July 18, 2016

Dukung Kemenpar, Telkomsel Perbarui Data Wisatawan di Tanah Air Lewat Layanan Big Data

Penulis: Eko Lannueardy
Dukung Kemenpar, Telkomsel Perbarui Data Wisatawan di Tanah Air Lewat Layanan Big Data  

MOBITEKNO – Telkomsel memberikan dukungan bagi Kementerian Pariwisata RI (Kemenpar) untuk memperbarui data wisatawan lokal dan mancanegara yang berkunjung ke Tanah Air melalui Telkomsel Mobile Consumer Insight (MSIGHT). Sistem analisis pergerakan wisatawan yang bisa diakses secara online ini bisa membantu Kemenpar memperoleh data kunjungan wisatawan dengan lebih cepat.

Vice President Digital Advertising Telkomsel Harris Wijaya menegaskan bahwa melalui MSIGHT, Telkomsel menyediakan perpektif baru yang memberikan insight bagi Kemenpar dalam mengambil kebijakan lebih cepat dan spesifik. Ini sekaligus dukungan Telkomsel bagi perkembangan dunia pariwisata di Indonesia.

Dengan sistem analisis tersebut, Telkomsel menyediakan solusi big data bagi Kemenpar yang menyajikan data yang bersumber dari perilaku pelanggan seluler, periode penerimaan data secara harian, periode perbaruan data secara mingguan, skala distribusi data mulai dari kota hingga ke titik destinasi spesifik serta output berupa interactive dashboard.

MSIGHT adalah layanan informasi dan analisa data perilaku sehari-hari konsumen secara kolektif. Layanan ini berguna bagi pemasar untuk mengetahui perilaku konsumen yang berkaitan dengan produknya sehingga dapat merancang strategi bisnis yang lebih terarah.

Layanan big data ini juga menggabungkan data secara agregat seluruh pelanggan Telkomsel dengan mengutamakan privasi. Telkomsel menghormati sepenuhnya undang-undang dan hukum yang melindungi privasi pelanggan, dan untuk itu data pelanggan dikelola secara anonim, agregat, dan efisien yang dibuat menjadi informasi dan insight yang dikelola dari waktu ke waktu.

 

Tags: , , , ,


COMMENTS