December 30, 2019

Berkenalan dengan Fastrac Two, Pemegang Guiness World Record sebagai Traktor Tercepat

Penulis: Muhammad R
Berkenalan dengan Fastrac Two, Pemegang Guiness World Record sebagai Traktor Tercepat  

Mobitekno – Traktor, seperti yang lazim ada di dunia ini, tidak dirancang untuk melakukan perjalanan dengan kecepatan tinggi. Unit ‘Traksi’ dirancang untuk mengangkut — menggunakan banyak torsi– benda besar dan berat. Lalu, apa jadinya bila sebuah traktor dibekali performa mesin kencang? Inilah yang terjadi pada Fastrac Two, traktor dengan performa tinggi buatan JCB.

Berbeda dari traktor pada umumnya, Fastrac dibuat dengan desain bodi lebih mengkurva dan dinamis untuk mengalirkan angin lebih baik dan meminimalkan hambatan udara, serta memaksimalkan suplai ke ruang mesin dan mendinginkan radiator.

Pasalnya mesin yang digunakan juga sangat besar, yakni JCB Dieselmax 7.200 cc, 6 silinder turbocharger. Output tenaganya sendiri mencapai 1016 dk pada 3.150 rpm, dan torsi maksimalnya mencapai 2.500 Nm. Disambung ke transmisi ZF H-Patern. Hasilnya, Fastrac mampu digeber hingga kecepatan maksimal 247 km/h.

Traktor ini dikendarai oleh Guy Martin, seorang mekanik sekaligus pembalap motor. Kecepatan yang diraihnya untuk memecahkan rekor dunia adalah 217 km/h. Torehan tersebut mematahkan rekor sebelumnya dengan 166 km/h yang dihasilkan oleh The Stig dari Top Gear. Memang tidak mencapai kecepatan maksimalnya, namun sudah melampaui rekor sebelumnya. Tes ini dilakukan pada 23 Oktober 2019 di Elvington Airfield, Inggris.

Fastrac Two sukses menempatkan diri sebagai traktor terkencang di dunia yang tercatat di Guiness World Record tahun ini. Berikut ini video yang dilansir dari kanal YouTube Autocar yang memperlihatkan desain dan performa dari Fastrac Two.

Tags: , , , ,


COMMENTS