August 19, 2016

Aplikasi Siap Pakai Hingga Keamanan, Microsoft Tunjukkan Daya Tarik Windows 10 Anniversary

Penulis: Eko Lannueardy
Aplikasi Siap Pakai Hingga Keamanan, Microsoft Tunjukkan Daya Tarik Windows 10 Anniversary  

MOBITEKNO – Tepat 2 Agustus 2016, setahun Windows 10 merayakan ulang tahunnya. Microsoft selaku pengembang sistem operasi tersebut menggulirkan Windows 10 Anniversary. Lalu, apa saja keunggulan update dari sistem operasi yang diklaim sudah digunakan hingga 350 juta pengguna ini?

Linda Dwiyanti, Consumer Channels Grouop Director, Microsoft Indonesia dihadapan sejumlah media di Jakarta, (19/8) menegaskan bahwa Microsoft terus berinovasi untuk memuat beragam fitur baru ke dalam Windows 10 Anniversary, salah satunya Windows Ink Workspace.

"Windows Ink Workspace merupakan salah satu fitur baru yang dimuat oleh Microsoft dan siap digunakan oleh para pengguna Windows 10 genuine. Hadirnya fitur ini diharapkan mampu meningkatkan produktivitas penggunanya dalam memakai sistem operasi ini," ujar Linda.

Dibedah satu persatu, Linda mempresentasikan bahwa Windows Ink Workspace setidaknya menyediakan aplikasi siap pakai yang dapat langsung dimanfaatkan oleh pengguna. Ketiga aplikasi tersebut adalah Sticky Note, Sketchpad dan Screen Sketch.

Sticky Note merupakan sebuah aplikasi yang memudahkan pengguna untuk mencari informasi di internet dengan cukup hanya menuliskan keyword yang diinginkan. Menariknya, aplikasi ini akan terintegrasi langsung dengan aplikasi browser bawaan Windows 10, Microsoft Edge.

Kedua, aplikasi Sketchpad yang memungkinkan pengguna menulis atau menggambar di atas sebuah perangkat dengan memakai pena stylus untuk perangkat touchscreen atau mouse untuk perangkat non-touchscreen. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan fungsi Ruler untuk menciptakan garis lurus.

Aplikasi siap pakai lainnya yang juga hadir di dalam Windows Ink Workspace adalah Screen Sketch. "Aplikasi ini sengaja dibenamkan oleh Microsoft untuk memudahkan pengguna menulis atau mencorat-coret di atas sebuah website yang sedang diakses," tambah Linda.

Tak berhenti sampai di situ, Linda menambahkan bahwa Microsoft juga memberi dukungan beragam aplikasi unggulan yang dapat ditemukan di Windows Store, seperti Staffpad. Ini merupakan aplikasi yang memungkinkan pengguna menuliskan notasi musik secara digital.

"Melalui Windows 10 Anniversary, Microsoft juga mengoptimalkan kinerja Microsoft Edge dengan menyematkan fitur ekstensi aplikasi. Hadirnya fitur tersebut, memudahkan pengguna berselancar ke sebuah website dengan lebih cepat," pungkas Linda.

Optimalisasi lainnya adalah dari segi keamanan. Kini, Microsoft telah meningkatkan fitur Windows Hello dan Windows Defender. Dengan adanya peningkatan kedua fitur tersebut, Microsoft lebih percaya diri bahwa pengguna tak perlu khawatir datanya akan rusak atau hilang.

 

Tags: , , , ,


COMMENTS