March 7, 2024

Kampanyekan “Better Life for All”, LG Ajak Masyarakat Peduli Masalah Food Waste dan Food Insecurity

Penulis: Iwan RS
Kampanyekan “Better Life for All”, LG Ajak Masyarakat Peduli Masalah Food Waste dan Food Insecurity  

Mobitekno – PT. LG Electronics Indonesia (LG) mengumumkan kampanye “Better life for all” sebagai inisiatif untuk berkontribusi dalam terciptanya budaya pangan berkelanjutan, food waste (makanan yang terbuang dan menjadi sampah), dan kerawanan pangan (food insecurity) menjadi bahasan utama kampanye yang menyasar generasi muda ini.

Didesain menjadi sebuah kampanye inspiratif, rangkaian kampanye ini mempertegas komitmen LG dalam memperluas janji merek LG, Life’s Good, kepada masyarakat dengan meningkatkan kualitas hidup melalui inisiatif tanggung jawab sosial.

Kampanye “Better life for all” dijalankan melalui berbagai rangkaian kegiatan diantaranya lokakarya pendidikan, Better Life Festival dan pembagian makanan ke masyarakat yang kurang mampu, kampanye “Better life for all” ini dengan penuh semangat menegaskan praktik-praktik berkelanjutan yang bertujuan mengubah cara kita memandang dan menghargai makanan.

LG Better life for all 01

“Better life for all” telah menjadi kampanye global perusahaan yang mewujudkan janji kami untuk masa depan dan inovasi bagi bumi dan manusia didalamnya,” ujar Lee Taejin, President of PT. LG Electronics Indonesia. “Di LG, kami percaya kekuatan inovasi dapat mengatasi masalah-masalah sosial yang krusial, termasuk food waste dan kerawanan pangan.

Kampanye “Better life for all” mencerminkan dedikasi kami untuk memberikan dampak berarti akan penanganan food waste atau makanan yang terbuang dan menjadi sampah, baik di Indonesia maupun di dunia. Dengan melibatkan generasi muda, kami ingin menginspirasi perubahan positif dan berkontribusi untuk masa depan yang lebih berkelanjutan. Kami pun menyadari bahwa dengan memberdayakan generasi muda, akan terbentuk juga tanggung jawab dan kesadaran lingkungan untuk generasi mendatang,” ujar Lee Taejin lagi.

Masalah Food Waste dan Food Insecurity di Indonesia

Isu food waste terbilang cukup mengkhawatirkan di Indonesia. Hal ini terlihat dari jumlah food waste di Indonesia yang menempati peringkat kedua di dunia dengan 20,93 juta ton per tahun.

Tanpa disadari, hal ini menyebabkan kerugian ekonomi sekitar 213-551 triliun rupiah per tahun. Ironisnya, Indonesia masih memiliki permasalahan serius dalam bidang kerawanan pangan karena berada di peringkat ke-77 (125 negara) dalam Global Hunger Index 2023.

Inilah yang mendorong LG untuk berkolaborasi dengan lembaga nirlaba hingga Universitas Prasetiya Mulya dari institusi pendidikan dalam menghelat kampanye ini. Sinergi ini diharapkan dapat mendorong penyampaian pesan lebih kuat dan luas ke sasaran.

Menggelar berbagai aktivitas pendukung kampanye

Lewat kampanye “Better life for all” selama tiga bulan ini (Maret-Mei 2024), LG mempromosikan budaya pangan berkelanjutan dan mendorong konsumsi lebih bertanggung jawab, pengurangan food waste dan peningkatan kesadaran lingkungan.

Terkait kesadaran masalah food waste, kampanye LG menggandeng Devina Hermawan, salahsatu chef ternama, dalam menciptakan Better Life Recipe yang menekankan proses meminimalisir terjadinya makanan terbuang.

LG Better life for all 03
PT. LG Electronics Indonesia (LG) mengumumkan kampanye “Better life for all” sebagai inisiatif perusahaan untuk berkontribusi dalam terciptanya budaya pangan berkelanjutan, food waste dan food insecurity yang menyasar generasi muda.

LG juga menggelar tantangan melalui layanan social media bertajuk #MasakPintarLG yang mengajak peserta untuk membagikan hidangan Ramadan favoritnya pada sesama, sehingga tak menyisakan sisa makanan. Pesan moralnya adalah mengenai pentingnya untuk menyantap makanan sesuai dengan yang dibutuhkan, terlebih di bulan Ramadan.

Kampanye “Better life for all” berlanjut dengan edukasi masyarakat tentang pengelolaan makanan dengan bijak, dimana LG pun menghelat Better Life Festival, sesi workshop dua hari (19-20 April 2024) di Chillax Sudirman.

Generasi muda akan mendapatkan pemahaman dan kesempatan merasakan pengalaman untuk lebih peduli tentang food waste dan gaya hidup berkelanjutan dari LG. Festival ini juga mengundang para ahli dan aktivis bidang pangan untuk berbagi wawasan dalam rangkaian sesi talkshow.

Distribusi makanan ke masyarakat bersama FoodCycle Indonesia

Untuk menumbuhkan kebiasaan baik menuju dunia yang lebih baik, LG menutup kampanye dengan kegiatan distribusi makanan ke kelompok masyarakat yang membutuhkan bersama FoodCycle Indonesia untuk memerangi food waste dan kelaparan.

Mendukung pada sisi operasionalnya, LG akan memaksimalkan kekuatan logistik dan sumber daya perusahaan, dengan dukungan jaringan FoodCycle, untuk memastikan distribusi makanan tepat sasaran.

Herman Andryanto, Co-Founder of FoodCycle Indonesia menyatakan fakta mengejutkan bahwa sepertiga dari makanan yang diproduksi untuk konsumsi manusia tak termakan.

“Sebagai Food Bank, FoodCycle berkomitmen melibatkan para pemangku kepentingan dalam mengentaskan kerawanan pangan dan membangun masyarakat tangguh. Kolaborasi kreatif pun sangat penting, seperti dicontohkan dari kemitraan kami dengan LG,” tambahnya.

Melalui kampanye ini, serta kolaborasi dengan LSM dan Universitas Prasetiya Mulya, LG bertujuan menanamkan pentingnya gaya hidup yang berkelanjutan serta menciptakan dampak positif dan jangka panjang bagi individu dan keluarga yang menghadapi tantangan gizi. Informasi lebih lanjut mengenai agenda kampanye ini dapat diakses di sini.

Lee Taejin menegaskan bahwa inisiatif ini adalah bagian dari komitmen perusahaan untuk mewujudkan manifesto merek kami secara global untuk menciptakan ‘kehidupan yang lebih baik untuk semua’ (Better life for all) dengan memanfaatkan keahlian teknologi dan jangkauan global.

“Kami harap, tindakan kecil ini dapat menciptakan dampak lebih besar di Indonesia. Karena kami percaya bahwa perlahan-lahan, kesungguhan ini pada akhirnya akan membawa kehidupan yang lebih baik untuk semua,” tutup Lee Taejin.

LG Better life for all 04

Sebagai perusahaan produk elektronik global, LG ingin berperan mengatasi food waste melalui berbagai inovasi pada produknya, seperti kulkas/lemari es. Hal ini diungkap oleh Dedi Triono, Corporate Marketing Manager LG Electronics Indonesia, saat menjelaskan kulkas LG InstaView Door in Door.

Menurutnya, kulkas LG InstaView Door in Door mampu menjaga kesegaran dan rasa sehingga mampu menjadi kunci dalam mengurangi makanan terbuang. Berdasarkan data, pengguna membuka dan menutup kulkasnya sekitar 20-30 kali setiap hari. Hal ini berdampak pada hilangnya udara dingin di kulkas.

Inovasi pada Kulkas LG InstaView Door-in-Door diklaim sanggup mengurangi kehilangan udara dingin secara signifikan memalui fitur teknologi LinearCooling dan DoorCooling.

“Teknologi itu juga mampu meningkatkan kesegaran makanan yang disimpan dan berkontribusi terhadap pengurangan pangan terbuang secara efektif,” ujar Dedi.

Tags: , , , , , , , ,


COMMENTS