October 3, 2015

Fasilitas Pengujian Mesin HPM Resmi Hadir di Karawang

Penulis: Eko Lannueardy
Fasilitas Pengujian Mesin HPM Resmi Hadir di Karawang  

MOBITEKNO – Akhir September lalu, tepatnya 30 September 2015 PT Honda Prospect Motor (HPM) telah meresmikan fasilitas Engine Test Bench yang berada di dalam area pabrik PT HPM di Karawang, Jawa Barat. Hadir dalam peresmian tersebut Tomoki Uchida, President Director PT Honda Prospect Motor dan Benawati Abbas, Senior Vice President PT Honda Prospect Motor.

Engine Test Bench merupakan fasilitas untuk pengujian performa dan kualitas mesin yang diproduksi di pabrik PT HPM. Sebelumnya pengujian mesin produksi PT HPM hanya bisa dilakukan di Thailand, India, atau Jepang. Dengan beroperasinya fasilitas ini, pengujian mesin dapat dilakukan di dalam negeri dengan lebih cepat dan efisien.

Sementara itu, pabrik komponen yang saat ini dalam tahap pembangunan akan digunakan untuk memproduksi Crank Shaft, yang berdasarkan aturan LCGC (Low Cost Green Car) merupakan salah satu komponen yang harus diproduksi secara lokal. Pabrik yang berdiri di atas lahan seluas 7.000 m2 ini akan mempunyai kapasitas produksi hingga 1.000 unit per hari.

Pabrik komponen Crank Shaft sendiri rencananya akan mulai beroperasi pada tahun 2016. Selain kedua fasilitas yang diperlihatkan, PT HPM juga menyampaikan rencana pembangunan pabrik komponen Connecting Rod di area yang sama, yang rencananya akan mulai beroperasi pada tahun 2018.

Seperti halnya pabrik Crank Shaft, fasilitas ini juga digunakan untuk memproduksi komponen yang menurut regulasi LCGC harus diproduksi secara lokal. Nantinya pabrik ini akan berdiri di atas lahan seluas 4.000 m2 dan memiliki kapasitas produksi hingga 1.000 unit per hari atau 243.000 unit per tahun.

Tomoki Uchida, President Director PT HPM menegaskan bahwa dengan total investasi senilai sekitar 500 milyar rupiah, berbagai fasilitas baru ini mempunyai peran penting dalam meningkatkan proses kontrol kualitas dari produksi yang dimilikinya. Ini juga sekaligus mendukung proses lokalisasi komponen sehingga semakin cepat dan efisien.

“Kami percaya bahwa investasi ini tidak hanya berperan penting untuk pengembangan bisnis Honda di Indonesia, namun juga akan memberikan dampak positif bagi industri otomotif serta masyarakat secara umum di Indonesia. Dengan begitu, kami bisa berupaya untuk memproduksi kendaraan yang terjangkau bagi masyarakat Indonesia kebanyakan,” ujar Uchida.

Sementara itu, Jonfis Fandy, Marketing & After Sales Service Director PT HPM mengatakan bahwa seiring dengan permintaan konsumen untuk produk-produk Honda yang semakin meningkat, temasuk untuk model terbaru Honda BR-V yang juga mendapat sambutan yang sangat baik dari konsumen, Honda berkomitmen terus mengembangkan fasilitas produksinya.

"Penyediaan produk lebih cepat, efisien, dan berkualitas bisa lebih terjamin. Tak hanya itu, kami juga mengimbangi dengan perluasan jaringan penjualan dan purna jual Honda di seluruh Indonesia. Rencananya, kami akan berupaya terus menambah dealer di seluruh Indonesia, yakni mencapai 200 dealer," ujar Jonfis.

 

Tags: , , , , ,


COMMENTS