June 25, 2018

Review D-Link DIR-880L: Wireless Router dengan Transfer yang Cepat

Penulis: Desmal Andi
Review D-Link DIR-880L: Wireless Router dengan Transfer yang Cepat  

Mobitekno – Internet sudah menjadi kebutuhan penting bagi banyak orang terutama yang tinggal di kota besar. Oleh sebab itu, dimanapun berada, saat ini banyak orang membutuhkan koneksi Internet agar bisa terhubung ke dunia luar untuk mencari informasi atau memenuhi kebutuhan pekerjaannya. Rumah juga menjadi area favorit untuk melakukan berbagai aktivitas Internet. Banyak orang memanfaatkan akses data di rumah, baik melalui koneksi mobile langsung atau wireless dengan menyediakan sebuah router di dalam rumah.

Khusus untuk koneksi wireless, tentu saja dibutuhkan router yang mumpuni agar koneksi tidak terhalang atau teranggu. D-Link sebagai perusahaan yang telah lama fokus di dunia jaringan menyadari hal ini. Melalui D-link AC1900, D-Link menawarkan solusi solusi untuk mengakses Intetnet di rumah dengan kecepatan yang stabill dan kencang.

Selain akses yang kencang, sebuah router juga harus memiliki desain yang baik agar bisa menyalurkan koneksi dengan lancar. Faktor keindahan pandangan juga turut membantu kenyamanan pemilik dalam meletakkan sebuah router di sudut sebuah ruangan. Ingin tahu lebih jauh tentang D-Link AC1900? Berikut ulasan Mobitekno.

 

Kelengkapan

D-Link AC1900 hadir dengan kemasan yang tidak terlalu besar. Bentuk routernya sendiri sudah tergambar jelas di bagian depan kemasannya. Selain itu beberapa fungsi dan fitur yang dimiliki D-Link AC1900 juga tertera di bagian boks, terutama di bagian samping.

Saar segel plastik dan kemasan karton dibuka, tampak router berwarna hitam ada di dalamnya. Tidak hanya unit router, perlengkapan pendukung lainnya juga ada di sekitar router daan disusun rapi. Berikut ini apa saja yang didapat dalam paket kemasannya.

  1. Unit D-Link DIR-880L AC1900 berwarna hitam
  2. Tiga Antena
  3. Kabel LAN RJ45 berwarna biru
  4. Kabel LAN RJ45 berwarna abu-abu
  5. Power Adaptor
  6. Buku garansi dan petunjuk singkat

Kelengkapan

 

Desain

Ukuran unit D-Link DIR-880L AC1900 ini tidak terlalu besar. Ukurannya hampir sama dengan router-router rumahan lainnya. Di bagian atasnya, desain permukaan di bagi dua, yaitu sepertiga untuk ventilasi udara dan selebihnya ditempati berbagi indikator dari fungsi D-Link. Warna hitam glossy memang membuat unit terlihat lebih modern. Namun, rentan terhadap goresan yang dapat mengurangi keindahan tampilan.

atas 2

Bagian samping kiri dan kanannya juga menjadi area untuk ventilasi udara. Namun, ada beberapa port penting di sini. Contohnya port USB 3.0 dan tombol WPS. Sementara di bagian bawah, D-Link mendesainnya hanya untuk lubang udara. Ukuran lubangnya cukup besar sehingga udara bisa keluar dengan lebih lancar.

bawah

 

Fitur-fitur utama ada di bagian belakang. Di sini terlihat beberapa port berjejer dari kiri ke kanan. Dimulai dengan port antena yang berjumlah tiga buah. Anda harus memasang antena ini dengan cara diputar agar unit bisa memancarkan signal Wi-Fi dengan kuat. Selanjutnya ada juga empat port 10/100/1000 Gigabit LAN10/100/1000 Gigabit LANyang bisa digunakan untuk menghubungkan perangkat seperti PC dan laptop melalui kabel jaringan. Lalu ada satu port 10/100/1000 Gigabit WAN untuk menghubungkaan perangkat ini ke modem supaya bisa mendapatkan koneksi Internet.

port

Selain USB 3.0 di bagian samping, ada juga port USB 2.0 di bagian belakang. Terakhir, Anda akan menemukan tombol reset, power, dan power input agar router ini bisa bekerja full 24 jam.

USB

Secara keseluruhan, desain D-Link DIR-880L ini cukup modern dan stylish. Dengan desain seperti  ini, router tetap enak dilihat walaupun dipasang secara standar (diletakkan di atas permukaaan) atau digantung di dinding. Bobotnyaa juga sangat ringan sehingga memudahkan saaat proses setting atau pengaturan kabel LAN.

 

Performa dan Kinerja

D-Link DIR-880L AC1900 ini memang hadir dengan kemampuan koneksi yang cepat. Harganya yang tidaak terlalu mahal juga membuat produk ini memiliki daya tarik sendiri untuk digunakan sebagai pengantar koneksi internet di rumah secara wireless.  Apalagi router ini memiliki kemampuan 2.4 GHz dan 5.0 GHz sehingga bisa mendukung koneksi yang lebih cepat, jika ada perangkat lain yang sudah memiliki fitur 5.0G.

atas

Proses pemasangan produk ini cukup mudah dan cepat. Anda tinggal menghubungkan modem dengan router ini dan memnghubungkan ke perangkat PC untuk proses setting. Selain dengan PC, Anda juga bisa menggunakan sebuah aplikasi mobile yang dapat di-install di perangkat Android. Namun tetap, untuk setting yang lebih advance, Anda harus menggunakan browser di PC. Proses setting cukup dengan mengetikkan alamat standar yaitu 192.168.0.1.

SETTING 3

Menariknya, jika Anda menggunakan setting di browser dengan mengetikkan dlinkrouter.local, antar mukanya tidak seribet setting router pada umumnya. D-Link telah merancang antar-muka aplikasi settingnya dengan lebih sederhana sehingga lebih mudah untuk dimengerti. Proses setting mulai dari penentuan band, pemilihan nama Wi-Fi, hingga memasukkan password bisa dilakukan secara urut dalam sebuah wizard.

SETTING

Dengan kemampuannya sebagai router AC1900, D-Link DIR-880L ini memiliki kecepatan hingga 1300 Mbps di band 5.0 GHz dan 600 Mbps di band 2.4 GHz. Kemampuannya dalam menghantarkan koneksi didukung pula oleh penggunaan prosesor dual core yang berkinerja baik. Kemampuan menghantarkan signal dengaan lebih stabil juga didukung dengan adanya teknologi beamforming di dalamnya.

SETTING 1

Saat diuji Mobitekno, router cukup stabil dalam memancarkaan signal Wi-Fi. Halangan satu atau dua tembok masih bisa ditembus dengan penurunan kualitas signal yang masih dianggap wajar. Signal baru berkurang saat jangkauan semakin jauh. Proses  transfer melalui band 5.0 GHZ juga mampu memindahkan file secaara cepat. Jika dibandingkan dengan 2.4 GHZ, kecepatan transfer bisa empat kali lipat. Saat proses pengujian, Mobitekno bisa mendapatkan kecepatan rata-rata sebesar 14 MB/s untuk melalui band 2.4 GHz. Sementara untuk band 5.0 GHz, dari tiga kali percobaaan, didapat kecepatan rata-rata 59 MB/s. Kecepatan ini cukup diandalkan untuk memindahkan konten besar atau digunakan untuk bermain game online yang membutuhkan kecepatan yang kencang.

Kinerja dan operasional router juga dapat dilihat dari deretan lampu indikator yang ada di bagian atas. Perhatikan saja nyala lampunya untuk melihat fitur sudah bekerja atau belum.

indikator

Hadirnya dua port USB juga membuat router ini dapat terkoneksi dengan peragkat flash disk sehingga bisa melakukan transfer data dengan cepat. Bahkan melalui aplikasi My Dlink Portal, Anda bisa melakukan penyimpanan data secara cloud.

 

Spesifikasi

Kemampuan router D-Link DIR-880L ini tentunya tidak akan bekerja baik jika tidak ditunjang dengan hardware dan fitur yang baik juga. Oleh karena itu, penting untuk diketahui, detail spesifikasi dari perangkat agar tergambar jelas apa saja kemampuannya saat beroperasi.

Berikut ini spesifikasi D-Link DIR-880L AC1900, diambil dari website resmi D-Link

Interface

802.11 a/b/g/n/ac wireless LAN

Four 10/100/1000 Gigabit LAN ports

10/100/1000 Gigabit WAN port

Two USB ports (one USB 3.0, one USB 2.0)

Antenaa

Three dual-band dipole antennas

Koneksi

IEEE 802.11ac/b/g/n/a

IEEE 802.3

IEEE 802.3u

Sistem minimum

Windows 8/7/Vista/XP SP3 / Mac OS X 10.4 or higher

Microsoft Internet Explorer 6 or higher, Firefox 1.5 or higher

Fitur Ekstra

Guest zone

mydlink SharePortTM web access

Multi-language web setup wizard

Green Ethernet

DLNA media server support

Advanced AC SmartBeam

Bridge mode

Dual active firewall

Network Address Translation (NAT)

Stateful Packet Inspection (SPI)

VPN passthrough/multi-session PPTP/L2TP/IPSec

Advanced QoS with band steering

VPN server – L2TP over IPSec

Fitur Standar

Remote Management

View current upload/download bandwidth

View currently connected clients

View web browsing history per client

Block/unblock client network access

Manage wireless network details

Accessible through a web browser or iOS or Android mobile app

Aplikasi Mobile

mydlink Lite

mydlink SharePort

QRS Mobile v1.5

Keamanan

WPA & WPA2 (Wi-Fi Protected Access)

Wi-Fi Protected Setup (WPS) PIN/PBC

Kesimpulan

kesimpulan

D-Link DIR-880L dapat dijadikan router andalan di rumah maupun di kantor kecil karena memiliki proses transfer yang cepat. Bobotnya yang ringan dan desainnya yang minimalis tetapi modern juga membuat perangkat router ini tetap tampil indah walaupun dipasang dalam kondisi standar maupun digantung di dinding.

Fiturnya cukup banyak dan memiliki dua band yaiitu 2.4 GHz dan 5.0 GHz. Dengan demikian, router dapat melakukan proses transfer cepat, hal yang dibutuhkan untuk konten-konten dengan ukuran besar sehingga tidak memakan waktu terlalu lama.

Kemampuannya masih ditunjang dengan aplikasi setting yang mudah. Antar-muka menu setting untuk router ini mudah dimengerti. Dengan sebuaah wizard, D-Link DIR-880L bisa dipasang dengan cepat dan langsung mengaantarkan signal Wi-Fi ke perangkat yang membutuhkan. Adanya dua port USB juga mempermudah proses transfer data dengaan cepat dari sebuah flash disk atau storage ber-USB ke perangkat lain atau cloud. Secara keseluruhan, baik model, desain, dan kinera D-Link DIR-880L AC 1900 ini memuaskan bagi penguji.

Tags: , , , , , , ,


COMMENTS