April 15, 2024

BRIN Gandeng PT SGMW Motor Indonesia Wujudkan Kendaraan Listrik dan Otonom

Penulis: Iwan RS
BRIN Gandeng PT SGMW Motor Indonesia Wujudkan Kendaraan Listrik dan Otonom  

Mobitekno – Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) telah melakukan riset kendaraan listrik (electric vehicle/EV) dan kendaraan otonom (autonomous vehicle/AV) sejak tahun 2022.

Riset EV dan AV perlu dilakukan untuk mengatasi polusi udara, meningkatkan efisiensi dan keberlanjutan, meningkatkan keselamatan dan mobilitas, serta mendorong inovasi dan pertumbuhan ekonomi di tanah air.

BRIN dan SGMW 01

Kepala Organisasi Riset Elektronika dan Informatika (OREI) BRIN, Budi Prawara mengatakan, kegiatan riset tersebut adalah kolaborasi dari beberapa pusat riset di antaranya riset dalam bidang elektronika, telekomunikasi, mekatronika cerdas, artifisal intelegent dan sains data informasi.

Hal tersebut disampaikan Budi Prawara pada kegiatan hibah Kendaraan Listrik PT SGMW (SAIC General Motors Wuling) Motor Indonesia kepada OREI BRIN, di kantor BRIN KST Samaun Samadikun – Bandung (4/4/2023).

Hibah dua unit kendaraan untuk litbang di BRIN

Vice President PT SGMW Motor Indonesia, Arif Pramadana menyampaikan bahwa hibah kendaraan listrik ini dilakukan dalam rangka mempererat kerjasama antara BRIN dan PT SGMW Motor Indonesia, yang diharapkan dapat membantu mempercepat proses riset dan inovasi dalam bidang transportasi di Indonesia.

“Kami merasa senang dapat hadir dalam pertemuan ini. Sebagai perusahaan yang dari awal sudah memiliki komitmen ke depan untuk terus berusaha menginfus teknologi dari segi green technology, hari ini kita dapat menghibahkan 2 unit vehicle yang mungkin bisa digunakan untuk research otonomus vehicle ke depan,” jelas Arif.

Sementara itu, dari sisi BRIN Budi menyampaikan bahwa hibah ini merupakan salah satu penghargaan dari pihak eksternal yang diharapkan dapat manfaatkan untuk mendukung kegiatan riset yang ada di OREI.

BRIN dan SGMW 02

“Saat ini di OREI sedang melakukan riset sistem otonom untuk kendaraan listrik. Jadi kami mencoba untuk menerapkan sistem otonom untuk kendaraan listrik. Selama ini menjadi keterbatasan kami adalah di platform, karna untuk platform pihak industri otomotif jauh lebih menguasai dan bila kita mulai riset platform lagi akan kurang efektif,” ujarnya.

Dirinya berharap dengan kerja sama ini diharapkan ke depannya dapat menghasilkan suatu produk bersama yang dapat diimplementasikan dan direalisasikan untuk mendukung bidang transportasi terutama dalam kendaraan listrik dan otonom di indonesia.

“Melalui kerjasama dengan pihak eksternal diharapkan dapat membantu proses riset yang sudah dilakukan dan bisa saling belajar untuk mengisi kekurangan masing masing,” imbuh Budi.

Hal senada diungkapkan oleh Arif yang juga mengucapkan terimakasih kepada BRIN karna bisa dipilih sebagai partner untuk bisa bekerja sama.

“Semoga apa yang kita hibahkan ini dapat berguna ke depannya dan ada oppurtinity ke depan untuk berkolaborasi dari segi manpower, engineering dan research agar kita dapat terus melakukan inovasi dan tidak kalah dengan teknologi yang sudah berjalan diluar,” ucap Arif.

Kolaborasi untuk Kebermanfaatan Bersama

PT SGMW Motor Indonesia adalah anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki oleh SAIC-GM-Wuling Automobile (SGMW), perusahaan patungan antara SAIC Motor, General Motors dan Liuzhou Wuling Motors Co Ltd untuk menangani operasi mereka di Indonesia. Ini adalah perusahaan otomotif Tiongkok China pertama yang membangun pabrik di Indonesia.

Kemitraan ini dimulai sejak akhir tahun 2022 yang diinisiasi oleh Pusat Riset Mekatronika Cerdas BRIN dengan bersurat kepada pihak PT SGMW Motor Indonesia. Dalam suratnya PR Mekatronika Cerdas memiliki harapan yang besar dalam setiap penelitian yang dilakukan oleh sivitasnya bisa bermanfaat dan dapat dipergunakan oleh pihak industri dan masyarakat.

Koordinator Riset Kendaraan Listrik Otonom di PR Mekatronika Cerdas, Muhammad Khristamto Aditya Wardana menyampaikan bahwa saat itu pihak PT SGMW Motor Indonesia yang diwakili oleh Toni Prasetyo selaku Industrial Relation Manager menanggapi positif harapan tersebut.

BRIN dan SGMW 04

Kemudian mereka bersama peneliti PR Mekatronika Cerdas lainnya yakni Bambang Wahono dan Yanuandri Putrasari mencoba membuat skema-skema penelitian dan kerjasama yang diharapkan dapat bermanfaat bagi kedua belah pihak.

“Setelah proses diskusi yang sangat panjang, maka tercetuslah 2 kegiatan yang disepakati yaitu penerapan sistem otonom pada kendaraan listrik; dan pengetesan durability kendaraan listrik sehingga dapat membantu pihak PT SGMW Motor Indonesia dalam melakukan pengembangan kendaraaannya. Dan pada puncaknya PT SGMW Motor Indonesia memberikan hibah 2 unit kendaran listrik untuk menunjang 2 kegiatan tersebut,” tutur Aditya.

Tags: , , , , , , , , , ,


COMMENTS