February 26, 2023

Selis Gandeng Sentramitra Kembangkan Baterai Sepeda Motor Listrik Berjarak Tempuh Hingga 180 Km

Penulis: Iwan RS
Selis Gandeng Sentramitra Kembangkan Baterai Sepeda Motor Listrik Berjarak Tempuh Hingga 180 Km  

Mobitekno – Produsen kendaraan listik (EV) nasional yang berfokus pada kendaraan roda dua dan tiga, PT. Juara Bike (JB) bermerek Selis menandatangani kerja sama strategis dengan perusahaan baterai industri PT. Sentramitra Dayautama untuk mengembangkan baterai sepeda motor listrik.

Penandatanganan Nota Kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) kerja sama ini dilaksanakan pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023, di JIExpo, Kemayoran, Jakarta, Sabtu (25/2/2023).

Penandatanganan Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) kerja sama ini dilakukan pada Sabtu 25 Februari 2023, di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023, di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat.

Direktur Utama SLIS, Edi Hanafiah Kwanto mengatakan kerjasama ini dilakukan sebagai wujud komitmen perseroan untuk ikut mendorong terlaksananya Indonesia menuju zero emission (nol emisi).

“Kedua perusahaan punya visi yang sama demi pengembangan kendaraan listrik, salah satunya yakni ketersediaan baterai motor listrik. Saat ini tahapannya masih dalam perencanaan awal,” ujar Edi usai penandatanganan MoU di IIMS 2023 (25/4/2023).

Edi menjelaskan, JB akan fokus memperbanyak produk dan tipe terbaru serta terus menggejot penjualan di masa mendatang.

Apalagi tren industri EV bakal semakin naik seiring dengan terbitnya Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 7 Tahun 2022 tentang Penggunaan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai sebagai Kendaraan Dinas Operasional dan/atau Kendaraan Perorangan Dinas Instansi Pemerintah Pusat dan Pemerintahan Daerah.

Belum lama ini (16/4/2023), Selis telah meluncurkan produk sepeda listrik baru Selis GO Plus dengan jarak tempuh 140 km dari dua baterai Lithium Ion dan motor berdaya 2.000 Watt.

Sentramitra yang sudah menyediakan baterai untuk industri hampir tiga dekade sudah mempersiapkan teknologi baterai lithium sejak 6 tahun lalu. Ini dilakukan untuk mengantisipasi era kendaraan listrik (electric vehicle/EV) di tanah air.

Melalui kerjasama ini kedua pihak akan mengembangkan jenis baterai lithium Battery Go Plus berkapasitas 60V 75AH yang dianggap unggul dalam hal keamanan dan ketahanan baterainya yang lama (hingga 180 km).

Dengan ketahanan baterai long range ini, diharapkan perusahaan logistik akan melirik dan beralih ke kendaraan listrik sebagai kendaraan mobilitas dan operasionalnya.

Selain itu, masyarakat dengan mobilitas tinggi juga tidak perlu ragu lagi untuk menjatuhkan pilihannya ke kendaraan listrik karena modul baterai lithium sudah tersedia secara lokal.

“Kami menyambut baik kerja sama dengan JB yang merupakan pionir dalam industri kendaraan listrik di Indonesia. Kami berharap kemitraan ini dapat terus mendorong pertumbuhan permintaan kendaraan listrik di Tanah Air,” ujar Direktur PT Sentramitra Dayautama, Tjandra Widjaya.

Menurutnya, konsumen akan mendapatkan benefit 75 persen lebih dalam penghematan biaya operasional dengan menggunakan motor listrik. Biaya satu kali charging di rumah berkisar Rp6.500 untuk perjalanan rata-rata 100 km. Biaya ini jauh lebih hemat dibandingkan dengan kendaraan bermotor non-listrik yang membutuhkan biaya sekitar Rp25.000 dengan jarak tempuh yang sama.

Konsumen juga mendapatkan keuntungan biaya perawatan minimal dan pajak tahunan lebih murah dibandingkan kendaraan motor biasa.
Selain itu, wacana tentang insentif dari pemerintah juga akan memberikan daya tarik kepada konsumen untuk beralih ke kendaraan listrik.

Tags: , , , , , ,


COMMENTS