July 13, 2015

Samsung Siapkan Produk Alternatif Microsoft HoloLens

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Samsung Siapkan Produk Alternatif Microsoft HoloLens  

 

MOBITEKNO – Samsung telah berkolaborasi dengan Oculus VR untuk membuat headset virtual reality-nya, GearVR, bekerja optimal dengan lini smartphone Galaxy. Kini, terdengar kabar jika raksasa elektronik Korea tersebut juga bersiap-siap terjun ke dunia augmented reality. Salah satu produk head display-nya yang akan dibesutnya tersebut diketahui bakal bersaing dengan prooduk Microsoft Hololens atau bahkan Google Glass.

Menurut kabar yang dilansir dari SlashGear, Samsung saat ini sedang mengembangkan headset baru yang menyertakan satu tombol fisik (kemungkinan tombol power), speaker, microphone untuk voice command yang bertujuan untuk membuat perangkat ini lebih bersifat wireless.

Headset tersebut juga dirancang dengan gambar virtual agar pengguna bisa melihat objek didepannya (field of view). Meskipun sistem operasi (OS) yang bakal digunakan belum bisa dipastikan, Samsung mungkin saja akan menggunakan OS-nya, Tizen atau OS Android dari Google. Headset ini juga akan dilengkapi kamera yang dapat merekam objek 3D atau video.

Pada awalnya, Samsung ingin produknya berkompetisi langsung dengan Google Glass, tetapi sejak Microsoft mulai memperkenalkan HoloLens ke publik, ambisi Samsung mungkin sedikit mengalami perubahan.

Samsung mungkin akan menerapkan teknologi sistem cahayanya yang berfungsiu sebagai “elemen panduan cahaya" atau "light guide element” untuk mata pengguna, sekaligus memancarkan cahaya keluar dari headset. Belum jelas seperti apa nantinya sistem panduan berbasis cahaya ini akan memberikan pengalaman (experience) ekstra bagi pengguna headset atau fungsi apa saja yang akan disediakannya.

Proyek Samsung ini bisa dikatakan masih sangat dini alias belum akan tersedia prototipenya dalam beberapa bulan ke depan. Kemungkinannya, Samsung yang punya bujet besar untuk riset dan pengembangan produk baru hanya ingin mengeskplorasi produk seperti Hololens dari Microsoft yang diumumkan awal tahun ini.

Produk sejenis Hololens mungkin saja dirilis Samsung tapi orientasinya pasti akan diarahkan ke dunia mobile, seperti headset GearVR yang dirilis Samsung untuk digunakan oleh pengguna smartphone Galaxy.

 

Tags: , , ,


COMMENTS