April 22, 2024

MODENA Energy Siap Dukung Pemanfanfaatan EBT. Incar Sektor Energi Surya di Indonesia

Penulis: Iwan RS
MODENA Energy Siap Dukung Pemanfanfaatan EBT. Incar Sektor Energi Surya di Indonesia  

Mobitekno – MODENA Group, salah satu pionir terdepan home appliances di Indonesia, dengan bangga mengumumkan peluncuran MODENA Energy, sebuah lini bisnis yang bertujuan untuk menciptakan solusi mengenai energi terbarukan.

Dengan komitmen menyediakan solusi revolusioner dalam sektor energy provider, MODENA Energy siap menjadi mitra yang kuat bagi program-program pemerintah dalam mendorong penggunaan energi terbarukan, serta membangun masa depan yang lebih berkelanjutan bagi Indonesia.

Modena 01

Gian N Pratama selaku MODENA Energy Vice President menjelaskan bahwa “MODENA Energy hadir sebagai bagian dari komitmen MODENA Group untuk keberlanjutan, yang menjadi salah satu pilar nilai perusahaan.

“Kami percaya bahwa tanggung jawab untuk menjaga lingkungan adalah salah satu tujuan dari bisnis kami,” tambahnya.

Selain itu, MODENA telah dan akan terus mengambil inisiatif lain dalam mendukung keberlanjutan, termasuk langkah-langkah untuk mengurangi jejak karbon dan peningkatan efisiensi energi di seluruh operasi kami. Hadirnya MODENA Energy juga melengkapi keseluruhan home ecosystem yang dimiliki MODENA sebagai produk teknologi energi yang ramah lingkungan bagi masyarakat.

Andalkan energi surya dalam transisi energi di Indonesia

Pemerintah Indonesia telah menargetkan melakukan pemanfaatan energi surya, yang ditetapkan mencapai 4,680 MW pada tahun 2030. Target ini tercantum dalam Rencana Umum Energi Nasional (RENAS) 2021-2030 yang diterbitkan oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (KESDM).

Target ini merupakan bagian dari upaya Indonesia untuk meningkatkan bauran energi terbarukan dan mengurangi emisi gas rumah kaca. Energi surya merupakan sumber energi terbarukan yang berlimpah di Indonesia, dengan potensi mencapai 3.400 GW menurut KESDM.

Untuk mencapai target ini, pemerintah telah meluncurkan berbagai program dan kebijakan, seperti Pemberian insentif fiskal untuk pemasangan panel surya atap, pengembangan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) skala besar, dan edukasi dan kesadaran masyarakat tentang manfaat energi surya.

solar panel roof top 02

Pemerintah juga mendorong partisipasi sektor swasta dalam pengembangan energi surya. Hal ini diharapkan dapat mempercepat pencapaian target 4.680 MW pada tahun 2030. Selain MODENA Energy, beberapa perusahaan yang telah berinvestasi dalam energi surya di Indonesia antara lain Sunhare Group, PT. Surya Energi Indopratama, dan PT. Pembangkit Listrik Tenaga Surya Nusantara.

Gian N Pratama selaku MODENA Energy Vice President menjelaskan, “MODENA Energy berkomitmen untuk mendukung visi pemerintah dalam mendorong adopsi energi terbarukan di Indonesia. Melalui produk Solar dan Baterai, kami berusaha membentuk lanskap energi yang lebih berkelanjutan.”

Fabby Tumiwa, Ketua Umum Asosiasi Energi Surya Indonesia (AESI) dalam sambutannya menyatakan bahwa potensi energi surya di Indonesia menurut KESDM mencapai 3400 GW, tetapi berdasarkan kajian IESR, potensinya 2 kali lebih besar dari pada itu. Energi Surya dapat menjadi tulang punggung transisi energi di Indonesia karena teknologinya yang modular, dapat diaplikasikan di berbagai permukaan, pembangunannya cepat, dan harga listrik yang sangat kompetitif dan terus turun.

“Oleh karenanya, pemerintah harus mengoptimalkan potensi ini dengan cara melibatkan partisipasi masyarakat/konsumen listrik untuk memasang PLTS, khususnya PLTS Atap ” jelas Fabby Tumiwa.

Dengan adanya kesenjangan yang cukup timpang antara potensi yang besar dari energi surya dan pemanfaatannya yang masih terbatas, MODENA Energy bertekad untuk terus menjadi pionir dalam mempercepat adopsi energi terbarukan di Indonesia.

“Kami yakin bahwa melalui upaya kolektif, kami dapat menciptakan perubahan yang signifikan dalam menjaga lingkungan dan mendorong kemajuan menuju masa depan yang lebih bersih dan berkelanjutan bagi generasi mendatang.” tambah Gian.

Modena solar pad 02

MODENA Energy tidak hanya fokus pada penggunaan rumah tangga, tetapi juga menyediakan solusi untuk kebutuhan komersial dengan Solar Pad System yang tersedia mulai dari 1100 watt peak untuk residensial dan 300 kWp untuk komersial.

Selain mendukung program pemerintah dalam transisi energi, MODENA Energy juga berkomitmen untuk mendukung sektor swasta yang berfokus pada energi terbarukan, memungkinkan perusahaan-perusahaan untuk mengadopsi teknologi ramah lingkungan seperti Solar Pad dan Power Pad dalam operasional mereka, baik di pabrik, kantor, maupun fasilitas lainnya.

“Dengan menyediakan akses terhadap solusi energi terbarukan yang efisien, kami bertujuan untuk mempercepat adopsi energi hijau dalam berbagai sektor industri, serta memberikan kontribusi positif bagi upaya perlindungan lingkungan dan pembangunan masa depan yang lebih berkelanjutan” pungkas Gian.

Tags: , , , , , , ,


COMMENTS