December 14, 2015

Ini Penampakan Sedan S90, Mobil Full-Size Mewah Besutan Volvo

Penulis: Elizabeth Swanti
Ini Penampakan Sedan S90, Mobil Full-Size Mewah Besutan Volvo  

MOBITEKNO – Puas dengan kesuksesan seri XC90 yanng diluncurkan awal tahun ini, Volvo kini mulai melirik ceruk segmen mewah. Pekan ini, produsen mobil asal Swedia tersebut ‘membocorkan’ keterangan mengenai sedan mewah terbarunya, S90 di Gothenburg, Swedia. S90 merupakan kendaraan sedan yang dirancang dengan formula yang sama dengan XC90 namun menawarkan desain dan bahan tingkat tinggi asal Skandinavia. Selain itu, kendaraan mungil ini juga dilengkapi dengan teknologi keamanan yang canggih dan ruang lega dan nyaman ala hotel suite, serta fitur mengemudi semi-otonom.

Menurut Håkan Samuelsson, President & CEO, Volvo Car Group, S90 merupakan salah satu dari serangkaian kendaraan baru untu segmen luxury yang ditargetkan oleh Volvo. Dikatakan Samuelsson, perusahaan ini telah menginvestasikan US$ 11 miliar untuk pengembangan produk selama lima tahun terakhir.

"Ide kami adalah membawa sesuatu yang sama sekali baru untuk segmen ini. Penampilannya memang agak konservatif namun memberikan ekspresi visual yang memancarkan kepemimpinan dan kepercayaan pada eksterior. Di bagian dalam, kami memberikan pengalaman mewah high-end yang menjanjikan kenyamanan dan kendali fungsi, "kata Thomas Ingenlath, Senior Vice President Design di Volvo Car Group sebagaimana dilansir melalui blog Eurocar.

Untuk interiornya, S90 melanjutkan tema desain ala XC90 yang dipengaruhi gaya Skandinavia yang kuat namun terbuka dan minimalis.  Gaya ini tak hanya memberikan kenyamanan bagi pengguna namun juga memberikan ruang yang lega untuk menikmati pemandangan sekitar ketika berkendara. Untuk dasbor, S90 menggunakan fitur touchscreen Sensus Connect yang mengurangi jumlah tombol di konsol tengah sekaligus menyederhanakan tampilan keseluruhan.

Berkendara juga memiliki risiko rawan kecelakaan. Hal ini tampaknya menjadi perhatian serius Volvo ketika merancang S90. Untuk mengatasi risiko tersebut, kendaraan besutan terbaru ini dilengkapi dengan sejumlah teknologi keamanan baru dan fitur semi-otonom. Hal ini termasuk fitur deteksi hewan besar dengan rem otomatis yang memungkinkan mobil untuk mendeteksi rusa dan hewan besar lainnya, memperingatkan pengemudi tentang hal itu dan secara otomatis menerapkan rem jika perlu untuk menghindari kecelakaan.

Selain itu, sebuah versi baru dari Pilot Assist juga tersedia sehingga memungkinkan kendaraan untuk mempercepat, memperlambat, berhenti lengkap dan mengarahkan diri dengan kecepatan standar di jalan raya. Saat ini, sistem tersebut terbatas pada kecepatan di bawah 30 mph. Hingga saat ini, Volvo mengklaim bahwa belum ada kendaraan yang bekerja pada kecepatan yang lebih tinggi selain S90.

Utuk kinerja, S90 menawarkan tiga pilihan mesin. Yang pertama adalah mesin 2.0 liter turbocharged dan supercharged T6 seperti yang ada di XC90, dengan konfigurasi 319 hp dan 295 lb.-ft, – torsi yang diharapkan sama di S90. selain itu, Twin Engine plug-in hybrid juga tersedia, berbarengan dengan 240 turbocharged tenaga kuda 2.0 Liter T5.

Rincian lain seperti spesifikasi kendaraan, jarak tempuh dan pilihan all-wheel drive masih belum dirilis. Namun para eksekutif Volvo mengugkapkan bahwa mereka akan memberikan spesifikasi yang lebih detail dalam acara peluncuran S0 secara resi yang akan dilangsungkan di North American International Auto Show di Detroit pada 11 Januari mendatang. (Elizabeth Swanti)

Tags: , , ,


COMMENTS