July 2, 2019

Dipatok Mulai Rp2 Miliar, Mercedes-Benz New Actros dan Arocs Jawab Tantangan Kebutuhan Bisnis Industri Berat

Penulis: Muhammad R
Dipatok Mulai Rp2 Miliar, Mercedes-Benz New Actros dan Arocs Jawab Tantangan Kebutuhan Bisnis Industri Berat  

Mobitekno – Tidak dapat disangkal, tantangan terbesar dalam industri konstruksi, tambang dan loging adalah bahan bakar, yang mengambil porsi besar dalam biaya operasional. Disamping itu, performa bisnis juga dituntut untuk konsisten. Tantangan inilah yang coba diselesaikan oleh Mercedes-Benz dalam industri terkait dengan memperkenalkan The New 2019 Mercedes-Benz Actros dan Arocs.

Marketing Director of DCVI, Jung Woo Park menjelaskan, Mercedes-Benz selalu memiliki fokus untuk memenuhi kebutuhan pelanggan saat ini dan masa depan. “The New Actros and Arocs merepresentasikan platform strategis dan futuristik dari Daimler, yang dapat memenuhi kebutuhan saat ini dan masa depan,” kata Jung Woo di BSD City, Tangerang, Kamis (27/6).

Dua varian yang hadir di Indonesia, yaitu New Actros dan Arocs. Perbedaan yang mendasar adalah New Actros akan diperuntukkan distribusi long haul, sementara Arocs untuk dump truck atau truk rigid. Kapasitas daya angkutnya pun berbeda-beda, sesuai kebutuhan dan tenaga kudanya. Untuk mesin yang masuk pun ada dua varian, Mercedes-Benz membekalinya dengan OM460 dengan 12 liter engine yang paling tinggi 480 tenaga kuda dan 360 tenaga kuda.

Sedangkan di OM473, Mercedes-Benz membawa 15 L engine. Yang paling tinggi 580 tenaga kuda dan paling rendah 520 tenaga kuda. Untuk daya angkut, rata-rata Gross Combination Weight bisa sampai 250 ton, tapi yang sekarang industri sudah gunakan ada di kisaran 165 – 180 ton.

Faustina, Head of Truck Europe Product & Sales Mercedes-Benz Truck Europe & Daimler Bus, menyatakan bahwa truk yang dibawa dari Jerman ini overall untuk off road, mining, logging, dan sebagainya. Akan tetapi Actros ditargetkan juga untuk consumer, karena menurutnya sudah menggunakan air suspension yang membantu pemerintah agar jalan tidak cepat rusak. Itu disebabkan muatannya bisa lebih soft saat berbenturan dengan sasisnya.

Untuk masalah keamanan, tidak perlu khawatir. Pasalnya, berbagai macam jenis proteksi telah diaplikasikan pada Actros dan Arocs untuk pengoperasian di medan paling berat sekalipun. Diantaranya, proteksi radiator, proteksi muffler, dan proteksi headlamp.

Faustina, Head of Truck Europe Product & Sales Mercedes-Benz Truck Europe & Daimler Bus

“Transmisinya sudah menerapkan powershift seri generasi 3, yang memberikan kemudahan dan kenyamanan untuk pengemudinya sehingga kopling, sistem transmisi dan mesin tetap terawat dengan baik. Jadi secara kombinasi, efisiensi bahan bakarnya bisa mencapai 9% dalam kondisi tertentu. Itu sudah terbukti,” ujar Faustina kepada wartawan.

Dirinya juga menegaskan bahwa pasar yang paling menjanjikan adalah timur tengah, dimana kontur mereka hampir sama dengan Indonesia. Untuk layanan aftersales, konsumen tidak perlu khawatir, karena Mercedes-Benz menyediakan layanan on site yang di-supply oleh diler. “Jadi, kami taruh sejumlah parts di sejumlah diler dan hanya digunakan untuk yang memesan,” kata Faustina.

Saat ini duo Actros dan Arocs sudah ada di pasar Indonesia dengan banderol di kisaran Rp2 M, sesuai kebutuhan bisnis.

Tags: , , , , ,


COMMENTS