May 2, 2017

Galaxy S7 Tembus Penjualan 55 Juta Unit. Sanggupkah Galaxy S8 Melewatinya?

Penulis: Iwan RS
Galaxy S7 Tembus Penjualan 55 Juta Unit. Sanggupkah Galaxy S8 Melewatinya?  

MOBITEKNO – Dominasi Samsung di industri smartphone masih terus berlangsung hingga kini meski kompetisi pasar kian ketat dari tahun ke tahun. Banyak yang memprediksi dominasi Samsung masih terjadi tahun ini setelah raksasa elektronik Korea Selatan ini meluncurkan smartphone flagship terbarunya, Galaxy S8, secara global dunia, termasuk di Indonesia.

Seperti flagship sebelumnya, Samsung tetap ‘pede’ memasang target penjualan tinggi untuk Galaxy S8, yaitu melampui penjualan Galaxy S7. Bahkan di saat produsen Tiongkok, seperti Huawei dan Oppo menunjukkan tren peningkatan penjualan yang cukup signifikan.

Target penjualan Galaxy S8 di atas Galaxy S7 ini mungkin saja bakal tercapai meski masih perlu diketahui lebih lanjut, minimal akhir tahun tahun ini hingga awal tahun depan depan. Pasalnya, berdasarkan laporan terbaru, pendahulunya, Galaxy S7, masih terus diminati konsumen seluruh dunia dan telah mencatat rekor penjualan 55 juta unit. 

Meski sudah diperkenalkan lebih dari setahun, Samsung masih dapat menjual sekitar 7,2 juta unit Galaxy S7 dan S7 Edge sepanjang kuartal pertama 2017 ini (Januari – Maret). Setidaknya demikian menurut riset pasar yang dilakukan oleh Strategy Analytics.

Tren penjualan flagship Samsung tahun lalu yang masih relatif tinggi ini diprediksi merupakan dampak atas ditariknya phablet Galaxy Note 7 pada akhir tahun lalu. Dengan absennya Note 7 dan berlanjutnya program promo Galaxy S7 yang dilakukan Samsung secara tidak langsung membuat para konsumen (yang tidak ingin menunggu Galaxy S8) akhirnya memilih Galaxy S7.

Kondisi pasar yang tidak biasa ini (absennya seri Note 7) diperkirakan tidak akan terulang kembali tahun ini. Dengan kata lain, Galaxy S8 akan dihadapkan pada masa penjualan yang lebih singkat ketimbang pendahulunya Galaxy S7.

Rekor penjualan S8 mungkin saja akan melampui S7 mengingat beragam inovasi terbaru yang diusungnya, seperti layar jenjang ‘tanpa bezel’ Infinity Display, iris scanner, facial recognition, dan asisten digital cerdas Bixby. Pertanyaannya hanyalah, seberapa lama target penjualan Galaxy S8 bisa melampaui Galaxy S7?

 

Tags: , , , , ,


COMMENTS