July 13, 2015

Lebih Dekat dengan Cara Kerja Transmisi Manual

Penulis: Desmal Andi
Lebih Dekat dengan Cara Kerja Transmisi Manual  

MOBITEKNO – Sebagai pengemudi kendaraan roda 4 setiap harinya, apakah Anda pernah memikirkan bagaimana sebuah transmisi manual di kendaraan Anda bekerja? Saat ini memang banyak kendaraan yang menggunakan sistem transmisi otomatis, termasuk mobil-mobil yang memiliki nama besar seperti Ferrari, Lamborghini, atau McLaren. Namun, sistem transmisi manual masih menjadi sistem favorit bagi sebagian pengemudi mobil.

Sistem transmisi manual menggunakan gearbox yang berisi roda-roda gigi di dalamnya. Namun, banyak orang yang tidak mengetahui bagaimana roda-roda gigi ini bekerja di dalam gearbox sehingga mampu mengangkat kinerja mobil saat di jalan.

Secara teori, sebenarnya sistem transmisi manual memiliki cara kerja yang sederhana dan mudah dipahami. Perpindahan gigi saat mobil bergerak tetap dapat dilakukan dengan cara yang halus. Setiap roda gigi dalam satu rangkaian mewakili setiap percepatan. Dari dalam gearbox inilah, perputaran roda penggerak dapat diatur oleh pengemudi.

Pemilihan tingkat percepatan juga berpengaruh terhadap kinerja mesin. Mesin dapat bekerja lebih keras saat sistem transmisi berada di tingkat bawah sehingga dapat mendorong beban pada mobil walaupun di kondisi jalan yang tidak mulus atau menanjak. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa melihat video berikut ini.

 

Sumber: motorauthority, learnengineering.org

Tags: , , ,


COMMENTS