilton juga melakukan pitstop terlebih dahulu untuk mengganti ban. Namun, selisih waktu yang cukup besar antara Max dengan Hamilton, membuat Max tetap berada di depan pembalap Mercedes tersebut. Valtery Bottas sempat mengambil alih posisi pertama setelah Max mengganti bannya. Namun, hal itu hanya berjalan beberapa lap saja. Strategi pitsop antara Mercedes dengan  Red Bull Racing juga terlihat saling bersaing. Pitstop kedua yang dilakukan Hamilton dengan ban jenis medium, di-counter Max dengan satu lap berikutnya. Namun, pembalap Red Bull tersebut, menggunakan ban jenis hard pada pitstop kedua ini.

Jalannya start F1 Dutch GP 2021

Menjelang akhir balapan, kedua pembalap Mercedes tampak kesulitan dengan ban yang mulai menipis. Dan pada akhirnya 3 lap menjelang balapan berakhir, baik Valtery Bottas maupun Hamilton akhirnya melakukan pitstop ketiga. Dan Max Verstappen sempat diuntungkan dengan pemilihan ban jenis hard ini karena mampu bertahan hingga finish.

Sementara itu, rekan Max Verstappen, Sergio Perez, mampu melibas banyak pembalap selama balapan berlangsung. Strategi yang dilakukan tim Red Bull terhadap Sergio Perez ternyata berhasil mengantarkan pembalap asal Mexico ini finish di urutan 8, walau melakukan start dari pitstop.

Hasil yang dicapai Max Verstappen ini membuatnya kembali mengantarkan ke posisi pertama di klasemen pembalap dengaan perolehaan nilai 224,5. Hamilton yang sebelumnya menempati posisi pertama klasemen harus rela turun ke posisi kedua dengan poin 221,5. Sementara Valtery Bottas di masih bertahan di posisi tiga dengan poin 123.

Berikut Hasil balapan GP Belanda 2021 (F1 Dutch Grand Prix 2021), Minggu 05 September 2021 ini adalah:

  1. Max Verstappen – RED BULL RACING HONDA
  2. Lewis Hamilton – MERCEDES
  3. Valtteri Bottas  – MERCEDES
  4. Pierre Gasly – ALPHATAURI HONDA
  5. Charles Leclerc – FERRARI
  6. Fernando Alonso – ALPINE RENAULT
  7. Carlos Sainz – FERRARI
  8. Sergio Perez – RED BULL RACING HONDA
  9. Esteban Ocon – ALPINE RENAULT
  10. Lando Norris – MCLAREN MERCEDES
  11. Daniel Ricciardo – MCLAREN MERCEDES
  12. Lance Stroll – ASTON MARTIN MERCEDES
  13. Sebastian Vettel – ASTON MARTIN MERCEDES
  14. Antonio Giovinazzi – ALFA ROMEO RACING FERRARI
  15. Robert Kubica – ALFA ROMEO RACING FERRARI
  16. Nicholas Latifi – WILLIAMS MERCEDES
  17. George Russell – WILLIAMS MERCEDES (DNF)
  18. Mick Schumacher – HAAS FERRARI
  19. Yuki Tsunoda – ALPHATAURI HONDA (DNF)
  20. Nikita Mazepin – HAAS FERRARI (DNF)

foto: f1.com

Tags: , , , ,


COMMENTS