March 1, 2021

Hadir di Galaxy Ecosystem, Dua Perangkat Aksesori Ini Bisa Bikin Aktivitas Bersama Galaxy S21 Series 5G Semakin Nyaman

Penulis: Desmal Andi
Hadir di Galaxy Ecosystem, Dua Perangkat Aksesori Ini Bisa Bikin Aktivitas Bersama Galaxy S21 Series 5G Semakin Nyaman  

Mobitekno – Samsung Galaxy S21 Series 5G yang hadir dalam tiga varian, yaitu Galaxy S21 5G, Galaxy S21 Plus 5G, dan Galaxy S21 Ultra 5G, hadir di Indonesia di akhir Januari 2021 melalui acara online bertema “Everyday Epic”. Smartphone flagship dari Samsung ini hadir dengan peningkatan fitur yang cukup signifikan. Para konten kreator pun bisa membuat konten epic dengan Galaxy S21 Series 5G dengan lebih nyaman dan cepat. Biasanya, konten kreator memang tidak hanya membutuhkan perangkat terbaik saja, tetapi juga proses yang cepat agar konten mereka bisa di-share langsung ke berbagai media sosial. 

Namun, tahun 2021 ini tidak hanya produk flagship Galaxy S21 Series 5G saja yang hadir resmi ke Indonesia. Guna menambah kenyamanan pengguna beraktivitas dengan Galaxy S21 Series 5G, Samsung memperkenalkan dua aksesori pendukung smartphone tersebut, yaitu Samsung SmartTag dan Samsung Galaxy Buds Pro. Kedua perangkat ini bisa dikelola dalam satu ekosistem Samsung, yang lebih dikenal dengan Galaxy Ecosystem. 

Kedua perangkat aksesori baru dari Samsung ini tentunya bisa menemani aktivitas harian Anda. Apalagi jika Anda memiliki kesibukan yang sangat tinggi di era new normal saat ini. Selain harus menjaga komunikasi dengan rekan bisnis, tetapi seringkali Anda dituntut juga untuk bersosialisasi dengan banyak hal. Belum lagi jiwa kreatif yang seringkali membawa Anda untuk melakukan berbagai aktivitas lainnya dengan membuat konten-konten menarik di sekitar Anda untuk kebutuhan media sosial. 

Samsung Galaxy SmartTag

Aksesori berukuran kecil dari Samsung ini dihadirkan untuk pengguna samsung untuk menjaga keberadaan barang-barang kesayangannya. Seringkali dalam beraktivitas secara multitasking, Anda lupa dengan beberapa barang yang dimiliki. Anda tidak ingat dimana menaruh barang tersebut, apalagi jika bentuk barang tersebut cukup kecil. Kunci mobil misalnya. Seluruh isi rumah bisa dibuat repot saat Anda kehilangan atau lupa dimana menaruh kunci mobil. Padahal, Anda butuh segera untuk berangkat ke kantor. 

Kejadian tadi merupakan salah satu yang menjadi latar belakang Samsung mengeluarkan inovasinya dalam bentuk Samsung SmartTag. Perangkat mungil ini terintegrasi dengan Galaxy Ecosystem melalui aplikasi SmartThings. Barang-barang kesayangan atau penting Anda pun bisa mudah ditemukan, sehingga Anda tidak perlu cemas akan posisi barang tersebut. 

Galaxy SmartTag bisa langsung terkoneksi dengan Galaxy S21 Series 5G dan Galaxy Series lainnya begitu menekan tombol yang ada di permukaannya. Secara otomatis, Galaxy SmartTag akan mengirimkan notifikasi pada aplikasi SmartThings di smartphone. 

Menariknya, tidak hanya barang kesayangan yang diberi Galaxy SmartTags yang bisa ditemukan. Perangkat ini bisa bekerja secara dua arah. Jadi, Anda pun bisa mencari smartphone yang terkoneksi melalui penekanan tombol di Galaxy SmartTags. 

Bahkan, melalui SmartThings Find, salah satu fitur di SmartThings, posisi kunci, dompet, koper, hingga hewan peliharaan bisa terlacak dalam sebuah peta. Jika posisinya cukup jauh, opsi petunjuk arah bisa digunakan sehingga Anda akan dibimbing untuk menemukan barang atau hewan kesayangan.

Galaxy SmartTag

Samsung Galaxy SmartTag ini menggunakan teknologi Bluetooth Low Energy (BLE) dalam memberikan sinyal kepada SmartThings Find pada aplikasi SmartThings secara online. Pilih ‘Search Nearby” pada aplikasi SmartThings, maka Galaxy SmartTag dan BLE ini akan terkoneksi untuk mengaktifkan BLE “Find Mode”. Pada perangkat galaxy S21 Series 5G Anda akan muncul grafik lingkaran berwarna hijau yang akan berubah lebih besar jika sinyal keberadaan Galaxy SmartTag semakin dekat. 

Samsung Galaxy Buds Pro

Satu perangkat aksesori lainnya yang diperkenalkan Samsung bersama Galaxy S21 series 5G ini adalah Samsung Galaxy Buds Pro. Perangkat ini berjenis True Wireless Stereo (TWS) yang dilengkapi dengan fitur canggih Intelligent Active Noise Canceling (ANC). Fitur ini bisa mengurangi gangguan suara luar hingga 99 persen. 

Samsung Galaxy Buds Pro ini memang memiliki fitur yang lebih baik dari Galaxy Buds sebelumnya. Di Galaxy Buds Pro, Samsung telah menerapkan two way speaker dengan masing-masing bagian TWS menggunakan dua speaker, yaitu speaker untuk bass berukuran 11mm dan speaker untuk treble 6,5mm. Ini tentu saja berbeda dengan TWS pada umumnya yang masih menggunakan satu speaker saja. 

Sementara itu, untuk fitur Active Noise Canceling yang ada di Galaxy Buds Pro juga bekerja pintar. Fitur ini bisa bekerja pada tingkat penyaringan gangguan suara tinggi dan rendah. Fitur ini juga ditemani dengan fitur lainnya yaitu Ambient Sound. Dengan Ambient Sound, aktivitas dengan Galaxy Buds Pro tetap bisa peduli dengan keadaan sekitar. Tidak seperti TWS lainnya, dengan Ambient Sound di Galaxy Buds Pro, Anda masih bisa mendengarkan suasana sekitar atau suara dari lawan bicara. Pengguna pun tidak perlu melepas Galaxy Buds Pro dari telinga hanya untuk berinteraksi dengan keadaan sekitar. 

Perangkat TWS ini juga dilengkapi dengan teknologi Windshield Chamber Yang dapat menyaring mencegah gangguan suara angin di sekitar Anda. Dengan begitu, suara Anda tetap terdengar jernih, terutama saat sedang melakukan conference call. Suara angin dan kebisingan luar akan terhalang. Hal ini bisa bekerja berkat adanya tiga mikrofon di masing-masing Galaxy Buds Pro. Dua mikrofon ada di bagian luar, dan satu lagi di bagian dalam. Fitur Voice Pickup Unit akan menganalisis input suara dari ketiga mikrofon tadi. Jadi, yang akan diambil adalah suara dari pengguna saja. Suara lainnya akan disingkirkan. 

Keberadaan dua perangkat aksesori yang masuk dalam Galaxy Ecosystem ini tentunya bisa menambah aktivitas sehari-hari Anda semakin nyaman dan tanpa gangguan. Kemudahan penggunaan, akses yang cepat, dan koneksi yang tanpa batas memang menjadi hal yang ditonjolkan Samsung dalam Galaxy Ecosystem miliknya. 

Tags: , , ,


COMMENTS