June 19, 2021

Review Galaxy Tab A7 Lite, Tablet Untuk Semua Kebutuhan Anggota Keluarga dengan Harga Terjangkau

Penulis: Desmal Andi
Review Galaxy Tab A7 Lite, Tablet Untuk Semua Kebutuhan Anggota Keluarga dengan Harga Terjangkau  

Mobitekno – Di situasi pandemi seperti saat ini, kebutuhan akan peraangkat mobile yang mampu mendukung aktivitas harian sangat dibutuhkan. Kini, orang banyak yang memanfaatkan perangkat mobile untuk mengerjakan pekerjaan kantor, mengikuti pembelajaran jarak jauh, hingga menikmati hiburan di rumah. Intinya, cara kita beraktivitas memang berubah dalam setahun ini, dimana kini lebih banyak dilakukan di rumah, tetapi semangat untuk beraktivitas tetap ada. Dan, semuanya itu tidak lepas dari dukungan perangkat mobile, seperti smartphone dan tablet.

Samsung Gaalxy Tab A7 Lite yang hadir belum lama ini merupakan jawaban Samsung atas permintaan perangkat tablet dengan harga terjangkau yang bisa digunakan oleh seluruh keluarga. Mulai dari kebutuhan anak untuk belajar, pekerjaan harian si bapak, hingga melihat tutorial pembuatan makanan untuk ibu, bisa dilakukan dalam satu tablet. Namun, sebelumnya semua hal ini sempat memiliki hambatan karena harga beberapa tablet untuk kebutuhan tersebut terbilang tinggi. Kini Samsung Galaxy Tab A7 Lite bisa melakukannya dengan harga Rp 2.499.000.

Nah, Mobitekno pun sempat merasakan keandalan Samsung Galaxy Tab A7 Lite ini. Tablet dengan warna gray (yang diuji Mobitekno), kami uji dengan penggunaan sehari-hari. Tidak hanya untuk mengerjakan catatan-catatan penting untuk pekerjaan kantor, tetapi juga diuji untuk beberapa video conference untuk melihat keandalan yang ditawarkan tablet ini. Berikut ini hasil pengujiannya.

 

Kelengkapan

Paket tablet datang ke meja redaksi dengan lengkap dan masih terbungkus segel dengan rapi. Tanpa menunggu waktu lama, proses unboxing langsung dilakukan. Kemasan paketnya sama seperti tablet-tablet Samsung lainnya, memiliki ukuran yang kompak dengan dominasi warna putih.

Setelah proses unboxing selesai dilakukan, dengan segera terlihat berbagai item yang disediakan dalam kotak kemasan tersebut. Detailnya sebagai berikut:

  1. Satu unit tablet Galaxy Tab A7 Lite dengan pilihan warna Gray berlayar 8.7 inci
  2. SIM Card ejector
  3. Buku petunjuk singkat
  4. Kabel data USB type A ke USB Type C, berfungsi juga sebagai kabel daya
  5. Adapter AC to DC untuk proses pengisian daya

 

Desain

Walau berharga terjangkau alias setara dengan low segmen, namun bukan berarti Samsung memberikan material yang asalan. Material pada Samsung Galaxy Tab A7 Lite ini berbahan metal. Jadi, secara kelseluruhan, tablet terlihat lebih kokoh. Inilah kesan pertama yang langsung terasa saat membuka dan mengambil tablet Galaxy Tab A7 Lite dari kotak kemasannya.

Tebalnya hanya 8mm

Selain itu, kesan berikutnya adalah ketebalannya yang hanya 8mm membuat terlihat lebih stylish, seperti yang terlihat pada tablet-tablet berharga di atasnya. Bobotnya juga hanya 371gr, membuat perangkat ini mudah untuk dibawa-bawa kemanapun penggunanya pergi. Dikeempat sudutnya juga dibuat melengkung sehingga tidak mengganggu telapak tangan saat sedang dipegang. Walaupun opsi warna yang dimiliki adalah gray, tetapi bezelnya memiliki warna hitam. Perpaduan yang nyaman untuk dilihat, menjadi terlihat lebih stylish dan modern.

Untuk bagian layar, ukuran 8,7 inci sudah termasuk besar di segmen harga tablet dua jutaan. Layarnya menggunakan jenis TFT dengan resolusi WFGA+ 800 x 1340px dengan screen to body ratio sekitar 81%. Dengan begitu, layar cukup lega dengan bezel yang cukup tipis. Dimensi keseluruhannya adalah 212,5 x 124,7, 8 mm. Sisi-sisi kaca pada layar tidak dibuat terlalu siku sehingga nyaman juga saat disentuh dengan jari-jari dari tangan penggunanya.

Layarnya cukup lega, 8,7 inci

Masih di bagian layar depan. Terlihat kamera depan berkemampuan 2MP. Kemampuan ini sudah cukup untuk mendukung aktivitas video conference. Saat diuji dengan suasana ruang yang terang, hasil kamera terlihat cukup jelas. Akan berbeda jika digunakan untuk selfie. Ya harus diingat juga, tablet ini memang ditujukan untuk perangkat pendukung kreativitas dengan berbagai app di dalamnya. Oya, desain kamera depannya persis di tengah-tengah dan di atas layar, jika tablet diposisikan dalam kondisi portrait. Di sisi kanan kamera terdapat sensor cahaya.

Beralih ke bagian sisi-sisinya. Di bagian kanan, terlihat dua tombol fisik untuk power dan volume. Tombol power berada di atas tombol volume. Di bawahnya lagi terlihat lubang mikrofon berukuran sangat kecil untuk mendukung perekaman atau deteksi suara. Di sisi sebelahnya, yaitu sisi kiri, hanya terdapat slot SIM Card. Colok dengan SIM Ejector yang sudah disediakan untuk membukanya. Terlihat susunan slotnya khusus untuk satu nano SIM dan microSD. MicroSD-nya sendiri mendukung hingga kapasitas 1TB. Jadi, jangan khawatir mengenai storage-nya. Berbaga tipe dan jenis fike pun bisa disimpan dalam tablet.

Beralih ke sisi bawah. Di sini terdapat slot USB Type C, lubang mikrofon, dan speaker. Suara speakernya cukup kencang. Hal ini karena tidak lepas dari dukungan Dolby Atmos di dalamnya dan teknologi Surround Sound yang bisa menghadirkan pengalaman sinematik 3D. Di sisi atasnya tidak terdapat port apaun alias polos.

Di bagian belakang, kamera berkemampuan 8MP terdapat di sisi kiri atas bodi belakang. Kamera ini berukuran cukup kecil sehingga bagian belakang lebih terkesan menonjolkan material bodi yang terbuat dari metal saja. Tidak ada flash light di sisi kamera belakang ini. Namun, kamera ini mendukung resolusi FHD (1920 x 1080) @30fps

Fitur dan performa

Walaupun berharga dua jutaan, bukan berarti tablet keluaran Samsung ini pelit fitur. Bahkan, fitur yang ada bisa digunakan dengan luas. Selain untuk kebutuhan anak-anak, juga bisa digunakan untuk kebutuhan keluarga. Apalagi jika dikombinasikan dengan Samsung Account. Fleksibilitasnya akan lebih luas lagi.

Saat dinyalakan dan melakukan segala setting serta update, Galaxy Tab A7 Lite sudah terlihat menggunakan sistem operasi Android 11. Sistem operasi ini dipadukan dengan prosesor Octa-Core2.3GHz, 1.8GHz dari  Mediatek MT8768T Helio P22T. Prosesor ini dibangun dengan teknologi 12nm. Memorinya sudah 3GB RAM dan storage internalnya 32GB. Memori internal ini masih bisa ditambah dari slot MicroSD hingga kapasitas 1TB. Dukungan yang cukup besar untuk sebuah tablet berharga dua jutaan. Untuk kemampuan chipset ini kami mengukurnya juga dengan aplikasi benchmark Antutu, GeekBench, dan PCMark for Android.

Secara umum, pengoperasian dan navigasinya tidak jauh berbeda dengan tablet Samsung lainnya. Namun ada beberapa fitur yang menarik perhatian untuk membuat penggunaan tablet semakin nyaman. Salah satunya adalah fitur One Hand Operation+. Fitur ini sebenarnya merupakan fitur premium. Namun Samsung kini mengintegrasikannya ke Galaxy Tab A7 Lite. Fitur ini membuat Anda bisa mengontrol tablet hanya dengan satu tangan dengan mudah. Begitu ter-install, One Hand Operation + menghadirkan daftar opsi yang mudah. By default, fitur ini akan mengenali tiga tindakan: geser horizontal ke tengah, geser diagonal ke atas, dan geser diagonal ke bawah. Pengguna bisa mengaktifkan switch untuk menambahkan tiga tipe gestur “swipe and hold”.

Fitur berikutnya adalah Auto Hotspot. Ini cukup membuat mudah pengguna. Hal ini karena fitur ini bisa membuat berbagi koneksi internet menjadi lebih mudah dan cepat. Cukup hanya dengan Samsung Account di perangkat Samsung Galaxy lainnya, koneksi internet bisa dibagi tanpa harus memasukkan password. Fitur ini sebelumnya juga sudah ada pada perangkat-perangkat Samsung Galaxy lainnya. Namun, keberadaan di Tab A7 Lite membuat tablet ini semakin fleksibel dalam menjalankan fungsinya.

Fitur-fitur tadi menjadi sangat bermanfaat jika tablet digunakan untuk belajar para siswa, terutama dalam melakukan PJJ atau saat orangtua menggunakan untuk bekerja. Ditambah dukungan teknologi surround serta Dolby Atmos, membuat suara keluar dengan lebih menggelegar. Proses video conference untuk kebutuhan sekoah maupun bekerja menjadi lebih lancar. Selain hasil kamera depan yang menampilkan muka dengan jelas, suara pun terdengar jelas. Apalagi tablet masih dibekali port audio 3,5mm membuat tablet ini bisa dikoneksikan dengan perangkat audio lainnya.

Lahir sebagai keluarga Galaxy, tentu saja Galaxy Tab A7 Lite bisa bersinergi dengan perangkat Samsung Galaxy lainnya. Srebagai contoh jika digunakan untuk mengikuti PJJ bagi anak, atau mengerjakan tugas kantor bagi sang bapak. Mereka yang sudah punya smartphone Samsung Galaxy, cukup dengan menggunakan Samsung Account, maka proses editing yang dilakukan di Samsung Galaxy Tab A7 Lite, bisa dilanjutkan di perangkat smartphone secara seamless. Bahkan proses copy & Paste bisa dilakukan dengan cara yang sama. Jadi, tidak lagi harus melalui email untuk memindahkan atau meng-copy dokumen dari smartphone ke tablet ini.

Dari sisi hiburan, ada juga fitur Auto Switch. Fitur ini memudahkan koneksi antar-perangkat Galaxy. Misalnya saja antara smartphone, tablet, dan Galaxy Buds Pro. Pengguna bisa beralih dengan mudah saat tiba-tiba ingin berpindah dari smartphone ke tablet saat menonton drakor, tanpa harus menonton dari ulang. Atau, saat asyik menonton, tiba-tiba ada panggilan telpon yang masuk, maka koneksi Galaxy Buds Pro bisa berpindah ke smartphone secara otomatis untuk menjawab panggilan tersebut. Fitur ini sangat memudahkan pengguna di lingkungan galaxy Ecosystem.

Auto Switch mempermudah penggunaan tablet dengan perangkat Galaxy lainnya

Bagaimana fitur keamanan untuk anak-anak? Mengingat sasaran tablet ini adalah keluarga. Tenang saja. Samsung mengandalkan fitur Samsung Kids yang bisa diaktifkan dari bagian notifikasi atau quick panel. Berikan password khusus agar pengawasan tablet sepenuhnya ada pada orangtua. Di Samsung Kids ini, mulai dari aplikasi game, browser, hingga konten video bisa diatur tingkat usianya. Dengan begitu, orangtua pun akan merasa nyaman saat meninggalkan buah hati dengan tablet Galaxy Tab A7 Lite.

Galaxy Tab A7 Lite juga dibekali baterai dengan kapasitas besar. Baterai besar 5.100mAh yang didukung fast charging 15W bisa memperpanjang waktu pakai. Bahkan, pengisiannya mendukung sistem pengisian cepat 15W. Jadi, tidak perlu menunggu lama untuk mengisi ulang tablet, terutama jika sedang digunakan untuk belajar dan bekerja.

Untuk bagian kamera, tidak ada yang istimewa. Hal ini karena peruntukan tablet memang untuk kreativitas pengguna saja. Bukan fotografi. Jadi, fitur yang muncul hanyalah fitur standar, baik untuk kamera depan maupun kamera belakang.

Berikut ini hasil pengukuran Aplikasi Benchmark Antutu 9, GeekBench 5 dan PCMark 10 untuk Android:

 

Spesifikasi

Galaxy Tab A7 Lite bisa digunakan pengguna dengan mobilitas yang tinggi. Pun begitu, tablet ini juga bisa diajak meinkmati hiburan dengan nyaman. Apalagi layarnya yang lega didukung dengan kualitas audio yang prima serta memiliki teknologi suara Dolby Atmos.

Untuk lengkapnya, berikut spesifikasi Samsung Galaxy Tab A7 Lite

 

Spesifikasi Samsung Galaxy Tab A7 Lite
Layar 8.7-inch 1340×800 (WXGA+) TFT
OS Android 11
Dimensi 212.5 x 124.7 x 8.0mm
Berat 371g
Kamera Belakang 8MP AF, Depan 2MP​
Memori 3GB RAM + 32GB ROM, dapat ditambah eksternal microSD sampai 1TB
Processor Octa-core

4×2.3GHz + 4×1.8GHz

Baterai* 5,100mAh​ (Fast Charging 15W)

* Typical

Charger fast charging dijual terpisah

Konektivitas LTE

Wi-Fi 5 (802.11 a/b/g/n/ac),

Wi-Fi Direct, Bluetooth® v5.0

Warna Gray, Silver
Konektivitas Type C, USB 2.0, 3.5mm Ear jack​
Sensor Accelerometer, Compass, Light sensor​
GPS GPS+GLONASS, Beidou, Galileo
Audio Dual Stereo Speakers, Dolby Atmos®
Video Recording: FHD (1920×1080) @ 30fps

Playback: FHD (1920×1080) @ 30fps

Aksesoris* Book Cover

*Dijual terpisah

 

 

Kesimpulan

Samsung Galaxy Tab A7 Lite merupakan produk yang pas untuk keluarga Indonesia. Apalagi di zaman pandemi seperti ini, banyak orang berpikir untuk membeli produk tablet dengan harga mahal. Namun, mereka juga tidak mau membeli produk dengan fitur dan spesifikasi pas-pasan. Oleh sebab itu, Galaxy Tab A7 Lite merupakan jawabannya.

Sebenarnya, penggunaan tablet akan lebih nyaman lagi jika menggunakan aksesori tambahan berupa Book Cover. Namun, aksesori ini dijual terpisah. Pengguna harus merogoh kocek lagi sebesar Rp 600 ribuan. Ada dua pilihan warna yang bisa dipilih pengguna yaitu Gray dengan bezel hitam dan silver dengan bezel putih.

Galaxy Tab A7 Lite

Baterainya yang berkapasitas 5.100mAh juga mampu mengoperasikan tablet ini dengan durasi lebih lama. Jadi, setelah selesai digunakan untuk belajar dan bekerja, tablet masih bisa digunakan untuk menikmati hiburan, tanpa harus repot mengisi daya baterainya lagi.

 

 

Tags: , , , ,


COMMENTS