November 17, 2023

Resmi Diperkenalkan di Tanah Air. Wuling BinguoEV Jadi Mobil Listrik Pertama dengan Garansi Baterai Seumur Hidup

Penulis: Iwan RS
Resmi Diperkenalkan di Tanah Air. Wuling BinguoEV Jadi Mobil Listrik Pertama dengan Garansi Baterai Seumur Hidup  

Mobitekno – Dalam rangkaian acara pre-launch BinguoEV (dibaca: Bing-go EV), Wuling Motors (Wuling) menggelar sesi media briefing untuk memberikan pemaparan lebih mendalam terkait mobil listrik terbaru dari Wuling ini.

Dalam acara yang diselenggarakan di Foek Lam, Summarecon Mall Serpong, Wuling menyajikan penjelasan komprehensif terkait tampilan yang ikonik hingga beragam fitur inovatifnya yang mendukung pengalaman berkendara.

Danang Wiratmoko, Product Planning Wuling Motors menyatakan bahwa Wuling BinguoEV tidak hanya menawarkan tampilan yang ikonik, tetapi juga fitur inovatif yang menyajikan pengalaman berkendara yang menyenangkan.

 

Wuling BinguoEV 05

“Keamanan baterai dan rangka yang kuat pun menjadi prioritas utama Wuling dalam merancang BinguoEV, sehingga para konsumen dapat merasa aman bepergian bersama kendaraan listrik terbaru Wuling ini. Kami berkomitmen untuk terus memberikan produk berkualitas tinggi dalam rangka mendukung mobilitas yang berkelanjutan sejalan dengan semangat ‘Drive For A Green Life’,” papar Danang.

Terkait subsidi pemerintah untuk mobil listrik, pihak Wuling Motors belum memberikan jaminan apakah BingoEV akan mendapatkannya. Adapun jadwal ketersedian dan distribusi diperkirakan mulai bulan Maret tahun depan.

Wuling juga belum mengumumkan harga resmi BinguoEV. Namun berdasarkan ‘bocoran alus’, perkiraan harga diperkirakan antara Rp 350 juta hingga 450 juta. Harga yang bersaing dengan Neta V dan sebelumnya juga sudah kami bandingkan.

Garansi seumur hidup untuk Core EV Component

Salah satu informasi menarik dari kehadiran Binguo EV adalah penawaran garansi baterai seumur hidup (lifetime warranty) yang ditawarkan pihak Wuling. Garansi baterai diklaim menjadi yang pertama ditawarkan untuk mobil listrik di Indonesia.

Namun, perlu diingat bahwa garansi seumur hidup ini hanya berlaku untuk Binguo EV varian dengan jarak tempuh 410 km (baterai 37,9 kWh). Sedangkan varian 333 km (baterai 31,9 kWh) tidak mendapatkan garansi tersebut.

Wuling BinguoEV 04

Selain baterai, garansi seumur hidup untuk Binguo EV varian 410 km juga ditawarkan untuk komponen lainnya, yaitu motor penggerak elektrik dan motor control unit. Ketiga komponen ini masuk dalam perlindungan Lifetime Core EV Component Warranty yang ditawarkan Wuling.

“Untuk itu, dalam masa pre-book Binguo EV, kami memberikan benefit berupa Lifetime Core EV Component Warranty yang merupakan garansi komponen EV lifetime pertama di Indonesia yang diberikan produsen mobil listrik kepada konsumen,” ujar Maulana Hakim, Aftersales Director Wuling melalui penjelasan resminy (16/11/2023).

Sebagai informasi juga, garansi seumur hidup hanya berlaku untuk kepemilikan pribadi dalam kondisi unit baru dan bukan untuk kendaraan operasional perusahaan atau pindah tangan. Syarat tambahan lainnya adalah jarak tempuhnya maksimal 30 ribu km/tahun (2.500 km/bulan atau 82 km/hari).

BinguoEV usung desain ikonik yang tidak lekang oleh waktu

Pada tampilan eksterior, BinguoEV memiliki desain ikonik yang diperkuat dengan visual yang timeless. Di bagian depan terdapat X-Shaped LED Headlamp dan Diamond Corrugated Grille. BinguoEV mengaplikasikan Flowing Water Body Curve di bagian samping dan Water Splash Wheel Cap yang menciptakan tampilan yang elegan dengan kesan unik. Pada bagian belakang, Binguo EV dilengkapi dengan X-Shaped LED Tail Lights dan Streamline Ducktail yang mewujudkan gaya modern dan futuristik.

BinguoEV menghadirkan sejumlah keunggulan di bagian interior yang menjadikannya sebuah mobil listrik yang tak hanya ramah lingkungan tetapi juga nyaman serta lapang. BinguoEV memiliki ruang penyimpanan yang luas dan mudah diakses dengan konfigurasi kursi 50:50 di baris kedua.

Wuling BinguoEV 03

Pengemudi dan penumpang dapat dengan mudah mengatur barang-barang mereka dengan adanya 15 kompartemen. BinguoEV juga didukung headroom dan legroom luas pada baris kedua yang mendukung kenyamanan dan pengaturan kursi pengemudi elektrik 6 arah yang menawarkan penyesuaian posisi duduk lebih mudah.

Kendaraan listrik kedua Wuling ini juga dilengkapi dengan beragam teknologi canggih, seperti layar ganda 10.25 inci TFT Dual Screen yang terintegrasi. Kemudian, Floating Island Center Console menciptakan tampilan yang futuristik dan menawan, sementara pilihan warna interior yang elegan, seperti Brown and White untuk pilihan warna eksterior Milk Tea dan Mousse Green, serta Black and White untuk warna Galaxy Blue. Terdapat juga Soft Touch Panels yang menambahkan nuansa mewah dan Perforated Synthetic Leather Seat yang memberikan kenyamanan lebih.

Gunakan material HSS dan UHSS untuk kerangka yang lebih kuat

Kendaraan listrik terbaru Wuling ini menggunakan material yang sangat kuat dalam desain kerangka, di mana sekitar 74% dari rangka menggunakan High Strength Steel (HSS) dan Ultra High Strength Steel (UHSS) pada 25 bagian utama terkait keamanan. Hal ini secara signifikan meningkatkan ketahanan terhadap benturan dan keseluruhan keselamatan kendaraan.

Wuling BinguoEV 02

Ditambah dengan fitur keamanan yang lengkap, BinguoEV menyediakan perlindungan komprehensif untuk pengemudi dan penumpangnya, membuktikan bahwa keselamatan merupakan prioritas utama dalam desain mobil listrik ini.

BinguoEV juga memanjakan pengguna dengan serangkaian fitur berkendara yang memudahkan selama perjalanan. Mulai dari Cruise Control, Rear Parking Camera, Smart Start System, empat opsi mode berkendara (ECO, ECO+, Sport, dan Normal), 4 full-range speakers, dan ISOFIX.

Sebagai tambahan informasi, Wuling menawarkan BinguoEV dengan dua varian jarak tempuh, yakni 333 km dan 410 km. BinguoEV juga didukung baterai IP67 yang aman menjamin keandalan dan keamanan selama penggunaan sehari-hari.

Tags: , , , , , , , ,


COMMENTS