February 12, 2021

Ini Keunggulan Galaxy Buds Pro dan SmartTag yang Baru Saja Diluncurkan Samsung

Penulis: Desmal Andi
Ini Keunggulan Galaxy Buds Pro dan SmartTag yang Baru Saja Diluncurkan Samsung  

Mobitekno – Selain menghadirkan Samsung Galaxy S21 5G Series di Indonesia, Samsung juga memperkenalkan Galaxy Buds Pro dan SmartTag. Kedua perangkat ini hadir untuk menemani aktivitas keseharian pengguna device Samsung. Galaxy Buds Pro sendiri merupakan perangkat True Wireless Stereo yang hadir dengan inovasi terbaru. Dengan perangkat ini, pengguna bisa fokus pekerjaannya, tetapi juga bisa mendengarkan keadaan di lingkungan sekitar.

Galaxy Buds Pro juga hadir dengan fitur Active Noise Canceling (ANC) dengan level lebih tinggi dibandingkan TWS lainnya. Tidak salah jika Samsung sendiri menyebutnya sebagai TWS dengan Intelligence ANC, dimana sistem kerjanya lebih ‘Smart” dibandingkan TWS pada umumnya.

Galaxy Buds Pro juga memiliki fitur yang lebih baik dibandingkan Galaxy Buds sebelumnya. Di perangkat ini, Samsung sudah menerapkan two way speaker dengan masing-masing bagian TWS menggunakan dua speaker, yaitu speaker bass berukuran 11mm dan speaker treble berukuran 6,5mm. Ini berbeda dibandingkan dengan kebanyakan TWS yang rata-rata masih menggunakan satu speaker saja.

“Hadirnya dua speaker di Galaxy Buds Pro ini membuat perangkat ini tidak hanya menghasilkan suara yang lebih bagus, tetapi juga bersih. Selain itu, Galaxy Buds Pro juga dibekali dengan tiga buah mikrofon. Dua terletak di bagian luar dan satu di bagian dalam. Menariknya, mikrofon juga didukung dengan fitur Voice Pickup Unit. Gunanya untuk menganlisis input suara dari ketiga mikrofon tadi. Jadi, yang akan diambil adalah suara dari pengguna saja. Dengan begitu, suara mikrofon akan terbebas dari gangguan suara lain,” kata Leo Hendarto selaku Product Marketing Manager Samsung Mobile, Samsung Electronics Indonesia (SEIN), Rabu, 10/2/2021.

Sementara itu, untuk fitur Active Noise Canceling-nya (ANC), Samsung memberikan dua opsi, yaitu tingkat rendah dan tinggi. Untuk tingkat tinggi, TWS bisa memnyaring suara kebisingan dari keadaan sekitar hingga 99%. “Untuk saat ini, Samsung Galaxy Buds Pro yang dilengkapi dengan Intelligent ANC menjadi perangkat TWS dengan tingkat penyaringan suara tertinggi saat ini,” lanjut Leo.

Satu hal menarik lainnya dari Galaxy Buds Pro adalah keberadaan Wind Shield Chamber yang dapat mengusir suara angin yang masuk ke TWS. Selain itu, fitur pintar lainnya adalah deteksi aktivitas pengguna. Jadi, ketika sedang digunakan untuk mendengarkan musik dengan fitur ANC aktif, kemudian pengguna tiba-tiba mengobrol dengan lawan bicara, Galaxy Buds Pro bisa mendeteksi keadaan tersebut dan akan melakukan pengalihan fungsi dari ANC aktif ke Ambient Sound. Ini membuat suara dari lawan bicara menjadi lebih fokus terdengar.

SmartTag

Selain Samsung Galaxy Buds Pro, Samsung juga memiliki perangkat baru yaitu SmartTag. Ini merupakan perangkat yang bekerja secara wireless yang berfungsi sebagai penanda lokasi. Jadi, ketika dikoneksikan dengan perangkat smartphone Galaxy, keberadaan SmartTag bisa ditemukan dengan mudah, baik melalui suara maupun melalui peta. Dengan begitu, SmartTag cocok digunakan bagi pengguna yang sering lupa dengan keberadaan barang-barang pentingnya, seperti kunci mobil, kunci rumah, atau tas. Bahkan, SmartTag juga bisa dikalungkan di hewan piaraan pengguna. Jadi, pengguna bisa tahu keberadaan hewan kesayangannya.

Samsung SmartTag

Samsung SmartTag juga dapat bekerja dua arah. Jadi, tidak hanya smartphone yang bisa mencari keberadaan SmartTag, tetapi juga sebaliknya. Dengan melakukan double klik pada SmartTag, maka smartphone bisa langsung berbunyi, menandakan keberadaan smartphone saat itu.

“Saat ini, Samsung SmartTag hanya bisa digunakan untuk perangkat Samsung Galaxy saja. Hal ini karena penggunaan SmartTag hanya bisa digunakan dengan Samsung Account. Jadi praktis terhubung hanya ke server Samsung. SmartTag hadir sebagai bentuk privilage dari Samsung untuk pengguna setianya,” ujar Leo Hendarto.

Baik perangkat Galaxy Buds Pro maupun SmartTag, keduanya sudah terintegrasi dengan ekosistem di aplikasi Smart Things. Dengan demikian, pengguna bisa mengakses keduanya dari satu aplikasi saja.

 

Tags: , ,


COMMENTS