December 28, 2019

Review BenQ W2700, Proyektor 4K Terbaik untuk Bawa Suasana Bioskop ke Rumah

Penulis: Desmal Andi
Review BenQ W2700, Proyektor 4K Terbaik untuk Bawa Suasana Bioskop ke Rumah  

Mobitekno – Selama ini ada kenikmatan sendiri jika Anda melihat tayangan sebuah film di bioskop. Layar besar dan suara yang menggelegar membuat posisi bioskop susah tergantikan jika dibandingkan dengan menonton layar televisi dengan ukuran besar sekalipun. Banyak orang yang ingin mendapatkan suasana tersebut di dalam rumah. Dan, salah satu yang digunakan adalah membeli sebuah proyektor untuk mendapatkan tampilan film atau video dengan ukuran yang besar.

Proyektor memang menjadi salah satu cara yang terbaik untuk mendapatkan ukuran layar yang besar di rumah. Dibandinglan membeli sebuah Smart TV, proyektor masih menjadi solusi berbiaya murah. Namun, dibutuhkan juga ruang flat yang besar untuk memproyeksikan sebuah tayangan dari sumber pemutarnya. BenQ menyadari akan hal ini melalui produk terbaiknya, BenQ W2700.

Proyektor BenQ W2700 tidak hanya mampu menampilkan tayangan yang lebih besar, tetapi juga mampu menyajikan kerapatan gambar yang sangat baik. Resolusi 4K UHD dengan 8,3 juta piksel untuk kedalaman warnanya mampu membuat tayangan begitu detail untuk dilihat. Bahkan, fitur 4K HDR pro yang juga ada di dalamnya, bisa menyajikan tayangan sekualitas bioskop. Jadi, proyektor ini merupakan sebuah produk yang pas untuk menyajikan bioskop di rumah. Untuk lebih jelasnya, berikut pengalaman Mobitekno menguji dan merasakan berbagai keunggulan yang di suguhkan dari fitur-fitur BenQ W2700.

benqw2700

Kelengkapan

Hadir dengan ukuran kotak kemasan yang besar, BenQ W2700 yang datang ke meja redaksi Mobitekno langsung kami keluarkan untuk mengetahui secara detail mengenai produk inil. Namun, sebelum dirakit untuk siap digunakan memproyeksikan sebuah film berkualitas 4K, kami juga ingin mengetahui apa saja yang didapat dalam paket kemasannya ini.

Selain proyektor dengan warna putih, ada beberapa perangkat pendukung agar BenQ W2700 bisa dinikmati dengan nyaman oleh Anda maupun keluarga di rumah. Berikut ini detail isi kemasan yang ada:

  1. Proyektor BenQ berwarna putih
  2. Kabel power untuk mengoneksikan proyektor ke sumber listrik
  3. Buku petunjuk singkat
  4. Remote control yang dapat menyala di suasana gelap

Di kotak kemasannya sendiri sudah tertera fitur-fitur unggulan yang ada di produk ini, seperti dukungan terhadap HDMI, 4K HDR Pro, HDCP 2.2, Cinema Master, hingga CinematicColor. Lebih jelasnya akan Mobitekno ulas di bagian berikutnya.

Desain

Sebelum dirakit untuk siap digunakan menonton film berkualitas 4K, kami perhatikan dulu apa saja yang ditawarkan BenQ pada seluruh bagian bodi proyektor. Dimulai bagian atas, seperti kebanyakan proyektor BenQ, di belakang lensa terdapat dua tombol putar untuk menentukan fokus dan zoom. Keduanya menjadi penentu untuk mendapatkan proyeksi terbaik saat menyajikan proyektor di sebuah ruangan. Atur zoom terlebih dahulu untuk menyesuaiakan dengan lebar ruangan, kemudian putar tombol fokus untuk mendapatkan hasil yang detail. Menariknya, kedua tombol putar ini dilengkapi dengan pengaman geser untuk menutupi tombol saat proyektor tidak digunakan. Tentu hal ini bisa mengurangi gangguan debu atau kotoran lainnya.

Masih di bagian atas, di belakang kedua tombol tadi beberapa tombol lagi yang bisa ditekan. Namun, hanya fungsi umum saja yang disertakan, seperti navigasi, power, tombol untuk menampilkan menu, fungsi back, dan tombol source untuk sumber film atau foto.

benqw2700
Tombol-tombol menu yang bisa diakses dengan mudah

Beralih ke bagian depan, hanya ada lensa proyektor dengan keterangan 4K HDR di bawahnya. Lensa ini tidak tampil penuh seperti pada proyektor kebanyakan. Lensa ini juga dilengkapi penutup yang bisa dicopot serta terikat tali kecil agar tidak mudah hilang.

lensa benq
Lensa 4K UHD

Untuk sisi kanan dan kirinya, hanya ada lubang ventilasi untuk mengeluarkan panas saat proyektor bekerja. Usahakan lubang-lubang ventilasi ini memiliki ruang yang cukup saat proyektor digunakan agar aliran udara tidak terhambat dan proyektor bisa bekerja dengan maksimal.

Di bagian bawah tampil polos dengan tiga kaki kecil yang bisa diputar untuk menyesuakan proyektor jika diletakkan di atas bidang datar seperti meja. Atur kaki-kaki agar tampilan proyeksi di layar terlihat rata. Khusus untuk bagian depan, tidak hanya bisa diputar, ada pengungkit kecil yang bisa ditekan untuk menaikkan dan menurunkan kaki proyektor dengan cepat tanpa harus diputar.

Kini beralih ke bagian belakang. Di bagian inilah terletak port-port penting agar proyektor bisa bekerja dengan baik dan maksimal. Ada banyak port yang disediakan di dalam BenQ W2700. Jika diperhatikan, cukup lengkap BenQ menyediakan port untuk sumber konten yang akan diproyeksikan dengan proyektor ini. Selain menyediakan dua port HDMI yang mendukung pengamanan HDCP 2.2, ada juga dua port USB, satu USB 3.0 dan satunya lagi USB type A yang bisa dikoneksikan ke Chromecast sehingga proyektor bisa menjadi perangkat yang pintar karena terhubung dengan Internet. Selain itu masih disediakan port VGA, SPDIF, dan satu port audio out untuk mengeluarkan suara ke perangkat audio eksternal yang Anda miliki. Di bagian bawahnya ada konektor untuk kabel power.

interface
Interface di bagian belakang

 

Fitur dan Performa

Ada banyak fitur yang mendukung resolusi 4K HDR Pro di BenQ W2700 ini. Namun sebelumnya, kami menguji perangkat ini dalam sebuah ruang berdimensi 4 x 4 meter. Memang, jika dilihat dalam panduannya, BenQ W2700 bisa menghasilkan proyeksi selebar 3,8 meter atau 150 inci dari jarak 3,8 meter. Namun, karena keterbatasan ukuran ruangan, luas ruangan yang kami gunakan sudah cukup untuk mengujui kemampuan BenQ W2700. Sebuah perangkat khusus pemutar film 4K juga kami hubungkan ke proyektor ini. Dua buah film 4K, yaitu Avenger Infinity War dan Spiderman Far From Home kami putar untuk menguji kemampuan proyeksi BenQ W2700.

Fitur 4K HDR Pro yang ada di proyektor ini begitu terasa saat film diputar. Dengan ruangan yang gelap, kontras warna terlihat sangat baik. Fitur 4K HDR Pro dengan gamut DCI-P3 ini memang mampu menyediakan kontras yang tinggi sehingga membuat semua warna keluar. Detail sebuah objek dalam film pun terlihat jelas. Objek yang terlihat closeup akan terlihat detailnya. Hal ini bisa dilihat saat wajah-wajah para pemain terlihat cukup dekat. Detail mata atau rambutterlihat begitu detail. Begitu juga saat di film sedang menggambarkan suasana malam. Objek tetap terlihat jelas, tidak buram atau kabur. Fitur ini secara otomatis akan aktif. Fitur ini pun bisa membuat tayangan film tetap tajam walau ruangan yang digunakan tidak terlalu gelap.

layar
Menikmati konten 4K dengan fitur 4K HDR Pro

Fitur 4K HDR Pro ini memang merupakan bagian dari teknologi Digital Light Processing (DLP) yang digunakan BenQ W2700. Teknologi yang disematkan dalam sebuah chipset buatan Texas Instrument ini mampu membuat semua mata yang menyaksikan menjadi nyaman dan tidak cepat lelah.

DCI-P3 Wide Color Gamut sendiri merupakan teknologi yang mampu menyajikan 95 persen warna aslinya. Teknologi yang dihasilkan asosiasi perusahaan produksi bioskop, DCI, ini menjadi standar teknologi warna pada bioskop-bioskop karena mampu mencakup ruang warna yang lebar. Kini, teknologi ini mulai banyak digunakan di perangkat-perangkat kecil dan mobile, seperti proyektor dan bahkan smartphone. Teknologi ini diyakini akan menjadi standar baru dalam menghasilkan warna yang lebih kontras, menggantikan sRGB.

Sebagai proyektor yang mendukung 4K UHD, BenQ W2700 mampu menampikan film 4K dengan resolusi 380×2160 piksel, empat kali lebih detail dibandingkan resolusi Full HD 1080p. Resolusi dengan 8,3 juta piksel di setiap framenya ini juga dapat mengurangi efek blur pada setiap objek yang tampil. Inilah yang juga menyebabkan objek di film terlihat sangat detail.

Proyeksi BenQ W2700 yang menghasilkan 8,3 juta piksel

Satu fitur menarik lagi yang menjadi keunggulan benQ W2700 adalah CineamaMaster. Fitur ini mampu membuat konten 4K menjadi lebih mengasyikkan. Fitur CinemaMaster di BenQ W2700 ini terbagi dua, yaitu CinemaMaster Video dan CinemaMaster Audio. Untuk video, adanya 4K Enhancer membuat sudut-sudut objek dari sebuah konten film terlihat tetap tajam saat diproyeksikan, tidak blur atau pecah. Fitur ini juga dapat membuat sebuah pergerakan objek menjadi lebih smooth.

cinema master
Setting Cinema Master

Sementara CinemaMaster Audio+ 2 dari BenQ mampu menghasilkan suara yang lebih menggelegar karena mampu mendukung rentang frekuensi yang lebih luas. Saat menguji film 4K dengan adegan yang cukup seru, seperti pada Avenger Infinity War, kami bahkan cukup menggunakan sound system bawaan proyektor ini saja. Tidak menggunakan perangkat audio lainnya. Suaranya cukup kencang dengan dentuman bass yang bagus. Walau di ruangan kecil, Anda seperti menyaksikan film dengan kualitas suara seperti dalam bioskop.

Fitur CinemaMaster ini dapat diatur secara manual dari menu setting di proyektor. Selain Color Enhancer dan Pixek Enhancer, ada juga pengaturan untuk Flesh Tone dan Motion Enhancer.

Dari sisi pengaturan proyektor juga begitu mudah. Kami tidak memerlukan waktu lama untuk proses setting ini sampai ukuran proyeksi yang kami inginkan tercapai. Cukup letakkan proyektor di atas bidang datar, arahkan ke layar atau dinding berwarna putih, lalu sesuaikan zoom dan fokus. Jika hasil proyeksi masih terlihat tidak proporsional, cukup tekan tombol keystone, tampilan akan mengatur secara otomatis sehingga akan membentuk kotak persegi panjang, sesuai dengan yang kami inginkan. Keystone ini juga dapat diatur secara manual.

keystone
Auto Keystone

Untuk sumber konten pun, BenQ W2700 mendeteksinya secara otomatis. Selain dua HDMI Port, ada juga dari Media Reader dari USB port.

Proyektor juga bisa memproyeksikan konten dalam dua mode, yaitu depan dan belakang layar. Mode normal tentu saja untuk depan layar. Sementara mode belakang biasanya untuk kondisi proyektor yang tidak terlihat oleh penonton.

Semua setting ada di bagian menu dan bisa diakses dengan mudah dari remote control. Oya, remote control BenQ W2700 juga sama seperti pada proyektor BenQ lainnya. Bisa tampil dengan mode backlight. Jadi, walaupun di suasana gelap, seperti pada saat sedang menonton, fungsi-fungsi yang ada di tombol remote tetap terlihat jelas.

Spesifikasi

Proyektor BenQ W2700 4K HDR Pro ini tentunya dibekali dengan spesifikasi yang tinggi agar bisa menghasilkan proyeksi gambar atau video yang sangat detail. Selain lensa 4K yang terdiri dari 10 eleman di dalamnya, tentu saja ada bagian-bagian lain yang tidak kalah pentingnya. Berikut ini spesifikasi dari proyektor BenQ W2700 4K HDR Pro

Nama BenQ W2700 4K HDR Pro Projector
Teknologi proyektor DLP dari Texas Instrument
Resolusi 4K UHD (3840 x 2160)
Kecerahan Cahaya 2000 ANSI Lumens
Speaker Chamber Speaker 5W x 2
Contrast Ratio 30,000:1
Interface HDMI, USB Type A, USB Type Mini B, RS232, IR Receiver, Audio out 3,5mm
HDTV Compatibility 720p 50/60Hz, 1080i 50/60Hz, 1080p 24/25/30/50/60Hz, 2160p 23/24/25/30/60Hz
Dimensi 380 x 127 x 263 mm
Berat 4,2 kg
Konsumsi Daya Max 350W, Normal 340W, Eco 280W
Usia Lampu Normal 4,000 hours

Economic 10,000 hours

SmartEco 15,000 hours

Kesimpulan

Anda ingin menikmati suasana menonton seperti di bioskop? Proyektor BenQ W2700 4K HDR Pro ini bisa menjadi solusinya. Fitur 4K yang ada di dalamnya mampu membuat suasana bioskop hadir di rumah. Mulai dari gambar atau video yang sangat detail hingga kemampuan audio bawaannya yang cukup baik bisa dinikmati dengan nyaman bersama keluarga. Tentu saja, untuk hasil maksimal, persiapkan terlebih dahuli konten 4K yang akan diputar dengan proyektor ini.

Proses setting yang mudah juga menjadi salah satu keunggulan proyektor ini. Dengan demikian, konten 4K bisa cepat hadir untuk dinikmati bersama-sama. Namun, tidak hanya proses setting yang mudah. Proses deteksi sumber film juga berjalan otomatis. Jadi, secara umum Anda tinggal menyalakan proyektor dan memutar film dari pemutar 4K. Selebihnya, proyektor akan mengatur komposisi yang paling baik untuk Anda. Tentu saja, Anda sudah mengatur zoom dan fokus terlebih dahulu.

Ben

Untuk hasilnya sendiri memuaskan. Film tampil dengan detail dan pergerakan sangat halus. Di suasana gelap, fitur 4K HDR Pro sangat nyaman dinikmati. Menariknya, kondisi tidak terlalu gelap pun fitur ini bisa menampilkan detail warna yang masih jelas.

Terakhir, tampaknya proyektor BenQ W2700 4K HDR Pro ini merupakan solusi paling oke untuk menampilkan bioskop di rumah Anda. Mengapa? Tidak hanya fitur 4K saja yang membuatnya menarik, tetapi juga harganya. Di saat proyektor-proyektor lain menyuguhkan harga yang cukup spektakuler untuk kualitas 4K, mengacu dari website BenQ dan Lazada, proyektor ini dibanderol dengan harga Rp 35 juta. Jika Anda belum memiliki audio system berbasis home theatre di rumah, audio system yang ditawarkan benQ W2700 juga tidak kalah gahar.

Penasaran? Buat Anda yang ingin membawa suasana bioskop ke ruang menonton di rumah, BenQ W2700 untuk saat ini bisa didapatkan di toko resmi BenQ di Tokopedia dan Lazada. Sementara untuk informasi lengkap mengenai detail proyektor ini, bisa mengunjungi website resmi BenQ.

 

Tags: , , , , ,


COMMENTS