November 4, 2020

Melalui Jenius Co.Creation Week 2020, Jenius Ajak Digital Savvy Berteman dengan Perubahan

Penulis: Desmal Andi
Melalui Jenius Co.Creation Week 2020, Jenius Ajak Digital Savvy Berteman dengan Perubahan  

Mobitekno – Jenius Co.Creation Week diadakan dari tanggal 2 hingga 6 November 2020. Event online yang mengusung tema “reshape” ini ditujukan untuk masyarakat Indonesia agar cepat beradaptasi dengan perubahan yang ada, terutama saat pandemi Covid-19 masih berlangsung. Event ini juga menyajikan berbagai inovasi Jenius yang dapat digunakan untuk menemani berbagai aktivitas para Digitral Savvy di Indonesia. Jenius Co.Creation Week 2020 sendiri memiliki berbagai rangkaian acara, seperti kompetisi, conference, dan talks dengan tiga pilarpenting, yaitu teknologi, kreativitas, dan finansial.

“Perubahan digitalisasi tidak hanya terjadi di negara barat, tetapi juga di Indonesia. Saat ini saja, sudah ada 175 juta pengguna yang mengakses internet, pengguna smartphone juga berkembang lebih dari 7  kali sejak 10 tahun terakhir, dan pengguna internet banking sudah berkembang lebih dari 6 kali di Asia Pasifik. Sementara Jakarta sudah mendapat julukan The World’s Chattiest City dari Twitter. Selain itu, menurut catatan Facebook, Indonesia menjadi negara dengan rata-rata penggunaan internet tertinggi,” ujar Irwan S. Tisnabudi selakuHead of Digital banking BTPN.

“Melalui acara tahunan Jenius Co.Creation Week, kami ingin merangkul lebih banyak suara dan masukan dari digital savvy Indonesia. Mengusung tema Reshape, tahun ini kami ingin mengajak para digital savvy untuk berteman dengan perubahan, beradaptasi, dan menghasilkan cara baru dalam menjalani kehidupan,” lanjut Irwan.

Di acara ini, akan tampil sejumlah tokoh inspiratif yang akan berbagai strategi kepada banyak orang yang peduli dengan perubahan. Mulai dari Veronica Colondam, Founder/CEO Yayasan Cinta Anak Bangsa; Roy Simangunsong, Vice President Head of Advertising and Brand Partnership Disney Indonesia;  Gusti Kanjeng Ratu Hayu, Penghageng Tepas Tandayekti Kraton Jogja,hingga Ria Tri Sulistyani, Co. Artistic Director Papermoon Puppet, hadir dalam Jenis Co.Creation Week 2020.

Jenius2
Irwan S. Tisnabudi

Selain itu, terdapat dua kompetisi dalam rangkaian acara Jenius Co.Creation Week 2020, yaitu Business Competition dan Jenius UI/UX Challenge. Dalam Business Competition, peserta ditantang membuat rencana bisnis dan menjelaskan ide mereka (pitch). Dari total 179 tim dan 145 orang yang mengirimkan ide dan rencana bisnisnya, terpilih 5 tim yang kemudian mendapatkan pelatihan (mentoring) dari para akademisi dan praktisi entrepreneurship. Pelatihan tersebut meliput topik-topik yang mendukung pengembangan bisnis mereka, seperti  Business Model Canvasing Workshop, Business Operation and Documentation 101, Business Finance, dan Marketing 101. Selain itu, para pemenang juga mendapatkan hadiah uang tunai dengan total puluhan juta rupiah. Pemenang business competition dalam Jenius Co.Creation Week 2020 adalah Holi Ice Cream (@holiicecream), Praevia (@praevia.id), dan Miwa (@makananmiwa).

Sementara Jenius UI/UX Challenge sendiri adalah kompetisi membuat desain UI/UX aplikasi Jenius yang interaktif dan menyenangkan agar teman Jenius semakin sering menggunakan aplikasi Jenius di kehidupan sehari-hari. Lomba ini diikuti oleh lebih dari 600 peserta individu dan tim serta telah terpilih 10 finalis yang akan menyampaikan idenya di babak final.

“Perubahan besar yang terjadi saat ini seakan memaksa masyarakat digital savvy untuk beradaptasi. Melalui Jenius Co.Creation Week 2020, kami berharap bisa ber-kokreasi dan berkolaborasi dengan masyarakat digital savvy Indonesia dalam berinovasi menghadirkan solusi finansial yang semakin relevan dan lengkap untuk memenuhi berbagai kebutuhan yang terus berkembang,” tutup Irwan

 

Tags: , ,


COMMENTS