March 21, 2022

Review D-Link DWR-M920 N300 4G LTE, Lebih Fleksibel Karena Mendukung Jaringan 4G

Penulis: Desmal Andi
Review D-Link DWR-M920 N300 4G LTE, Lebih Fleksibel Karena Mendukung Jaringan 4G  

Mobitekno – Kini router sudah menjadi perangkat yang biasa dilihat dalam rumah. Apalagi dalam dua tahun belakangan ini, dimana banyak orang yang sudah menganggap bekerja dari rumah (Work From Home) menjadi gaya hidup baru. Pandemi Covid-19, awalnya terlihat membuat aktivitas orang banyak dibatasi. Masyarakat dan pelajar diminta untuk melakukan aktivitasnya dari rumah. Namun, kebiasaan ini justru menimbulkan tren baru. Tidak hanya masa pandemi, tetapi juga sepertinya akan berlangsung pasca pandemi.

Nah, bekerja dari rumah dengan sistem kerja kolaborasi dengan rekan kerja di tempat lain nya tentu saja membutuhkan jaringan internet yang memadai. Jika jaringan internet yang bagus sudah didapat, tentunya dibutuhkan juga perangkat router yang bisa mendukung jaringan tersebut tersebar luas di rumah Anda. Hal ini tentunya dapat membuat kenyamanan dalam bekerja.

D-Link sebagai perusahaan yang sudah dikenal lama menyediakan berbagai perangkat pendukung jaringan, tentunya mendukung tren baru masyarakat ini untuk bekerja dari rumah. Melalui perangkat router D-Link DWR-M920 N300 4G LTE, D-Link menghadirkan sebuah router yang dapat membantu pengguna yang masih kesulitan dengan jaringan internet berlangganan di area rumahnya. Hal ini karena perangkat router ini mendukung jaringan 4G LTE dari operator internet di Indonesia. Jadi, wireless router ini . Tidak hanya dapat mendukung jaringan internet berlangganan yang terpasang di rumah, tetapi juga bersifat mobile. Hal ini karena dukungan 4G LTE. Jadi, router ini bisa dibawa-bawa kemanapun untuk mengoptimalkan jaringan seluler, terutama untuk mendukung pekerjaan Anda.

Kelengkapan

Sama seperti paket-paket router lainnya, terutama keluaran D-Link, router ini hadir dengan paket kemasan agak besar. Hal ini karena desain router yang memiliki empat antenna cukup memakan tempat di dalam boks. Untuk lebih lengkapnya, berikut ini isi kemasannya:

  1.       Router D-Link DWR-M920 N300 4G LTE berwarna hitam
  2.       Kabel power dengan adapter yang sudah menyatu.
  3.       Kabel jaringan RJ-45.
  4.       Adapter SIM Card jika menggunakan jaringan seluler.
  5.       Buku petunjuk singkat dan kartu garansi.’
Kelengkapan

Desain

Saat diangkat dari kotak kemasannya, perangkat ini memiliki bobot yang begitu ringan. Bobotnya hanya sekitar 322 gram saja. Desainnya juga terlihat cukup kompak, tidak terlalu besar, sehingga dapat ditempatkan dengan lebih bebas di atas permukaan apapun. Dimensinya 192 x 118 x 31mm. Empat buah antena dalam kondisi ditekuk pada saat di dalam kemasan. Antenna ini kemudian diposisikan berdiri agar bisa menyebarkan sinyal jaringan internet dengan lebih optimal.

Berbahan plastik dengan permukaan dibuat doff, membuat perangkat ini menjadi lebih nyaman dipegang. Jenis permukaan seperti ini pun tidak membuat perangkat cepat kotor alias bisa dibilang bebas jejak debu dan sidik jari. Ini berbeda dengan permukaan jenis glossy yang sangat rentan dengan jejak sidik jari sehingga harus sering dibersihkan.

Permukaan atas dengan berbagai indikator fungsi

Di bagian atas didesain dengan permukaan yang tidak 100 persen rata. Bagian depan agak sedikit menurun dengan 10 lampu indikator berjejer di atasnya. Indikator-indikator ini mewakili beberapa fungsi yang sedang aktif saat router dinyalakan, seperti power on, kondisi jaringan, kekuatan signal, hingga deteksi sinyal seluler yang didapat dari kartu SIM. Logo D-Link sendiri terlihat di bagian atas kanan permukaan.

Beralih ke bagian bawah. Semua permukaan dikondisikan untuk ventilasi udara saat router sedang bekerja. Terdapat dua lubang di bagian ini yang berguna jika router ingin dipasang dengan cara menempel di tembok, bukan diletakkan di atas sebuah permukaan rata. Informasi singkat mengenai identitas router juga ditempel di bagian bawah ini.

Ventilasi udara tidak hanya mendominasi bagian bawah router saja, tetapi juga di sisi kiri dan kanan. Desain seperti ini tentunya dapat membuat kinerja router menjadi lebih optimal karena pembuangan panas bisa dilakukan dengan lebih baik.

Lubang ventilasi udara cukup banyak, di bawah dan samping kiri kanan

Kini beralih ke bagian belakang, Di sinilah berbagai port disediakan D-Link agar kinerja router bisa optimal. Jejeran port dan tombol fungsi ada di bagian ini. Mulai dari paling kiri yaitu tombol power on/off. Berlanjut ke kanan dengan port untuk koneksi kabel power, tombol WPS, reset, port untuk kartu SIM, dan empat port untuk kabel RJ-45 berwarna kuning. Untuk port SIM, Anda haus menggunakan tray tambahan agar SIM Card bisa terpasang dengan baik. Dalam kemasannya, D-Link menyediakan dua SIM Tray untuk kebutuhan ini.

Berbagai port di bagian belakang

Selanjutnya, empat antenna menempel dengan posisi dua antenna di bagian belakang, dan dua lagi di sisi kiri dan kanan. Antenna ini sudah didesain menyatu dengan bodi perangkat. Anda tinggal mengatur posisinya, dengan cara memutarnya dan menghadapkannya ke atas, atau sesuai keinginan Anda sendiri. Empat antenna ini terbagi menjadi dua antena untuk kebutuhan penangkapan sinyal 4G LTE, dan dua lagi untuk Wi-Fi.

Empat antena untukmenangkap sinyal 4G dan menyebarkan Wi-Fi

Fungsi dan kinerja

Seperti biasa, sebelum digunakan untuk menyebarkan jaringan internet di rumah atau secara mobile, Anda harus mengaturnya terlebih dahulu. Di sini, D-Link cukup fleksibel dalam menyediakan opsi pengaturan router. Cukup dengan menggunakan wizard, setting standar bisa dilakukan dengan mudah sampai router menyala dan siap digunakan untuk kebutuhan jaringan internet di rumah. Namun, jika ingin pengaturan yang lebih dalam, fungsi Settings bisa Anda pilih. Di sana terdapat banyak sekali pengaturan  yang lebih detail, seperti pembatasan akses hingga pengaturan perangkat yang terhubung.

Ikut wizard untuk pengaturan yang lebih mudah

Untuk proses awalnya, cukup sambungkan kabel RJ-45 yang sudah disiapkan dari router ke perangkat PC atau laptop. Selanjutnya cukup mengetikkan alamat standar router di dalam browser, Anda bisa terhubung ke perangkat ini. Masukjan username dan password yang sudah disediakan dalam paketnya. Anda bisa mengganti password ini nantinya di dalam menu setting.

Opsi di menu Settings

Namun, untuk menggunakan kartu SIM sebagai sumber internet, pastikan paket data sudah terpasang atau teregistrasi dalam kartu tersebut. Jika kartu SIM Anda sudah berjenis nano, gunakan adapter yang sudah disediakan dalam paket penjualannya. Namun, jika kartu SIM digunakan dalam keadaan baru, masukkan saja kartu SIM tersebut ke dalam slot SIM di router.

Di dalam menu setting ini, D-Link Menyediakan berbagai mode untuk penggunaan router. Selain menyediakan mode wireless untuk koneksi internet di rumah dengan menggunakan jaringan seluler, perangkat juga bisa diposisikan sebagai gateway untuk jaringan internet kabel, atau bisa juga diposisikan sebagai access point untuk mendukung router utama yang sudah ada sebelumnya.

TIga mode penggunaan router

Untuk kinerjanya, sesuai dengan spesifikasi yang tertera di dalam boks, D-Link DWR-M920 N300 4G LTE dapat mendukung kecepatan akses hingga 150 Mbps untuk download dan 50 Mbps untuk upload.

Seperti router-router D-Link lainnya yang sempat diuji Mobitekno, router ini juga memiliki banyak fungsi di dalamnya. Walau hanya bekerja di jaringan Wi-Fi 2.4G, tetapio router ini mendukung VPN. Jadi, cukup memasukkan data VPN yang Anda miliki, koneksi di dalam rumah bisa lebih bebas dan luas menjangkau berbagai website di dunia.

Fitur pada router

Sementara untuk fiturnya sendiri, D-Link menyediakan fitur Firewall untuk keamanan koneksi, Port Forwarding, filter URL untuk memblok beberapa alamat website tertentu, route, hingga Dynamic DNS. Secara keseluruhan, penggunaan router ini cukup mudah. Bahkan dengan setting standarnya pun, router sudah bisa menghantarkan sinyal Wi-Fi yang baik dari kartu SIM Anda.

Spesifikasi

Berikut spesifikasi D-Link DWR-M920 N300 4G LTE

Dukungan frekuensi • WCDMA: B1/8

• FDD LTE: B1/3/7/8/20/28

• TDD 38,40,41

Interface •  1x 10/100 Fast Ethernet WAN port

•  3x 10/100 Fast Ethernet LAN ports

•  1x Reset button

•  1 x WPS button

•  1 x Power jack

• 2 x 3dBi external LTE antennas

• 2 x 3dBi external 2.4G antennas

• 1x WPS button

• 1 x Power switch

• 1x LTE Interface

Data Rates 2.4GHz up to 300Mbps
Jaringan 802.11b/g/n
Dimensi dan bobot 192x 118x 31 mm (W x D x H) dan 322gram
Fitur • WAN fail over

• Port forwarding

• IPsec VPN pass through

• QoS Flow Control

• TR-069 remote management

• DMZ

• IGMP proxy and MLD for IPTV

• DHCP server, DHCP client

• URL, IP, MAC filter

• Virtual server

• DDNS

• IPv6

• Denial of Service (DoS) protection

• Embedded AP with 4 SSIDs

• Wireless WDS

• Wireless client mode

Power • Input: 100 ~ 240 V    •  Output: 12 V / 1A
Warna Hitam

 

 Kesimpulan

D-Link DWR-M920 N300 4G LTE bisa menjadi pilihan alternatif jika masih jarang tersedia jaringan internet kabel di rumah Anda. Hal ini karena dukungan 4G LTE yang ada di dalamnya membuat perangkat ini bisa menggunakan SIM Card dari operator-operator GSM yang ada di Indonesia. Jadi, Anda tinggal memilih operator mana yang paling kencang di rumah Anda. Selanjutnya, masukkan SIM Card tersebut ke dalam router. Dan, semua keluarga pun bisa menikmati internet di dalam rumah dengan nyaman.

Router alternatif yang dukung jaringan 4G LTE

Karena mendukung 4G LTE, jadi ada keuntungan ekstra dari router ini. Keuntungan tersebut adalah, router bisa digunakan dimanapun, dengan syarat jaringan SIM Card Anda di dalam covering area operator. Jadi, saat Anda pergi refreshing bersama keluarga pun, router masih bisa dibawa dan ditempatkan di tempat tujuan untuk mengakses internet.

Router D-Link DWR-M920 N300 4G LTE juga memiliki fungsi yang terbilang lengkap. Jadi, dari sisi keamanan pun sudah dapat berjalan baik. Selain ada firewall, juga disediakan fungsi blacklist untuk URL yang tidak dikehendaki. Bahkan, router ini juga mendukung VPN. Jadi, Anda tidak perlu lagi memasang VPN di setiap perangkat mobile. Cukup tempatkan di router ini saja, semua perangkat mobile bisa mengakses konten lebih leluasa. 

 

Tags: , , ,


COMMENTS