August 19, 2016

Ingin Cetak Pengemudi Truk yang Piawai Berkendara Hemat BBM, Isuzu Gelar Eco Drive Contest 2016

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Ingin Cetak Pengemudi Truk yang Piawai Berkendara Hemat BBM, Isuzu Gelar Eco Drive Contest 2016  

MOBITEKNO – Sesuai tema GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016, yakni Green Technology for a Better Future", PT. Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) dan Dealer 3S Isuzu pada bulan sebelumnya (Juni – Juli 2016) telah menggelar kontes efisiensi bahan bakar bagi pengemudi Isuzu GIGA, yaitu Eco Drive Contest 2016.

Seperti diketahui, Isuzu GIGA merupakan truk medium bermesin common rail pertama di Indonesia. Truk berteknologi tinggi ini telah dilengkapi dengan ECU (Electronic Control Unit) dan DRM untuk merekam jejak pengoperasian truk saat dioperasikan pengemudinya. Salah satunya adalah mengenai jejak-rekam (histories) konsumsi bahan bakarnya.

Salah satu faktor utama dalam biaya operasional truk adalah konsumsi bahan bakar. Konsumsi bahan bakar dipengaruhi oleh performa engine dan cara mengemudi truk tersebut. Digelarnya ‘Eco Drive Contest 2016’ ini diharapkan Isuzu bisa menjadi ajang unjuk kebolehan pengemudi truk Isuzu GIGA dalam melakukan efisiensi bahan bakar berdasarkan data konsumsi bahan bakar aktual. Datanya sendiri diperoleh dari info DRM (Data Record Module) yang dimiliki oleh Isuzu GIGA.

Sebagai parameter perlombaan, di awal dilakukan download data dari DRM pada masing-masing truk untuk mengetahui konsumsi bahan bakar aktual sebelum kontes dimulai. Selanjutnya, pengemudi truk mendapatkan pelatihan dan training dari Isuzu seputar mengemudi truk secara ekonomis dan berbagai tips lainnya.

Tips-tips tersebut diantaranya, menjaga kecepatan maksimal truk, menghindari putaran mesin tinggi, sedapat mungkin memakai gigi lebih tinggi, efektif memakai Engine Brake, menjaga kecepatan truk secara konstan, dan meminimalkan idling kendaraan.

Berdasarkan tips irit bahan bakar tersebut, pengemudi diharapkan dapat mengaplikasikannya langsung saat mengemudikan truk atau kendaraan sehari-hari. Berselang  3 hingga 4 minggu dari download DRM pertama, tim penilai akan men-download data konsumsi bahan bakar lagi untuk kedua kalinya, dan dibandingkan antara data sebelum dan setelah training.

Eco Drive Contest 2016 ini diselenggarakan di customer Isuzu GIGA terpilih di area Jabodetabek, yaitu PT. Kurnia Mitra Selaras, PT. Garda Depan, PT. Nippon Konpo Indologistik, PT. ARK Logistik, PT. Bhakti Idola Tama dan PT. Satyamitra Kemas Lestari. Masing-masing perusahaan diwakili oleh 5 (lima) orang pengemudi, dan selanjutnya dipilih dua pemenang. Pemenang dari masing masing perusahaan fleet tersebut berhak mendapatkan hadiah dari PT. IAMI.

Takuji Kani, Sales Marketing After Sales Service CV Director PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI), dalam sambutannya menyatakan harapannya agar kontes ini dapat membantu pengusaha atau pemilik truk untuk semakin meningkatkan efisiensi konsumsi bahan bakar kendaraannya.

"Tentunya, (kontes ini) pun bisa meningkatkan skill pengemudi truk Isuzu sehingga paham dalam mengemudikan truk secara efisien dan hemat bahan bakar,” tutup Takuji.

 

Tags: , , , , , ,


COMMENTS