August 12, 2021

Samsung Hadirkan Generasi Terbaru Galaxy Z Fold3, Galaxy Z Flip3, Galaxy Watch4, dan Galaxy Buds2

Penulis: Desmal Andi
Samsung Hadirkan Generasi Terbaru Galaxy Z Fold3, Galaxy Z Flip3, Galaxy Watch4, dan Galaxy Buds2  

Mobitekno – Samsung kembali menunjukkan inovasi-inovasi yang dilakukannya pada berbagai produk untuk mendukung aktivitas banyak orang sehari-hari. Melalui sebuah acara online Galaxy Unpacked, unfold Your World, Samsung menghadirkan empat perangkat pintar untuk konsumennya. Keempat perangkat tersebut adalah smartphone layar lipat Galaxy Z Fold3 dan Galaxy Z Flip3, perangkat wearable Samsung Galaxy Watch4, dan perangkat AioT Galaxy Buds2. Semua perangkat ini dapat memberikan pengalaman imersif bagi penggunanya.

Senang bisa kembali bersama Anda di Galaxy Unpacked. Bersama-sama, kita telah melewati masa tantangan dan perubahan. Tahun lalu mengubah hidup kita dengan cara yang tak terduga. Pandemi membuat batasan pada kita semua. Dan teknologi menjadi jalur jembatan menuju dunia yang lebih besar. Perjalanan ini belum berakhir. Di Samsung, kami percaya momen ini membutuhkan cara baru untuk maju. Era baru “keterbukaan” telah tiba. Di mana teknologi bekerja untuk kita, bukan sebaliknya. Terbuka untuk inovasi bagi semua orang dan untuk planet kita,” ujar TM Roh, President of Mobile Division, Samsung, 11/8/2021.

“ Kami percaya kemajuan yang paling berarti terjadi ketika kami berbagi inovasi untuk meningkatkan kolaborasi seluruh industri. Kini kami bekerja sama dengan Google, Microsoft, dan lainnya,untuk memberikan seamless experiences di seluruh ekosistem perangkat Galaxy Anda yang saling terhubung,” lanjut TM Roh.

TM Roh

Samsung Galaxy Z Fold3

Generasi ketiga dari smartphone lipat besutan Samsung ini hadir semakin sempurna, memberikaan pengalaman luas kepada penggunanya. Galaxy Z Fold3 ini hadir dengan desain yang stylish dan sleek. Bobotnya juga lebih ringan. Saat smartphone dalam kondisi tertutup, tampilannya akan seperti smartphone pada umumnya. Namun, pada saat layar lipatnya dibuka, tampilan layar cover 6,2 inci bisa meluas menjadi 7,6 inci, sehingga bisa menghadirkan berbagai pengalaman dalam menikmati konten, layaknya melihat perangkat tablet. Samsung mencoba menjawab berbagai masukan sejak Galaxy Fold pertama kali hadir dua tahun lalu.

Pengalaman layar sinematik dengan dukungan refresh rate 120Hz tentunya bisa membuat berbagai hal bisa dilakukan dari layar besar ini. Selain itu, layarnya ini menggunakan Dynamic Amoled 2X yang dibalut Corning Gorilla Glass Victus. Dan yang menarik, kini Galaxy Z Fold3 menggunakan kamera di bawah layar (Under Display Camera) untuk kamera depannya. Saat diaktifkan, tampilan lensa kamera akan terlihat. Namun, saat tidak digunakan, kamera tidak terlihat dan seluruh layar akan menampilkan konten secara full display.

Galaxy Z Fold3

Dari sisi performa, penggunaan prosesor berteknologi 5nm juga meningkatkan kinerja CPU 13%, GPU juga meningkat 27% dan NPU 60% dari sebelumnya. Ditambah memori 12GB dengan pilhan storage 256GB dan 512GB membuat smartphone ini dapat melakukan berbagai aktivitas tanpa gangguan.

Fitur Galaxy Z Fold3

Peningkatan juga terjadi dari sisi produktivitas. Kali ini Galaxy Z Fold3 mendukung S Pen untuk aktivitas multitasking. Fungsi yang biasa dilakukan pada Galaxy Note Series bisa kini bisa dilakukan Galaxy Z Fold3. Samsung memberikan tiga opsi warna, yaitu Phantom Black, Phantom Green, dan Phantom Silver.

Galaxy Z Flip3

Peningkatan kemampuan pada layar lipat juga dihadirkan pada generasi terbaru Galaxy Z Flip3. , Z Flip3 hadir untuk mendorong pengguna berekspresi. Melalui empat pilihan warna kekinian—Cream, Green, Lavender, dan Phantom Black—ditambah dengan ring grips dan strap cases  baru yang stylish dan memudahkan pengguna dalam menggenggam perangkat, Z Flip3 menjadi perangkat sejati dalam mengekspresikan diri.

Galaxy Z Flip3

Samsung Galaxy Z Flip3 memiliki ukuran layar utama 6,7 inci. Namun, layar di bagian cover (Cover screen) berukuran 1,9 inci. Layar di cover ini menjadi penghubung yang sangat fleksibel saat smartphone sedang dalam kondisi diipat atau ditutup. Berbagai notifikasi hingga akses untuk foto bisa dilakukan langsung dari layar kecil ini. Jadi, tidak perlu untuk membuka smartphone. Flex Mode Panel pada smartphone ini juga memberikan pengguna cara baru untuk berinteraksi dengan Z Flip3 dan menawarkan rasa nyaman lebih saat menonton, misalnya dengan menempatkan video di bagian atas layar dan panel kontrol seperti tingkat kecerahan dan volume di bagian bawah layar.

Satu hal menarik, baik Galaxy Z Fold3 maupun Galaxy Z Flip3 kini sudah didesain tahan air berkat adanya sertifikasi IPX8.

Fitur Galaxy Z Flip3

Galaxy Watch4

Di acara ini, Samsung juga menghadirkan perangkat wearable terbaru guna menunjang gaya hidup penggunanya, terutama gaya hidup sehat. Samsung Galaxy Watch4 hadir dengan dua varian, yaitu Galaxy Watch4 (klasik) dan Galaxy Watch4 Active. Ada banyak peningkatan fitur di jam tangan pintar terbaru Samsung ini, terutama untuk fleksibilitas dan fitur pendukung gaya hidup sehat.

Galaxy Watch4 Series

Salah satunya adalah untuk pertama kalinya Samsung menggunakan Wear OS sebagai sistem operasinya. Wear OS ini merupakan kolaborasi Samsung dan Google guna menghadirkan pengalaman lebih luas melalui jam tangan. Keberadaan Wear OS membuat Galaxy Watch4 Series bisa mengaplikasikan banyak aplikasi Google di dalamnya, seperti Google Maps. Daya tahan baterai yang mencapai 40 jam dan adanya 95 jenis workout juga menjadi salah satu keunggulannya.

Fitur Galaxy Watch4 Series

Memang, ternyata Samsung belum memasukkan yang fitur pendeteksi gula darah. Isu mengenai fitur ini sempat ramai jelang kehadiran Samsung Galaxy Watch4 series. Namun, satu fitur menarik ditambahkan ke dalamnya, yaitu Body Composition. Fitur ini semakin mempermudah pengguna mendapatkan informasi detail mengenai kesehatan tubuhnya. Galaxy Watch4 Series juga mendukung jaringan LTE, sehingga dapat bekerja mandiri tanpa bantuan smartphone lagi. Namun tetap, jam ini bisa berinteraksi dengan Galaxy Ecosystem milik Samsung.

Samsung Galaxy Buds2

Bersama Galaxy Z series, Samsung juga merilis Galaxy Buds2 yang didesain agar pas dan nyaman di telinga untuk digunakan sepanjang hari serta memberikan kualitas suara premium agar pengguna bisa meresapi apa yang didengar di mana pun berada. Sebagai salah satu pendatang baru dalam Galaxy Buds series, menyusul Galaxy Buds Live dan Galaxy Buds Pro, Buds2 menawarkan pilihan lebih bagi konsumen dalam memenuhi kebutuhannya. Sebagai bagian dari ekosistem Galaxy, Buds2 menjadi pelengkap yang sempurna bagi smartphone, tablet, maupun smartwatch Galaxy yang dimiliki konsumen.

Galaxy Buds2

Dengan Galaxy Buds2, pengguna mendapatkan semua fitur yang dibutuhkan untuk memasuki dunianya sendiri, baik itu saat mendengarkan musik maupun melakukan panggilan. Two-way speaker yang dinamis mampu menghasilkan nada tinggi yang jernih serta bass yang dalam, sedangkan fitur active noise canceling dapat meredam suara di sekitar hingga 98%. Jika pengguna perlu mendengar suara sekitar, ada tiga level ambient soundyang bisa dipilih sesuai keinginan. Galaxy Buds2 turut membuat suara pengguna menjadi lebih jelas saat melakukan panggilan berkat pengembangan machine learning terbaru yang mampu menyaring berbagai jenis gangguan suara di sekitar pengguna.

Galaxy Z Fold3 tersedia dengan harga mulai dari Rp 24.999.000, sedangkan Galaxy Z Flip3 bisa dimiliki dengan harga mulai dari Rp 14.999.000. Lalu, Galaxy Buds2 dibanderol senilai Rp 1.799.000. Galaxy Z Fold3 dan Z Flip3 akan tersedia secara pre-order mulai dari 11 Agustus 2021 dan akan diluncurkan pada 27 Agustus 2021. Untuk Galaxy Watch4 Series, Samsung akan menjualnya dengan dua ukuran layar juga, Rp 2.999.000 untuk layar 40mm dan Rp 3.499.000 untuk layar 44mm. Sementara Galaxy Watch4 Classic juga tersedia mulai dari Rp. 4.499.000 untuk versi 42mm Bluetooth, Rp. 4.999.000 untuk versi 46mm Bluetooth, dan Rp. 5.999.000 untuk model LTE. Versi Bluetooth tersedia dalam varian warna Black dan Silver, sementara versi LTE dalam warna Black. Galaxy Watch4 dan Galaxy Watch4 Classic tersedia lewat pre-order di Indonesia pada 11-29 Agustus 2021.

Tags: , , , , ,


COMMENTS