March 4, 2021

Mengenal Teknologi Ultra-WideBand di Samsung Galaxy S21 Ultra 5G

Penulis: Desmal Andi
Mengenal Teknologi Ultra-WideBand di Samsung Galaxy S21 Ultra 5G  

Mobitekno – Samsung Galaxy S21 Ultra 5G merupakan varian tertinggi dari trio Galaxy S21 Series 5G yang diluncurkan pada Januari 2021 oleh Samsung Electronics Indonesia. Galaxy S21 Ultra 5G dibekali dengan berbagai inovasi dan teknologi tercanggih di jajaran seri Galaxy untuk saat ini. Oleh sebab itu, smartphone ini ditujukan untuk para social expressor agar tetap bisa bebas berekspresi dimanapun dan kapanpun. Smartphone ini juga memiliki desain epik yang stylish sehingga bisa melengkapi gaya hidup masyarakat di era digital seperti saat ini. 

Galaxy S21 Ultra 5G mengusung lebar layar paling luas diantara dua seri Galaxy S21 lainnya. Layar berukuran 6,8 inci Edge QHD+ berjenis Dynamic AMOLED 2X menjadi salah satu unggulan smartphone ini. Layarnya ini juga mendukung resolusi tinggi yaitu 3200 x 1440 px, 515ppi, HDR10+ dan memiliki adaptive refresh rate 120Hz. Tentunya ini membuat konten yang tampil menjadi lebih detail tetapi nyaman di mata pengguna. 

Teknologi tercanggih lainnya adalah penggunaan prosesor Exynos 2100 dengan fabrikasi 5nm. Ini adalah teknologi prosesor tertinggi Exynos yang digunakan di Samsung Galaxy. Exynos 2100 dibuat dengan teknologi 5nm EUV process yang canggih, yang dapat menghemat pemakaian daya hingga 20% atau performa 10% lebih tinggi dibandingkan dengan pendahulunya, 7nm. Selain itu, memorinya juga sangat besar, hingga 16GB LPDDR5. Paduan keduanya tentu menghasilkan performa yang ekstra cepat. 

Mengusung era jaringan 5G, smartphone ini pun juga sudah mendukung teknologi 5G. koneksi cepat tentunya menjadi satu hal yang ditawarkan dari Galaxy S21 Series 5G. Oleh sebab itu, produk ini sudah mendukung Wi-Fi 6E yang bisa memberikan lebih banyak bandwidth dan koneksi internet empat kali lebih cepat. Dengan begitu, pengguna bisa melakukan streaming konten dalam sekejap mata. Selain itu, teknologi Hyper Fast, ultra-low latency 5G bisa melakukan pengunduhan video yang super cepat sehingga konferensi dan streaming video bisa dilakukan tanpa hambatan. 

Namun, ada satu teknologi koneksi yang disematkan di Galaxy S21 Ultra 5G ini, yaitu Ultra-Wideband (UWB). Teknologi ini menawarkan transfer data dengan sangat cepat. Teknologi ini masih sangat jarang ditemukan pada perangkat smartphone. Nah, sebenarnya apa sih teknologi Ultra-WideBand (UWB) itu?

Teknologi Ultra-WideBand sendiri sebenarnya sudah lama hadir. Teknologi ini muncul untuk meningkatkan kecepatan transfer data dibandingkan teknologi transfer lainnya. Sejatinya, ini adalah teknologi radio yang menggunakan tingkat energi sangat rendah, terutama untuk komunikasi jarak pendek. UWB meggunakan spektrum radio yang tersebar lebih luas. Teknologi ini juga menggunakan bandwidth yang menggunakan frekuensi yang berjangkauan luas. Dengan begitu, berbeda dengan Bluetooth dan Wi-Fi, UWB memiliki halangan dan hambatan yang sangat kecil. Hal ini karena Bluetooth dan Wi-fi masih menggunakan spektrum tetap. 

Bandwidth yang lebih besar, spektrum yang lebih tersebar luas, serta hambatan yang sangat kecil, membuat UWB diprediksi menjadi satu teknologi transfer andalan di masa depan. Tentunya akan ada banyak keuntungan dengan penggunaan UWB ini dengan proses transfer data yang begitu cepat. Salah satunya adalah penggunaan UWB untuk koneksi antar-perangkat IoT. Bahkan, beberapa produsen otomotif sudah mulai menerapkan teknologi ini di kendaraan dengan fitur pintarnya untuk dapat berkomunikasi dengan pemilik kendaraan. Atau ke depannya UWB bisa menjadi teknologi andalan untuk smart home. Dengan begitu, komunikasi antara perangkat IoT, smartphone, smart car, smart home, menjadi lebih seamless. 

Di Samsung sendiri, kehadiran UWB bisa mendukung Galaxy Ecosystem yang sudah diterapkan Samsung untuk berbagai perangkat pintarnya. 

Tags: , ,


COMMENTS