August 19, 2016

Windows 10 Anniversary di Mata Pelaku Kreatif Tanah Air

Penulis: Eko Lannueardy
Windows 10 Anniversary di Mata Pelaku Kreatif Tanah Air  

MOBITEKNO – Hadirnya Windows 10 Anniversary mendapat sambutan yang positif bagi banyak orang. Bahkan, Microsoft secara langsung menegaskan bahwa update yang terdapat di dalam sistem operasi ini mampu meningkatkan produktivitas beragam profesi, termasuk pelaku kreatif di Tanah Air.

Salah satu pelaku kreatif yang telah lama menggunakan Windows 10 adalah Faza Meonk, pencipta komik Si Juki. "Salah satu daya tarik Windows 10 Anniversary adalah kehadiran fitur Windows Ink Workspace. Di dalamnya ada aplikasi Sketchpad," ujar Faza.

Untuk diketahui bersama, Sketchpad adalah aplikasi siap pakai yang memungkinkan pengguna untuk menggambar di atas perangkat touchscreen atapun non-touchscreen lewat bantuan stylus atau mouse.

Tak hanya Faza, pelaku kreatif lainnya yang juga memanfaatkan keunggulan Windows 10 adalah Julian Tanoto. Ia adalah seorang perancang busana yang sukses mendirikan startup Cloth Inc. Julian juga lebih sering menggunakan Sketchpad untuk menggambar sketsa busana.

"Sekarang saya bisa menggambar sketsa pakaian di atas pesawat atau kereta api saat diperjalanan. Lewat Sketchpad, rasanya sama seperti menggambar di atas kertas sehingga saya menjadi lebih bebas berkreasi," tutur Julian.

Tak hanya Sketchpad, Julian juga memanfaatkan aplikasi lainnya yang ada di Windows Ink Workspace, yaitu Screen Sketch. Aplikasi ini membantu dirinya untuk menulis atau mencorat-coret di atas sebuah web dengan lebih efektif.

Selain Faza dan Julian, ada juga Alvin Ghazalie, seorang musisi muda yang sering menulis notasi musik secara digital. Lewat Windows 10 Anniversary, Alvin sering memanfaatkan aplikasi yang tersedia di Windows Store, salah satunya Staffpad.

"Windows 10 Anniversary memberikan saya keleluasaan untuk menggunakan beragam aplikasi yang ada di Windows Store, salah satunya Staffpad. Kini, saya bisa menulis dan memutar notasi yang saya buat di mana saja," pungkas Alvin.

Saat ini, Windows 10 sudah digunakan oleh lebih dari 350 juta orang di dunia dan menjadi bagian kehidupan sehari-hari. Terus berinovasi, Microsoft tepat tanggal 2 Agustus 2016 lalu menelurkan versi update Windows 10 yang mereka namakan Windows 10 Anniversary.

 

Tags: , , , , , ,


COMMENTS