November 23, 2023

Optimalkan Data untuk Bisnis, Telkomsel Tunjuk Huawei Cloud Sebagai Provider FMC Big Data Platform

Penulis: Iwan RS
Optimalkan Data untuk Bisnis, Telkomsel Tunjuk Huawei Cloud Sebagai Provider FMC Big Data Platform  

Mobitekno – Huawei Cloud resmi dipilih sebagai provider FMC Big Data Platform untuk mempercepat ekspansi upaya Telkomsel dengan prasarana unggul dan teknologi yang inovatif.

Huawei mengumumkan dukungannya terhadap operator terbesar di tanah air tersebut untuk lebih meningkatkan strategi multi-cloud sebagai bagian untuk mendukung peta jalan Telkomsel yang merupakan penyedia jasa konvergensi terdepan di Indonesia.

Huawei Cloud FMC Big Data 02

FMC Big Data Platform adalah platform big data yang dikembangkan oleh Telkomsel untuk mendukung bisnis Fixed Mobile Convergence (FMC) di Indonesia. Platform ini memungkinkan Telkomsel untuk mengumpulkan, menyimpan, dan menganalisis data dari berbagai sumber, termasuk jaringan, pelanggan, dan aplikasi.

Big Data Penting bagi bisnis FMC Telkomsel

Lewat inisiatif baru dari Fix-Mobile Convergence (FMC), Telkomsel bermaksud untuk menyediakan pelayanan komunikasi dan jaringan yang terbaik bagi konsumen Indonesia. Huawei Cloud menyediakan teknologi Enterprise Intelligence yang inovatif untuk Telkomsel yang mengedepankan performa tinggi, reliabilitas, dan cost-effective yang sangat memudahkan penerapan FMC.

Dengan menerapkan Huawei Cloud big data solution, Telkomsel dapat mengembangkan end-to-end info governance dan pengembangan Al secara efisien.

Huawei Cloud big data solution didukung oleh teknologi Lakehouse dan arsitektur storage and compute decoupling yang secara signifikan mengurangi biaya operasional, sembari tetap menyediakan performa dan reliabilitas tinggi bagi para pengguna.

Berharap banyak dari solusi Big Data dari Huawei Cloud

Direktur IT Telkomsel Bharat Alva pada aktivitas penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) di Jakarta (22/11/2023) menyatakan bahwa dengan mengusung semangat untuk terus berinovasi, Telkomsel sebagai leading convergence service provider di Indonesia terus berkomitmen untuk dapat menghadirkan pengalaman digital terdepan bagi seluruh masyarakat Indonesia.

“Telkomsel secara konsisten terus lampaui pemisah dalam mendorong kemajuan teknologi untuk memberikan pengalaman yang lebih baik melalui pemanfaatan teknologi terkini melalui pendekatan multi-cloud,” tambahnya.

Menurutnya, pihaknya terkesan dalam memandang solusi-solusi yang ditawarkan oleh Huawei Cloud dan sangat antusias untuk memandang apa yang dapat dicapai melalui kerjasama yang terjalin ini.

Dengan support dari teknologi big data dari Huawei Cloud, Telkomsel bakal mendapatkan wawasan lebih dalam pada permintaan dan kesukaan pengguna secara real-time sehingga dapat membantu tim customer care untuk merancang program yang tepat dan efisien dengan menyediakan pengalaman pengguna yang lebih baik.

Huawei Cloud FMC Big Data 01
Direktur IT Telkomsel Bharat Alva (kiri) dan President of Huawei Cloud APAC Zeng Xingyun (kanan) pada aktivitas penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) di Jakarta, Rabu (22/11/2023).

Untuk mempercepat digitalisasi, Telkomsel juga bakal bekerja dengan Huawei Cloud untuk membawa teknologi AI terbaru ke Indonesia. Kedua belah pihak bakal membawa full-stack, skenario berbasis AI untuk memberikan solusi yang dapat diandalkan, inovatif, dan dapat membantu mengembangkan ekosistem lokal yang memungkinkan penduduk Indonesia memanfaatkan teknologi AI di mana pun.

“Terima kasih telah memilih Huawei sebagai mitra cloud. Huawei berkeinginan untuk berinvestasi di teknologi Cloud untuk mencapai visi ‘Unleash Digital with Everything as a Service’. Kami berambisi dapat memberikan pelayanan yang dapat diandalkan, aman, dan berkepanjangan untuk para pelanggan, mitra, dan developer kami dengan semuanya diterapkan di atas Cloud,” tutur President of Huawei Cloud APAC Zeng Xingyun.

Pada kesempatan itu, CEO Huawei Cloud Indonesia James Zhang mengatakan bahwa di Indonesia, Huawei Cloud bermaksud untuk menjadi pondasi yang dapat dipercaya para enterprise untuk melakukan transformasi digital.

“Melalui support dari info center lokal, tim lokal, dan support lokal, kami membawa teknologi inovatif dan jasa premium dengan ekosistem yang luas bagi para pengguna Indonesia. Suatu kehormatan bagi kami untuk bekerja sama dengan Telkomsel dan kami percaya dapat memberikan value yang lebih untuk Telkomsel melalui produk dan teknologi kami,” begitu dikatakan James Zhang.

Contoh dukungan Huawei Cloud untuk FMC Big Data Platform

Ada beberapa contoh bagaimaan Huawei Cloud dapat memberikan dukungannya untuk FMC Big Data Platform. Misalnya, Huawei Cloud dapat menyediakan infrastruktur cloud yang andal dan aman untuk menjalankan FMC Big Data Platform.

Utamanya lagi, Huawei Cloud dapat menyediakan solusi big data yang komprehensif dan terintegrasi, termasuk Huawei FusionInsight. Solusi ini dapat membantu Telkomsel untuk mengumpulkan, menyimpan, dan menganalisis data dari berbagai sumber.

big data 02

Misalnya, Huawei FusionInsight dapat mengumpulkan data dari berbagai sumber, termasuk data jaringan, data pelanggan, dan data aplikasi. Huawei FusionInsight juga dapat menyimpan data dalam berbagai format, termasuk data terstruktur, data semi-terstruktur, dan data tidak terstruktur. Huawei FusionInsight juga dapat menganalisis data menggunakan berbagai metode, termasuk analisis statistik, analisis data mining, dan analisis visualisasi.

Tags: , , , , , , ,


COMMENTS