March 9, 2021

Mau Dapatkan Hasil Foto dan Video Sesuai Keinginan di Galaxy S21 Series 5G? Yuk Ikuti Tips Ini

Penulis: Desmal Andi
Mau Dapatkan Hasil Foto dan Video Sesuai Keinginan di Galaxy S21 Series 5G? Yuk Ikuti Tips Ini  

Mobitekno – Salah satu keunggulan Samsung Galaxy S21 Series 5G yang hadir pada Januari 2021 adalah di sisi kamera. Ya, baik Galaxy S21 5G maupun Galaxy S21+ 5G dibekali kemampuan kamera yang sama. Tiga kamera melekat pada bagian belakangnya. Ketiga kamera tersebut terdiri dari kamera ultra wide 12MP, kamera wide-angle 12MP, dan satu kamera telephoto 64MP yang dapat melakukan hybrid optic hingga 3X dan spaze zoom 30X. Sementara di bagian depan terdapat kamera 10MP dual pixel. 

Dengan kemampuan lebih dari standar kamera pada umumnya, Samsung Galaxy S21 Series 5G mampu memberikan pengalaman premium untuk mendapatkan foto dan video epic. Dengan kata lain, kamera berikut fitur-fitur yang ada di dalam Galaxy S21 Series 5G ini memungkinkan pengguna untuk membuat konten foto dan video, diproses dengan aplikasi editing, hingga di share ke media sosial, tanpa harus dibebani dengan teknologi yang terlalu kompleks. Semuanya dapat dilakukan dengan mudah, tanpa mengurangi kualitas foto atau video. 

Tidak heran, kelebihan dari Samsung Galaxy S21 Series 5G, membuat smartphone ini bisa memberikan pengalaman terbaik kepada para social expressors Indonesia. Baik saat momen di tengah pekerjaan rutin, berkumpul dengan kerabat, bersenda gurau dengan keluarga, hingga saat fokus membuat konten video kreatif, semuanya disimpan dalam bentuk foto dan video yang epic, berkat kemampuan kamera Galaxy S21 Series 5G ini. Ditunjang juga dengan chipset Exynos 2100 yang dibuat dengan fabrikasi 5 nm dan dipadukan dengan memori besar 8GB LPDDR5, Galaxy S21 Series 5G ini bisa menjadi teman setia untuk mendukung ekspresi penggunanya dimanapun dan kapanpun. 

Nah, dari pengalaman kami menggunakan Galaxy S21 Series 5G ini dalam beberapa hari, untuk mendapatkan hasil foto dan video yang lebih maksimal lagi, berikut ini ada beberapa tips singkat. Tips ini bisa digunakan untuk mendapatkan hasil yang terbaik untuk foto maupun video.

Atur Single Take Timer

Samsung Galaxy S21 Series 5G mendapatkan penyempurnaan di fitur Single Take. Kini, melalui versi 2.0, fitur ini telah menambahkan teknologi Dynamic Slo-Mo, highlight video, dan peningkatan AI untuk mendeteksi subjek dan sekitarnya. Hal ini tentunya memudahkan pengguna untuk mendapatkan berbagai jenis foto dan video pendek hanya dalam sekali jepret. 

Untuk menggunakan fitur ini, cukup buka aplikasi kamera, lalu pilih mode Single Take. Arahkan pada subjek yang mau dibidik. Tekan tombol shutter untuk mendapatkan beberapa gambar sekaligus. Gerakkan kamera ke arah yang lain untuk mendapatkan video singkat. Semua proses ini, default-nya dilakukan dalam waktu 10 detik. Jika pengguna ingin mengubah waktu penangkapan subjek, mereka harus mengubah waktu timer-nya.

Caranya, cukup men-tap angka timer yang ada di pojok kanan bawah. Opsi pemilihan waktu timer akan muncul dalam sebuah slider yang bisa digerakkan ke kiri maupun ke kanan. Jika pengguna menginginkan waktu penangkapan subjek lebih singkat, mereka bisa mengubahnya ke durasi 5 detik saja. Namun, jika ingin lebih lama, bisa mengubahnya ke durasi 15 detik. 

Di fitur ini, ada enam jenis tipe penangkapan foto dan video yang digunakan. Keenam tipe tersebut adalah Filtered Videos, Speed Effect Clips, Wide/Cropped Shot, Highlight Video, Filtered Photos, dan Portrait. Standarnya, semuanya akan digunakan dalam mode Single Take. Namun jika pengguna hanya menginginkan beberapa tipe saja, cukup tap tanda panah ke bawah di bagian kanan atas kamera. Keenam daftar tipe pengambilan foto dan video akan muncul. Sekarang tinggal tap saja, tipe-tipe yang tidak ingin digunakan sampai tanda centangnya menjadi tidak aktif. 

Single Take bisa diatur durasi pengambilan gambarnya

 

Aktifkan HDR10+ Video

Telah diketahui bersama, bahwa Samsung Galaxy S21 Series 5G mendukung HDR10+ yang dapat menampilkan hasil foto lebih cerah dan detail. Namun, dukungan HDR10+ ini tidak hanya berlaku di foto saja, tetapi juga di video. Setting bawaan dari Samsung sudah mengaktifkan opsi Auto HDR untuk menjepret subjek foto. Namun, untuk HDR10+ di video, pengguna harus mengaktifkannya dari menu Setting. 

Dalam aplikasi kamera, pilih mode video. Selanjutnya tap icon Settings yang bergambar roda gerigi di bagian kiri atas layar. Setelah masuk menu Settings, cari opsi “Advanced Recording Options”. Ada tiga pilihan di dalamnya dimana hanya satu yang aktif yaitu “Zoom-in Mic” yang menyesuaikan penangkapan audio dengan proses zoom. Sekarang aktifkan “HDR10+ Videos” untuk membuat perekaman video ditunjang dengan teknologi HDR10+. 

 

Opsi pengaktifan HDR10+ Video

 

Deteksi Fokus yang Selalu Bergerak

Keceriaan saat berkumpul dengan keluarga memang akan sangat menyenangkan. Momen-momen ini biasanya akan diabadikan dalam banyak foto. Namun, adakalanya sulit untuk menangkap subjek yang selalu bergerak. Salah satunya memfoto dede bayi yang gemas atau anak-anak yang aktif bergerak. Kadang sulit untuk mendapatkan fokus kepada subjek tersebut. 

Di Galaxy S21 Series 5G, pengguna bisa merasa nyaman jika dihadapkan pada kondisi tersebut. Hal ini karena smartphone sudah menyediakan fitur “Tracking Auto-Focus”. Aktifkan fitur ini dengan membuka menu Settings di dalam mode foto. Geser slider ke kanan menjadi biru agar fitur ini aktif. Kini, fokus akan mengunci ke subjek yang sudah dipilih, walaupun subjek tersebut terus bergerak. 

Aktifkan Tracking auto-focus untuk menangkap subjek yang susah diam

 

Simpan Foto dalam Format yang Lebih Efisien

Berbeda dengan pendahulunya, Samsung Galaxy S21 Series 5G ini tidak dibekali dengan slot memori tambahan. Jadi, pengguna harus bisa berhitung terlebih dahulu tentang kebutuhan storage sebelum membeli produk ini. Samsung menyediakan dua opsi kapasitas storage, yaitu 128GB dan 256GB. Sementara kamera yang menjadi fitur unggulan, memiliki kemampuan menangkap subjek yang luar biasa. Tentunya file foto akan berukuran cukup besar. 

Untuk itu, jika foto tersebut digunakan untuk kebutuhan pribadi, pengguna bisa menyimpannya dalam format yang lebih efisien ukurannya. Masuk ke mode foto standar lalu tap menu Settings. Selanjutnya masuk lagi ke bagian “Format and Advanced Options”. Disini, pengguna bisa mengaktifkan opsi HEIF Pictures. Opsi ini membuat foto dijadikan format HEIF yang lebih efisien. Namun, tidak semua aplikasi bisa membuka format ini. Jadi, seperti yang dikatakan Mobitekno, sebaiknya dilakukan ke foto-foto yang digunakan untuk kebutuhan pribadi saja. 

Format ini lebih efisien

 

Manfaatkan Galaxy Buds Pro untuk Kualitas Suara Lebih Bersih di Konten Video 

Pengguna yang aktif biasanya akan membuat konten-konten kreatif melalui perangkat smartphone-nya. Me-review makanan, produk, gadget, atau membuat video perjalanan, menjadi lebih asik saat dibuat menggunakan fitur-fitur di Galaxy S21 Series 5G. Biasanya, jenis konten video seperti ini membutuhkan mikrofon yang berkualitas untuk mendapatkan suara pengantar yang jernih tanpa gangguan. 

Namun, bagi pengguna S21 Ultra 5G, ada satu cara unik untuk menghasilkan suara jernih dalam konten video yang mereka buat. Caranya menggunakan Samsung Galaxy Buds Pro. TWS ini bisa berfungsi sebagai mikrofon. 

Galaxy Buds pro untuk hasil audio yang lebih maksimal

Untuk menggunakan cara ini, pengguna harus memilih Pro Video Mode dalam perekaman video. Di Pro Video Mode ini, cukup tekan pilihan “Omni”. Jika memanfaatkan mikrofon bawaan smartphone, tiga pilihan bisa digunakan, yaitu Omni yang mendeteksi secara otomatis asal suara, Front untuk perekaman suara yang berasal dari depan layar smartphone, dan Rear untuk perekaman dengan suara berasal dari bagian belakang smartphone. 

Jika menggunakan Galaxy Buds Pro, pengguna harus memilih opsi “Bluetooth”. Di sini, saat TWS Galaxy Buds Pro sudah tersambung, perekaman video akan mendapatkan suara pengantar lebih jernih, tanpa gangguan suara di sekitarnya. Hal ini karena Galaxy Buds Pro memiliki fitur Active Noise Canceling (ANC). Apalagi dengan dilengkapi Wind Shield Chamber, TWS ini bisa menyaring suara angin dan kebisingan lainnya yang ada di sekitar. Penyaringan suara ini bisa mencapai 99%. Jadi, suara pengantar video akan tetap jernih terdengar.

Tags: , , ,


COMMENTS