April 23, 2017

Jaga Terumbu Karang, Toyota Resmikan Program Pinisi Bagi Negeri di Makassar

Penulis: Desmal Andi
Jaga Terumbu Karang, Toyota Resmikan Program Pinisi Bagi Negeri di Makassar  

MOBITEKNO – Setelah sukses meresmikan Toyota Organic Village di Demak, Jawa Tengah pada bulan lalu, kali ini PT Toyota-Astra Motor meluaskan lagi program CSR mereka berbasis lingkungan dengan meresmikan program Pinisi Bagi Negeri di Makassar, Sulawesi Selatan. Program ini akan berkontribusi terhadap perbaikan lingkungan terumbu karang di kawasan laut kota Makassar serta melakukan berbagai kegiatan edukasi budaya maritim dan konservasi lingkungan kepada generasi muda. 

Program Pinisi Bagi Negeri ini merupakan bentuk kerjasama antara TAM dengan Pemerintah Kota Makassar, Kalla Toyota sebagai founder dealer Toyota di Sulawei Selatan, serta Yayasan Makassar Skalia. 

“Bersama masyarakat dan Pemerintah Kota Makassar serta dealer, kami telah merancang berbagai kegiatan dalam payung Pinisi Bagi Negeri untuk menggali potensi generasi muda dalam melakukan perbaikan lingkugan hidup di kawasan pantai Makassar dan dalam bidang kemaritiman,” ujar Henry Tanoto sekalu Vice President Director PT Toyota-Astra Motor. “Sejalan dengan semangat Toyota let’s Go Beyond, program Pinisi Bagi Negeri ini diharapkan hasilnya akan sangat bermanfaat melebihi ekspektasi yang diinginkan masyarakat dan pihak terkait lainnya,” tambah Henry.

Pinisi Bagi Negeri adalah program terpadu untuk melakukan pelestarian lingkungan dan pendidikan di bidang konservasi lingkungan dan kebudayaan maritim. Dalam program pelestarian lingkungan dilakukan penanaman terumbu karang di pulau sekitar Makassar, yaitu di sekitar Pulau Samalona yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas lingkungan perairan melalui konservasi terumbu karang sebagai ekosistem utamanya. 

Selain itu, untuk menjaga kebudayaan tradisional masyarakat Bugis-Makassar, dalam program ini dikembangkan kapal pinisi yang merupakan salah satu icon sejarah bagi masyarakat Bugis-Makassar dan daya tarik kota Makassar, serta dikembangkan program edukasi tentang budaya maritim dan konservasi lingkungan di atas kapal pinisi.

Tags: , , ,


COMMENTS