January 10, 2024

Bosch Pamerkan Teknologi Energi Berkelanjutan untuk Konsumen di CES 2024 Las Vegas

Penulis: Iwan RS
Bosch Pamerkan Teknologi Energi Berkelanjutan untuk Konsumen di CES 2024 Las Vegas  

Mobitekno – Bosch kembali berpartisipasi dalam CES 2024 di Las Vegas, Nevada, Amerika Serikat. Perusahaan asal Jerman tersebut menghadirkan sejumlah inovasi baru pada produk dan layanannya berbasis teknologi elektrifikasi dan hidrogen untuk kebutuhan mobilitas, hunian, hingga industri.

Mengandalkan teknologi tersebut, perusahaan berkomitmen memberikan manfaat hidup yang lebih mudah, aman, dan nyaman serta tetap berdampak baik bagi lingkungan dan planet Bumi yang dhuni manusia.

Perubahan iklim global menjadi salah satu tantangan besar saat ini, berdasarkan riset Our World in Data bertajuk “Energy Production and Consumption”, konsumsi energi global telah berlipat ganda dalam 50 tahun terakhir dan terus tumbuh sekitar 2 persen setiap tahun dimana bahan bakar fosil saat ini menyumbang sekitar 80 persen dari konsumsi energi global.

Bosch CES 2024 02
Tanja Rückert, anggota dewan manajemen Bosch, di CES 2024, Las Vegas.AS.

Tanja Ruckert, anggota dewan manajemen Robert Bosch GmbH di CES 2024 di Las Vegas menyatakan bahwa Bosch mengedepankan penggunaan energi yang berfokus pada dua pendekatan yakni elektrifikasi dan hidrogen sebagai kunci dalam penerapan energi berkelanjutan yang ramah terhadap iklim.

“Untuk masa depan rendah emisi, kami mengoptimalkan penggunaan sumber energi tradisional dengan mendorong elektrifikasi dalam mobilitas, bangunan komersial, dan rumah. Dan kami memanfaatkan sumber energi baru yang berkelanjutan – dengan hidrogen memainkan peran sentral,” jelas Tanja Ruckert, anggota dewan manajemen Robert Bosch GmbH di CES 2024 di Las Vegas,” tambahnya

Inovasi pada teknologi Bosch menghasilkan elektrifikasi yang lebih efisien

Hadirnya Bosch dalam ajang tersebut juga ditandai dengan Penghargaan Inovasi CES untuk perangkat mobilitas Automated Valet Parking System dari CTA. Teknologi tersebut dilengkapi sistem parkir valet otomatis yang memungkinkan mobil listrik dapat bergerak sendiri ke stasiun pengisian daya.

Ruckert menjelaskan dengan hanya mengendalikan melalui smartphone saja, pengendara dapat mengarahkan kendaraannya ke robot pengisi baterai yang akan melakukan pengisian daya mobil mereka. Selanjutnya kendaraan bermanuver ke tempat parkir dan memberikan tempat pengisian daya untuk kendaraan selanjutnya.

Bosch CES 2024 05
Dengan pengisian valet otomatis (automated valet charging), robot mengisi daya baterai hanya dengan satu sentuhan tombol pada smarphone tanpa campur tangan manusia.

“Kombinasi unik ini menjadikan Bosch sebagai pemimpin di pasar tersebut melalui solusi pengisian valet otomatis dan parkir valet otomatis. Perusahaan berkomitmen untuk selalmu memberikan kenyamanan yang lebih baik dalam elektromobilitas tidak hanya meningkatkan daya tariknya tetapi juga penerimaannya.” jelas dia

Sebagai komponen utama untuk mobilitas listrik, tingginya permintaan pada semikonduktor inovatif silikon karbida (SiC) menjadikan Bosch semakin fokus sebagai penyedia terkemuka di seluruh rantai nilai industri elektromobilitas, mulai dari chip, penggerak modular mobil listrik (e-axles), motor listrik hingga teknologi baterai, stasiun pengisian daya, dan berbagai layanan lainnya.

Penggunaan chip SiC pada mobil listrik dapat memperluas jangkauan berkendara dan menjadikan pengisian daya lebih efisien dimana energi yang terpakai lebih rendah hingga 50 persen. Bahkan mobil mereka dapat menempuh rata-rata perjalanan yang lebih jauh dalam satu kali pengisian baterai dengan estimasi jarak 6 persen lebih jauh daripada chip berbasis silicon.

Mengenai hal tersebut, sejak 2021, Bosch telah memproduksi chip SiC di pabrik di Reutlingen, Jerman sebagai langkah perusahaan memperkuat jaringan manufaktur semikonduktor internasionalnya. Dengan selanjutnya Bosch menargetkan untuk dapat produksi chip SiC pertama di AS pada tahun 2026 dan dapat meningkatkan output perusahaan sepuluh kali lipat di tahun mendatang.

Bosch CES 2024 04
Fungsi “MySchedule” dapat secara otomatis menjadwalkan dimulainya siklus pencucian agar bertepatan dengan periode ketika harga listrik paling rendah atau listrik ramah lingkungan tersedia.

Tak hanya itu, pada perhelatan ini Bosch juga turut menampilkan fitur baru yakni fungsi pengatur waktu pada peralatan rumah tangga seperti oven, pengering, dan mesin cuci. Salah satunya dan untuk pertama kalinya, Bosch melangkah lebih jauh dan melengkapi mesin pencuci piring generasi terbarunya dengan fungsi “MySchedule”. Fitur ini secara otomatis akan menjadwalkan dimulainya siklus pencucian yang bertepatan dengan masa ketika biaya listrik paling rendah atau lebih ramah lingkungan.

Bosch AMPShare

Bosch juga mengumumkan kemitraan strategis barunya terkait platform sistem baterai AMPShare. Bosch AMPShare adalah sistem baterai lintas merek yang memungkinkan para bisnis dan industri profesional lebih fleksibel untuk beralih ke peralatan profesional merek lainnya tanpa harus menukar baterai. Sejauh ini sudah lebih dari 30 mitra global telah bergabung dalam sistem kemitraan untuk Bosch AMPShare.

Bosch secara aktif mempromosikan teknologi hidrogen sebagai pilar mobilitas masa depan

Selain elektrifikasi, Bosch juga melihat hidrogen sebagai kunci untuk memenuhi permintaan energi global dengan pendekatan yang lebih hemat. Sebagai media penyimpanan, hidrogen dapat mendukung efisiensi dalam penggunaan energi yang dihasilkan dari sumber energi terbarukan.

Oleh karena itu, Bosch telah berinvestasi secara ekstensif di sepanjang rantai nilai teknologi hidrogen dengan berfokus pada mobile fuel cell, yang baru-baru ini mulai diproduksi secara massal di Stuttgart.

Bosch CES 2024 03

Penggunaan utama teknologi hidrogen ini berada pada sistem sistem powertrain untuk kendaraan berat dimana Bosch telah menerima pesanan pertamanya dari produsen truk di Eropa, AS, dan China. Para perusahaan ini juga mengerjakan komponen untuk mesin hidrogen, yang mengubah bahan bakar langsung menjadi energi tanpa terlebih dahulu mengubahnya menjadi listrik.

“Pada prakteknya, ketika didukung dengan hindrogen hijau (ramah lingkungan) maka praktik mesin menghasilkan karbon yang lebih netral. Ditargetkan mesin ini akan beroperasi di tahun ini sejalan dengan sejumlah negera dan pelaku industri di seluruh dunia yang juga telah berinvestasi dalam teknologi hidrogen,” jelas Ruckert.

Bosch CES 2024 06
Pembuatan Fuel Cell Power Module (FCPM) di pabrik Feuerbach, Jerman.

Perangkat lunak untuk tingkatkan kenyamanan dan efisiensi energi

Semua divisi Bosch saat ini berfokus pada penggunaan perangkat lunak dan digitalisasi. Perusahaan sekarang memiliki lebih dari 44.000 karyawan yang bekerja dalam pengembangan perangkat lunak, dan melihatnya sebagai yang terdepan untuk solusi mobilitas melalui perangkat lunak.

Salah satunya yaitu dengan ditunjukan dengan dua layanan mobilitas baru di pameran dagang elektronik yakni Usage Certificate To Go dan Vehicle Health Service. Pertama adalah tambahan pada layanan Battery in the Cloud yang sudah ada dari Bosch.

energi keberlanjutan

Fitur ini menganalisis data baterai, menentukan kondisi baterai, dan membantu memperpanjang masa pakai baterai melalui optimasi hingga 20 persen.

Kedua, yang ditujukan untuk operator berkendara dengan menawarkan fitur yang dirancang terutama untuk mencegah kerusakan pada kendaraan. Dua inovasi tersebut ditujukan untuk memperpanjang masa pakai kendaraan dan menghemat energi.

Sementara itu, di bidang manufaktur, layanan Bosch dapat membantu menghemat CO2 dan meningkatkan efisiensi penggunaan dalam jumlah besar.

Begitu pun pada dekarbonisasi industri, layanan berbasis perangkat lunak berbasis AI yang dikembangkan oleh Bosch bersama dengan mitra telah membantu perusahaan manufaktur mengurangi jejak karbon mereka dan juga mencapai penghematan biaya yang signifikan.

Tags: , , , , ,


COMMENTS