June 7, 2017

Review D-Link DIR-885L Wireless AC3150: Router Kelas Atas dengan Prosesor Dual Core 1,4 GHz

Penulis: Maulana
Review D-Link DIR-885L Wireless AC3150: Router Kelas Atas dengan Prosesor Dual Core 1,4 GHz  

MOBITEKNO – Router biasa-biasa saja mungkin masih bisa mencukupi kebutuhan pengguna dasar yang tak begitu banyak menghabiskan bandwidth saat terkoneksi dengan internet. Namun bagi sebagian pengguna yang sering menonton film berkualitas tinggi dan bermain game berat berbasis online, biasanya membutuhkan router kelas atas.

Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, D-Link merancang router DIR-885L dengan standar konektivitas wireless yang cukup tinggi, yakni AC3150 yang sudah memanfaatkan frekuensi 5 GHz sehingga lebih tahan terhadap interferensi sinyal.

Tak cuma itu, agar transmisi data yang dikirimkan maupun yang diterima bisa diproses dengan cepat, D-Link menyematkan sebuah prosesor dual-core dengan kecepatan 1,4 GHz. Apa lagi fitur yang menarik dari router rumahan yang satu ini? Berikut review D-Link DIR-885L Wireless AC1350 selengkapnya.

Kelengkapan

D-Link DIR-885L Wireless AC1350 datang dimensi kardus yang cukup besar. Seperti router konsumer kebanyakan, tak banyak paket penjualan yang disertakan olehnya.

Berikut paket penjualan D-Link DIR-885L Wireless AC1350 selengkapnya.

  1. Unit D-Link DIR-885L Wireless AC1350
  2. Kabel Ethernet
  3. Power Adapter
  4. D-Link Configuration Card
  5. Warranty & Safety Information
  6. Quick Install Guide

Desain

D-Link DIR-885L Wireless AC1350 datang dengan bodi berwarna merah dengan cat glossy. Meski terlihat garang, penggunaan cat glossy membuatnya mudah kotor, bahkan sidik jari Anda pun bisa tercetak ketika memegangnya. Dengan total bobot 698 gram dan dimensi 289,29 x 191,05 x 74,47 mm, router ini terlihat begitu bongsor.

Bodi bagian atasnya terlihat mulus tanpa adanya lubang udara. Namun untuk membuang panas yang dihasilkan saat router bekerja, D-Link sengaja merancang bagian belakang dan bawahnya dengan desain yang berlubang-lubang. Pada router ini, ventilasi udara yang baik sangat diperlukan mengingat prosesor dual-core yang digunakannya menghasilkan suhu yang lebih tinggi ketimbang router kelas menengah.

Agar bisa memancarkan sinyal Wi-Fi dengan optimal, router ini dibekali dengan empat buah antena eksternal. Dua di antaranya berada di sisi depan, sementara sisanya ada di sisi belakang. Masing-masing posisi dari antena tersebut bisa diputar sesuai dengan keinginan. Jika ingin melakukan kostumisasi, pengguna juga dapat mencopot dan menggunakan antena lain yang kompatibel.

17860a84cd

Sisi belakang D-Link DIR-885L dilengkapi dengan lima buah port RJ-45, empat di antaranya untuk LAN sedangkan sisanya untuk koneksi WAN atau yang biasa digunakan untuk mendapatkan koneksi internet. Tak cuma itu, router ini pun memiliki sebuah port USB 3.0 yang bisa digunakan untuk menghubungkan modem USB, printer, harddisk eksternal atau flashdisk.

178584a696

Ada satu hal yang unik, yaitu hadirnya sebuah switch pada sisi belakang yang berfungsi untuk mengganti mode pengoperasian dari router ke switch atau sebaliknya. Padahal, hampir seluruh router yang ada saat ini menyediakan fitur yang sama dalam bentuk virtual sehingga untuk mengganti mode pengoperasian tersebut bisa dilakukan melalui control panelnya.

Selain memiliki tombol power, sisi belakang router D-Link DIR-885L juga dilengkapi dengan tombol reset dan WPS. Tombol reset berfungsi untuk mengembalikan konfigurasi ke posisi awal, sementara WPS bisa digunakan untuk mengoneksikan perangkat wireless tanpa menggunakan password.

1787f89768

Fitur

Sebagai salah satu router konsumer kelas atas, D-Link DIR-885L memiliki fitur yang sangat lengkap. Tak cuma itu, control panelnya pun memiliki tampilan yang terbilang sangat user friendly sehingga bisa dipahami dengan mudah oleh orang awam sekalipun.

Pada saat pertama kali digunakan, pengguna hanya perlu mengoneksikan router dengan perangkat end device seperti laptop, PC, atau smartphone. Setelah itu, akan muncul setup wizard yang memandu pengguna untuk bisa terhubung dengan koneksi internet. Dengan adanya DNS router lokal beralamat http://dlinkrouter.local, pengguna tidak perlu pusing untuk menghafal IP address dari router, cukup dengan mengetikkan alamat tersebut pada browser agar bisa mengakses control panel.

1777706df6

Pada dashboard halaman Home juga terlihat apakah konfigurasi koneksi internet yang dilakukan sudah berhasil atau belum. Selain itu, di halaman yang sama juga terpampang informasi mengenai status dan alamat IP dari router. Begitu pun informasi konektivitas Wi-Fi yang sedang aktif.

1778f44cb1

Jika ingin melakukan lebih banyak lagi konfigurasi, terdapat menu Settings yang memiliki beberapa sub menu, seperti Wizard, Internet, Wireless, Network, dan SharePort. Melalui sub menu Internet, pengguna bisa memilih jalur internet apa yang digunakan oleh ISP.

17798c43da

Sementara pada sub menu Wireless, Anda bisa mengubah nama akses Wi-Fi (SSID) dan password baik untuk frekuensi 2,4 GHz dan 5 GHz. Tak cuma itu, akses Guest juga bisa dibuat pada sub menu Wireless. Ini cukup bermanfaat jika ada tamu yang sedang bermain ke rumah agar bisa terkoneksi dengan internet namun tidak mengganggu pengguna lainnya.

1780d53e2a

Sebagai salah satu router multimedia, D-Link DIR-885L juga dilengkapi dengan fitur SharePort yang terintegrasi dengan port USB yang terdapat pada router. Fitur ini dapat mengizinkan router untuk memberikan akses kepada pengguna jaringan yang sama sehingga dapat mengakses file multimedia yang ada di dalam media penyimpanan eksternal.

1781478d86

Beralih ke menu Features, ada beberapa konfigurasi lainnya seperti QoS Engine, Firewall, Port Forwarding, Website Filter, Static Route, dan Dynamic DNS. QoS Engine sendiri berfungsi untuk mengatur prioritas akses internet dari masing-masing client yang terkoneksi.

1782d49c43

Bagi yang ingin melakukan pembatasan akses terhadap beberapa website, pengguna hanya perlu mendaftarkannya pada sub menu Website Filter. Sementara untuk pembatasan akses berbagai aplikasi dan lain-lain, bisa dilakukan pada sub menu Firewall.

1783da2e87

Spesifikasi

Dengan kemampuan yang sudah disebutkan sebelumnya, D-Link DIR-885L tentunya dilengkapi dengan spesifikasi yang baik. Spesifikasi menjadi salah satu bagian penting, selain desain dan fitur yang menjadi pertimbangan banyak orang untuk menggunakan perangkat ini. Inilah spesifikasi dari router D-Link DIR-885L:

 

 

Interface 4 x Gigabit Ethernet LAN, 1 x Gigabit Ethernet WAN, 2 x WLAN, 1 x USB 3.0
Proteksi Wi-Fi Protected Access (WPA dan WPA2)
Standar Wi-Fi 802.11 ac/n/g/b/a
Jumlah Antena 4 Eksternal
Kekuatan Antena 5 dBi
Frekuensi Operasi 2,4 GHz dan 5 GHz
Lampu Indikator LED Power, Internet, WLAN, LAN, WPS, USB
Dimensi 289,29 x 191,05 x 74,47 mm
Bobot 698 gram

Kesimpulan

Dengan bodi berdimensi 289,29 x 191,05 x 74,47 mm dan bobot 698 gram, router ini nampak besar sehingga pengguna harus menyiapkan sedikit ruang yang agak lega untuk meletakkannya. Walaupun memiliki banyak lubang udara, dengan dibekali prosesor dual-core yang cukup bertenaga, pengguna harus meletakkannya di tempat yang sirkulasi udaranya cukup baik.

Meski tak menggunakan antena 9 dBi, sinyal yang ditransmisikan melalui empat buah antena 5 dBi yang dimilikinya terbilang cukup mumpuni untuk menjangkau seluruh ruangan pada rumah dua lantai. Hal tersebut juga didukung oleh penggunaan standar Wi-Fi AC1350 dan frekuensi 5 GHz. Dengan begitu, walaupun tidak mendapatkan sinyal yang penuh, data bisa ditransmisikan dengan cepat.

Kombinasi antara penggunaan standar Wi-Fi AC1350, frekuensi 5 GHz dan prosesor dual-core membuatnya router ini sanggup menjalankan berbagai aktivitas yang berat walaupun sedang diakses oleh banyak pengguna secara bersamaan, seperti saat bermain game online, streaming video 4K, streaming musik, dan lain-lain.

Tags: , , ,


COMMENTS