April 24, 2020

Mau Bikin Video Selama WFH? Manfaatkan Samsung Galaxy S20 untuk Menyusun Visual Storytelling

Penulis: Desmal Andi
Mau Bikin Video Selama WFH? Manfaatkan Samsung Galaxy S20 untuk Menyusun Visual Storytelling  

Mobitekno – Storytelling merupakan hal lazim dilakukan dalam sebelum pembuatan sebuah video atau film. Melalui Storytelling, Anda bisa menjelaskan seluruh informasi seputar adegan dalam film, mulai dari teknis penggambilan video hingga detail adegan. Sebelumnya Storytelling ini dibuat dalam Storyboard yang akan dijelaskan kepada seluruh pemain. Namun kini, berkat teknologi smartphone yang semakin maju, pembuatan storytelling pun bisa dilakukan dengan hanya berbekal smartphone. Salah satu contohnya dengan Samsung Galaxy S20 Series.

Samsung Galaxy S20 Series yang memiliki spesifikasi hardware cukup tinggi membuat smartphone ini begitu fleksibel digunakan untuk banyak hal. Salah satunya adalah membantu para content creator dalam membuat sbuah video yang berkualitas. Beragam fitur terkini dalam smartphone ini seperti Single Shot, Ultrawide, Perekaman Video 8K, Live Focus dan Super Steady 2.0, tentunya dapat memaksimalkan pengambilan footage-footage yang apik.

Namun, biasanya untuk membuat sebuah konten video seperti film, penting memperhatikan hal-hal mendasar yang patut dikuasai oleh mereka. Teknik-teknik dasar tersebut seperti Director Treatment yang merupakan pedoman bagi sutradara dalam mendeskirpsikan sebuah film. Director Treatment terdiri dari teknik camera movement, type of shot, angle camera, dan storytelling. Storytelling ini penting agar para pemain bisa mengerti detail isi cerita lengkap dengan informasi pengambilan gambar.

Joko Anwar

Agar bisa membuat storytelling yang bagus seperti sebuah film profesional, beberapa tips dari Joko Anwar (sutradara dan penulis film Indonesia) dan Galaxy Movie Studio ini bisa menjadi acuan Anda. Dengan demikian aktivitas Anda #DIRumahAja bisa dijadikan sebuah konten video menarik. Berikut ini beberapa tips yang bisa membantu Anda membuat storytelling dengan Samsung Galaxy S20 Series.

  • Pahami skenariomu dan kuasai director treatment agar dapat mengkomunikasikan skenario dalam bentuk visual yang konkret kepada semua kru yang terlibat.
  • Jangan takut untuk bereksplorasi dan mencoba beragam angle camera dan camera movement untuk menemukan style atau gaya filmmu. Kamu bisa memaksimalkan pengunaan fitur Live Focus, Ultrawide, Super Steady 2.0 dan dan berkreasi untuk menentukan gaya filmmu.
  • Pahami kapan harus menggunakan blast shot (pembelahan shoot) agar memudahkanmu untuk membelah setiap adegan yang ada dan menyusunnya menjadi satu kesatuan yang utuh. Kamu dapat mengunduh aplikasi Adobe Rush di PlayStore untuk memudahkan proses editing dari smartphonemu.
  • Gunakan fitur-fitur pada smartphone untuk menciptakan efek dramatis untuk memperkaya footage. Be creative!
  • Dalam proses editing dan menentukan feel, tone, pemilihan warna dan elemen-elemen lainnya, jangan cepat puas dan berani mengeksplorasi untuk mendapatkan hasil yang diinginkan

Bagi Anda yang ingin tahu seputar informasi promosi Samsung Galaxy S20, Anda bisa mengunjungi halaman ini. Sementara untuk informasi seputar Samsung Galaxy S20 Series bisa mengunjungi website resmi Samsung Galaxy S20.

Tags: , , , ,


COMMENTS