May 3, 2017

Review D-Link DWA-192 AC1900 Wi-Fi USB Adapter: Wi-Fi Adapter Berstandar 802.11ac dengan Bentuk Unik

Penulis: Maulana
Review D-Link DWA-192 AC1900 Wi-Fi USB Adapter: Wi-Fi Adapter Berstandar 802.11ac dengan Bentuk Unik  

MOBITEKNO – Biasanya, USB Wi-Fi adapter konvensional datang dengan bentuk yang mungil seperti flash disk. Sementara untuk yang masuk dalam jajaran produk kelas premium, ukurannya akan sedikit lebih besar dan bentuknya seperti persegi panjang.

Berbeda dengan USB Wi-Fi adapter pada umumnya, D-Link DWA-192 AC1900 datang dengan bentuk bulat yang menyerupai bola sehingga tak tampak seperti sebuah penangkap sinyal Wi-Fi. Bahkan, bentuknya ini mengingatkan kita kepada “Poke Ball” dalam permainan Pokemon Go, yang berfungsi untuk menangkap monster-monster unik.

Dengan standar 802.11ac, DWA-192 AC1900 tak cuma tampil menarik, tetapi juga mampu menjangkau sinyal Wi-Fi yang berfrekuensi 5 GHz maupun 2,4 GHz. Apalgi fitur yang menarik? Berikut review selengkapnya.

Kelengkapan

D-Link DWA-192 AC1900 datang kardus berwarna hitam dan paket penjualan yang terbilang standar. Hal ini terbilang wajar mengingat pemasangan perangkat ini cukup sederhana.

Berikut paket penjualan D-Link DWA-192 AC1900 selengkapnya.

  1. Unit D-Link AC1900 Wi-Fi USB Adapter
  2. Kabel USB 3.0
  3. Installation Disc
  4. Quick Install Guide

Desain

D-Link DWA-192 AC1900 datang dengan bentuk bodi bulat. Untuk menambah kesan futuristik, sisi atas Wi-Fi adapter ini dibalut dengan warna hitam dan sisi bawahnya berwarna silver. Dengan dimensi total sekitar 8 x 8 x 7,7 cm, Anda bisa meletakkan dengan mudah karena tidak memakan banyak tempat.

Sebagai pelengkap, D-Link juga menyematkan sebuah lampu LED berwarna biru di bagian tengahnya. Lampu tersebut mengitari seluruh bodi sehingga nampak seperti lampu tidur ketika menyala di malan hari. Tak cuma mampu menambah nilai estetika produk, lampu tersebut juga berfungsi sebagai indikator status dari kondisi perangkat, apakah terkoneksi dengan jaringan atau tidak.

Jika cukup risih, Anda bisa mematikan lampu indikator pada bagian tengah dengan cara menekan sebuah tombol on/off yang terletak pada sisi belakang DWA-192 AC1900.

Selain tombol on/off, bagian belakang DWA-192 AC1900 juga dilengkapi dengan sebuah konektor MicroUSB 3.0 yang berfungsi untuk menghubungkan perangkat dengan desktop PC atau laptop.

Persis di sebelah konektor MicroUSB 3.0, terdapat tombol Wi-Fi Protected Setup (WPS). Ini cukup bermanfaat untuk menghubungkan DWA-192 AC1900 dengan router tanpa harus menginput password.

Fitur & Performa

Berbekal standar konektivitas Wi-Fi 802.11ac/n/g/a, D-Link DWA-192 AC1900 dapat beroperasi pada dua frekuensi yang berbeda, yakni 2,4 GHz dan 5 GHz. Keduanya pun beroperasi secara bersamaan sehingga bisa membantu menambah jangkauan sinyal.

Penggunaan bandwidth USB 3.0 untuk menunjang performa transmisi data dari D-Link DWA-192 AC1900 ke laptop atau desktop PC cukup terasa signifikan, terlebih ketika melakukan perpindahan data dengan ukuran yang cukup besar.

Tak cuma itu, fitur AC SmartBeam juga dapat membantu mengarahkan bandwidth secara langsung ke perangkat yang Anda gunakan sehingga transmisi sinyal Wi-Fi yang didapatkan akan lebih optimal. Alhasil, perpindahan data pun bisa dilakukan dengan lebih cepat.

Ketika Mobitekno mencoba untuk menguji memindahkan data dari laptop Dell Latitude 3350 ke sebuah PC dan sebaliknya melalui Wi-Fi 5 GHz dalam jarak dekat (10 meter) dengan menggunakan router D-Link DIR-842 kecepatannya mencapai 250 Mbps.

Spesifikasi

Bentuk yang unik dan kompak sehingga dapat diletakkan dimanapun dengan mudah, tanpa harus memiliki ruang yang luas, menjadi keunggulan perangkat ini. Dukungan jaringan ac juga membuat kinerjanya menjadi cepat. Dengan bentuk yang unik, inilah spesifikasi yang terkandung di dalamnya.

 

Interface MicroUSB 3.0
Proteksi Wi-Fi Protected Access (WPA dan WPA2)
Standar Wi-Fi 802.11 ac/n/g/a
Dukungan Sistem Operasi  Windows 10/8.1/8/7
Dimensi  8 x 8 x 7,7 cm
Bobot  295 gram

Kesimpulan

Sebagai salah satu produk Wi-Fi adapter, D-Link DWA-192 AC1900 mampu menggabungkan performa yang baik dengan desain yang unik. Hal ini terlihat dari penggunaan bodi yang bulat seperti bola namun tetap nampak elegan, terlebih dengan adanya sebuah lampu LED berwarna biru di bagian tengahnya.

Soal performa, kemampuan standar AC1900 yang dimilikinya mampu menghasilkan kinerja yang terbilang memuaskan. Ini terbukti saat diuji coba dengan cara memindahkan sebuah data melalui jaringan Wi-Fi pada frekuensi 5 GHz miliknya.

Pemindahan data dari laptop Dell Latitude 3350 ke sebuah PC dan sebaliknya dalam jarak dekat (10 meter) dengan perantara router D-Link DIR-842 kecepatannya bisa mencapai 250 Mbps. Namun angka tersebut bisa saja meningkat atau menurun, tergantung kondisi ruangan dan jaraknya karena bisa memengaruhi kekuatan transmisi sinyal Wi-Fi.

Tags: , , ,


COMMENTS