March 7, 2022

Jenius dan Integrita Ajak Masyarakat Mulai Berinvestasi, Pahami Langkah-langkah Berinvestasi dengan Benar

Penulis: Desmal Andi
Jenius dan Integrita Ajak Masyarakat Mulai Berinvestasi, Pahami Langkah-langkah Berinvestasi dengan Benar  

Mobitekno – Pandemi yang sudah melanda lebih dari dua tahun membuat dampak yang begitu nyata bagi perekonomian setiap masyarakat, terutama di Indonesia. Perekonomian masyarakat pun banyak yang menjadi carut-marut akibat penggunaan dana keuangan yang tidak terduga. Apalagi bagi mereka yang tidak memiliki simpanan dana darurat atau investasi. Untuk itulah, Jenius dari Bank BTPN bersama Integrita mengajak masyarakat untuk mulai berinvestasi. Hal ini guna menjaga perekonomian keluarga tetap terjaga.

Dalam sebuah acara yang digelar secara online oleh Jenius pada 4 Maret 2022, Integrita menyarankan masyarakat untuk mulai mengerti dengan investasi. Jadi, disarankan untuk memulai mengerti dasar-dasar perencanaan keuangan (finansial). Mengapa hal ini perlu? Ghita Argasasmita selaku CEO Integrita Financial menjelaskan bahwa masyarakat harus sudah mulai mengerti langkah-langkah menjadi investor yang benar, agar mereka bisa membuat keputusan investasi pribadi. Masyarakat juga diminta untuk mengetahui jenis investasi yang sesuai dengan risiko.

Ghita juga menjelaskan bahwa mengapa masyarakat perlu memahami dasar-dasar perencanaan keuangan? Hal ini ager mereka tidak terjebak dengan investasi yang mereka pilih karena tidak sesuai dengan tujuan. Ini sering dialami oleh para investor pemula, karena kebanyakan mereka ini ingin cepat untung, tidak mau belajar dasar-dasar investasi, dan terlalu banyak menyerap informasi tanpa sumber yang jelas. Jadi, sebelum memulai investasi, Ghita menyarankan untuk memperkuat terlebih dahulu fondasi keuangan mereka.

Ghita mengibaratkan fondasi keuangan ini seperti rumah yang memerlukan fondasi yang kuat untuk dibangun. Tujuannya, agar rumah tersebut menjadi penopang yang kokoh saat dilanda banjir maupun guncangan lainnya.

“Kalau dalam keuangan misalnya krisis ekonomi ada pandemik, terus kehilangan pekerjaan, investasi lagi bermasalah. Dengan adanya hal tersebut, kita perlu fondasi yang kuat sehinga ketika keadaan itu datang kita bisa kuat, bisa survive.”

Adapun kriteria dari pondasi keuangan yang kuat yakni harus memiliki arus kas yang positif. Artinya, pengeluaran tidak lebih besar dari pendapatan yang diterima.

Ghita Argasasmita selaku CEO Integrita Financial

Oleh sebab itu, dalam berinvestasi, masyarakat juga harus pintar dalam memilih investasi yang tepat. Apalagi investasi ini harus disesuaikan dengan risiko. Ada beberapa jenis investasi yang bisa dipilih. Misalnya investasi jangka pendek 1-3 tahun. Di level ini, jenis investasi yang cocok adalah tabungan berjangka dan reksadana pasar uang. Sementara untuk jangka menengah di atas 3 tahun hingga 6 tahun, investasi yang cocok adalah reksadana campuran dan reksadana pendapatan tepat. Dan investasi jangka panjang di atas 6 tahun, Ghita menyarankan untuk memilih jenis reksadana pendapatan tetap ditambah reksadana saham, atau reksadana pendapatan tetap ditambah single stock (saham).

Langkah untuk memulai investasi ini juga didukung Jenius. Sejak lama Jenius juga mengajak masyarakat untuk mulai berinvestasi, terutama untuk para digital savvy yang menjadi konsumen Jenius.

Menurut Waasi Sumintardja, Digital Banking Business Product Head BTPN, Jenius dari Bank BTPN sudah memiliki fitur investasi ini dalam aplikasinya. Jenius bahkan menyediakan tiga jenis tabungan yang sesuai dengan digital savvy di Indonesia. Ketiga tabungan untuk investasi ini adalah Flexi Saver yang fleksibel untuk mengalokasikan keuangan, Dream Saver yang merupakan tabungan autodebit untuk mewujudkan mimpi, dan Maxi Saver yang merupakan jenis deposito berjangka.

Waasi juga menambahkan bahwa untuk menggunakan fitur-fitur investasi dari Jenius ini sangat mudah. Bahkan proses membuat, mengelola, dan menarik Flexi Saver, Dream Saver, dan Maxi Saver bisa dilakukan kapan saja dari aplikasi Jenius.

Sisi keamanan juga dipikirkan Jenius untuk hal-hal ini, seperti limit transaksi yang memerlukan kata sandi, limit transaksi pada setiap kartu debit Jenius, Pemberitahuan yang menyeluruh, dan block serta unblock kartu debit langsung dari aplikasi Jenius.

Jenius juga menghadirkan fitur terbaru investasi yang memudahkan pengguna untuk membuka akun reksa dana, memilih produk, bertransaksi, hingga memantau portofolio langsung dari aplikasi.

Tags: , , , ,


COMMENTS