February 29, 2024

EDGE2, Fasilitas Pusat Data Berkapasitas 23 MW di Pusat Jakarta, Siap Dukung Kemajuan AI

Penulis: Rizki R
EDGE2, Fasilitas Pusat Data Berkapasitas 23 MW di Pusat Jakarta, Siap Dukung Kemajuan AI  

Mobitekno – PT Ekagrata Data Gemilang (EDGE DC), penyedia pusat data terkemuka di Indonesia, meresmikan peluncuran fasilitas terbarunya di pusat kota Jakarta yang dikenal dengan nama EDGE2. Dibangun dengan teknologi canggih untuk memenuhi kebutuhan hyperscale dan Artificial Intelligence (AI), EDGE2 menetapkan standar baru dalam konektivitas dan keberlanjutan di pusat data.

Terletak di Jalan Kuningan Mulia, Jakarta Selatan, bangunan ini menjadi pusat data terbesar di metropolitan ini dengan total IT Load 23 MW dan lebih dari 3.400 rak. Fasilitas ini menawarkan skalabilitas dan opsi konektivitas yang tak tertandingi, dengan akses ke lebih dari 50+ operator jaringan dan beberapa Internet Exchange, serta 4 titik masuk fiber untuk mendukung interkonektivitas dan redundansi.

Jonathan Chou, Chief Product Officer Digital Edge, menyoroti antusiasme perusahaan terhadap pertumbuhan di Indonesia dan peran EDGE2 dalam memperluas kehadiran mereka di Asia Tenggara.

EDGE2

“Dengan desainnya yang inovatif dan sangat hemat energi, kami yakin EDGE2 siap untuk menangkap gelombang peningkatan permintaan terhadap AI yang membutuhkan daya besar dan penerapan hyperscale yang terus membentuk lanskap infrastruktur digital di Asia,” ungkap Jonathan dalam sambutannya di Jakarta, Rabu (28/2).

Bangunan ini memiliki total 15 lantai, 6 lantai dialokasikan untuk infrastruktur hyperscale, sementara 4 lantai lainnya disediakan untuk pelanggan retail.

EDGE2: Solusi Energi Terbarukan dan Ramah Lingkungan

EDGE2

EDGE2 menggabungkan kapasitas pusat data yang kuat dengan solusi energi terbarukan dan fitur-fitur ramah lingkungan. Kantor pusat data ini dilengkapi Dual Power Source PLN Platinum dan teknologi pendingin inovatif, EDGE2 mencapai Power Usage Effectiveness (PUE) terdepan di pasar sebesar 1,24.

Angka 1,24 ini memiliki arti bahwa semakin kecil nilainya maka semakin hemat energi. Ini menjadikan sebuah pencapaian luar biasa yang memungkinkan penyedia layanan untuk mengoperasikan infrastruktur mereka dengan lebih hemat listrik.

EDGE2

IMG 20240228 223145

Tidak hanya itu, data center ini dilengkapi dengan pipa high-density polyethylene (HDPE) yang tahan korosi, sehingga memastikan keberlangsungan operasional yang stabil hingga 50 tahun ke depan. Permintaan akan layanan cloud computing terus meningkat, terutama dari sektor keuangan, teknologi, dan industri jasa keuangan di mana kecepatan dan kehandalan infrastruktur menjadi kunci untuk menjaga daya saing.

Koneksi antara data center dan cloud computing semakin erat, dengan pertumbuhan cloud yang sangat pesat dalam beberapa tahun terakhir. Banyak startup dan SME mengandalkan platform cloud untuk menjalankan bisnis mereka, sehingga membutuhkan infrastruktur data center yang handal dan efisien untuk mendukung operasi mereka. Dengan kehadiran EDGE2, diharapkan dapat memenuhi kebutuhan akan layanan cloud computing yang semakin meningkat di pasar Indonesia.

Peluncuran EDGE2 juga merupakan bagian dari visi Indonet untuk menjadi penyedia layanan infrastruktur digital yang terpercaya. Fasilitas ini menegaskan komitmen perusahaan untuk meningkatkan kualitas layanan dan memastikan para pelaku usaha mendapatkan konektivitas dan keandalan yang tak tertandingi.

Turut hadir dalam peresmian gedung, Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Semuel Abrijani Pangerapan  mengucapkan selamat dan apresiasi kepada EDGE DC yang telah meresmikan EDGE2 sebagai bagian dari ekosistem pusat data di Indonesia.

“Terus tingkatkan inovasi demi menghadirkan layanan pusat data yang makin andal, aman, dan mendukung pembangunan yang berkelanjutan,” ucapnya.

Sementara itu, Stephanus Oscar, CEO EDGE DC, menyimpulkan bahwa pencapaian EDGE2 mencerminkan komitmen perusahaan terhadap keunggulan dan inovasi dalam lanskap infrastruktur digital di Indonesia. Dengan standar yang tinggi dalam keamanan, keandalan, dan skalabilitas, EDGE2 menjadikan EDGE DC sebagai pemimpin di industri pusat data. Dengan peluncuran EDGE2, Indonesia semakin memperkuat infrastruktur digitalnya dan siap untuk menghadapi tantangan dan peluang di era digital yang semakin berkembang.

Tags: , , , , , ,


COMMENTS