January 22, 2018

Review Acer Swift 3 (SF314-52G): Swift 3 Generasi Kedua Nan Makin Bertenaga

Penulis: Hiro | Editor: Eko Lannueardy

Performa dan Baterai

fitur

Spesifikasi yang digunakan Acer Swift 3 tentu sudah cukup mumpuni untuk menjalankan segala aktivitas. Beberapa pengujian dilakukan Mobitekno untuk mengukur kinerjanya. Pengujian pertama menggunakan aplikasi benchmarking CineBench R15 yang merupakan simulasi untuk melihat kemampuannya dalam menjalankan proses rendering gambar 2D dan 3D.

cinebench

Pengujian selajutnya menggunakan aplikasi PCMark dengan pilihan aktivitas yang terdiri dari tiga mode, yaitu Home accelerated yang mensimulasikan aplikasi ringan, Creative accelerated untuk aplikasi berbasis editing, serta Work creative yang lebih mengutamakan aplikasi produktivitas berbasis office. Secara umum skornya cukup dan mumpuni untuk urusan tersebut.

Meski ditujukan bagi kalangan profesional, penggunaan chip grafis tambahan bisa dimanfaatkan untuk aktivitas yang lebih luas, contohnya untuk bermain game-game terkini. Untuk kinerja grafis, Mobitekno menggunakan aplikasi benchmark 3DMark Professional Edition.

3dmark

Sedangkan pengujian berbasis game, Mobitekno coba menjalankan dua game, yaitu Rise of the Tomb Raider dan Tekken 7. Keduanya dengan mengaktifkan fitur Directx 12, full screen dengan resolusi native, serta pengaturan detail ke pilihan High. Sedangkan untuk melihat skor benchmark, digunakan aplikasi Fraps ver.3.5.99. Hasilnya, Rise of The Tomb Raider menghasilkan skor 42,75 fps dan Tekken 7 di angka 31 fps.

baterai

Untuk mengukur daya tahan baterai, aplikasi yang digunakan adalah PCMark – Work Accelerated (Battery life). Dengan tingkat kecerahan layar yang diatur ke skenario Balanced, baterai mampu bertahan hingga 5 jam 26 menit. Pengujian lainnya memutar video Full HD dan menjalankannya dari kondisi baterai 100% hingga 0%. Disini baterai mampu bertahan hingga 4 jam 11 menit. Kesimpulannya, Acer Swift 3 memiliki daya tahan yang cukup kuat dan sangat nyaman saat digunakan secara mobile.

 

Tags: , , , , , ,


COMMENTS