February 1, 2024

Singtel Gandeng NVIDIA Hadirkan Era Baru AI untuk Bisnis di Asia Tenggara

Penulis: Rizki R
Singtel Gandeng NVIDIA Hadirkan Era Baru AI untuk Bisnis di Asia Tenggara  

Mobitekno – Singtel, perusahaan komunikasi terkemuka di Singapura, bersiap untuk menerapkan keunggulan teknologi AI melalui kemitraan strategis dengan NVIDIA. Pusat data hemat energi yang sedang dibangun dengan GPU arsitektur NVIDIA Hopper akan mempercepat layanan AI di Asia Tenggara. Hal ini akan membuka era baru untuk bisnis di kawasan tersebut.

Singtel membangun pusat data yang akan berfungsi sebagai pabrik AI nasional, memproses data swasta dari berbagai entitas seperti perusahaan, startup, universitas, dan pemerintah. Layanan AI pertamanya di Singapura dijadwalkan diluncurkan akhir tahun ini, dengan pusat data masa depan di Indonesia dan Thailand.

Singtel, AI Generatif, dan Kecerdasan Manusia

Red Hat Partner Illustration

Inisiatif Singtel mendukung strategi AI nasional Singapura, menghadirkan model bahasa yang disesuaikan dengan dialek, budaya, dan praktik lokal. Pusat data baru ini ditenagai oleh GPU arsitektur NVIDIA Hopper, menciptakan mesin AI generatif yang tepercaya. AI generatif menjadi teknologi terkemuka yang meningkatkan kecerdasan dan produktivitas manusia.

Penyediaan layanan Singapura ini mengambil langkah hijau dengan pusat data terbarunya, memperhatikan keberlanjutan dalam pemilihan material dan penggunaan pendingin cair. Dengan PUE kurang dari 1,3, mereka menjunjung tinggi efisiensi pusat data. Platform perangkat lunak Paragon akan mengelola aplikasi AI bersama layanan seluler dan broadband, mendukung layanan komputasi edge seperti robot dan sistem otonom.

Sebagai Mitra Cloud NVIDIA, perusahaan telekomunikasi ini akan menyediakan layanan AI yang dioptimalkan pada platform NVIDIA. Dengan pengalaman langsung dalam layanan edge dan demonstrasi avatar digital melalui jaringan 5G, Singtel memastikan pelanggan mendapatkan layanan terdepan yang dioptimalkan untuk kinerja AI.

Red Hat

Peran Baru AI di Telekomunikasi

Singtel

Singtel menjadi pelopor di Asia Tenggara dengan mengerahkan pabrik AI, menyajikan layanan AI generatif dengan kedaulatan data. Era baru AI untuk bisnis di Asia Tenggara segera dimulai, membuka peluang baru untuk inovasi dan pertumbuhan ekonomi.

Singtel dan NVIDIA akan berbicara lebih lanjut tentang transformasi ini di NVIDIA GTC, konferensi AI global pada 18-21 Maret. CEO NVIDIA Jensen Huang, bakal menggali potensi AI yang revolusioner di dunia bisnis.

Tags: , , , , , ,


COMMENTS