March 18, 2023

Sennheiser Luncurkan EW-DX, Evolusi Sistem Audio Seri Wireless G4

Penulis: Rizki R
Sennheiser Luncurkan EW-DX, Evolusi Sistem Audio Seri Wireless G4  

Mobitekno – Sennheiser belum lama ini memperkenalkan perangkat EW-DX, sistem audio yang menjadi penerus teknologi unggul dari evolusi seri wireless G4. Perangkat ini sedang didistribusikan di Amerika Utara, EMEA, Jepang, dan Singapura.

Produk ini tersedia terdiri dari receiver dua kanal EW-DX EM 2, transmitter genggam – dengan atau tanpa sakelar senyap yang dapat diprogram – dan transmitter bodypack. Yang terakhir juga hadir dalam dua versi, baik dengan konektor mikrofon 3-pin khusus atau jack 3,5 mm (1/8″) untuk mikrofon atau kabel instrumen.

Selain itu, ada paket set yang mudah digunakan, dengan varian frekuensi lebih lanjut dan lebih tinggi yang tersedia pada Q1 2023, dan lebih banyak perangkat EW-DX dan software yang ditambahkan ke lini ini pada pertengahan 2023.

Kenan Phang, Technical Application Engineering Manager Sennheiser APAC, mengungkapkan, “EW-DX merupakan evolusi dari seri wireless G4 dan akan ada standar baru dalam industri live audio untuk kesederhanaan, keandalan, kualitas audio, dan efisiensi frekuensi,”

“Sistem yang luar biasa ini menggabungkan berbagai fitur profesional dan kemudahan penggunaan yang ditawarkan oleh housing yang kokoh dan telah dirancang dengan baik. Kami senang melihatnya memasuki pasar,” kata Kenan.

Spesifikasi Singkat EW-DX 

EW-DX menawarkan latensi terendah di pasar (1,9 milidetik), menghilangkan kebutuhan penghitungan frekuensi, dan menghadirkan rentang dinamis input ultra lebar 134 dB, memungkinkan transmitter Anda untuk menerima sinyal apa pun yang diberikan.

Waktu pengoperasian mampu hingga 12 jam menggunakan baterai isi ulang BA 70. Itu relatif cukup digunakan untuk berlatih dan saat pertunjukan. Waktu pengoperasian dengan baterai AA standar mencapai delapan jam. Bergantung pada lingkungan RF, transmitter memiliki jangkauan hingga sekitar 100 m, bahkan cukup untuk tata letak panggung yang sangat luas.

images 2

EW-DX sanggup menyederhanakan alur kerja dan menghadirkan set fitur yang menarik ke berbagai aplikasi, baik untuk kebutuhan perusahaan persewaan, tur band, teater, ibadah, atau penyiaran. 

Sistem EW-DX memanfaatkan pengaturan RF multi-channel yang otomatis, kontrol jarak jauh dan pemantauan yang terukur, serta enkripsi AES-256 untuk transmisi konten yang aman. Bandwidth lebih tinggi dibandingkan dengan EW-D, hingga 88 MHz, memungkinkan lebih banyak saluran untuk diakomodasi.

Sebagai bagian dari seri Evolution Wireless Digital, EW-DX menghargai sumber daya penting, yaitu spektrum RF, dan menghilangkan kerumitan wireless pada saat yang bersamaan.

Diciptakan dengan cermat, sistem ini tidak menghasilkan produk intermodulasi yang signifikan. Dari sudut pandang efisiensi spektrum, mikrofon tidak merusak spektrum yang tersedia dengan produk intermodulasinya, sehingga lebih banyak frekuensi transmisi dapat digunakan dan didistribusikan secara merata pada jarak reguler (yang disebut kisi frekuensi berjarak sama atau kisi penyetelan). Perhitungan frekuensi tidak lagi diperlukan, membuat pekerjaan Anda lebih mudah.

Dalam mode standar, Kenan memaparkan, EW-DX mengakomodasi hingga 146 link dalam bandwidth peralihannya, dan hingga 293 frekuensi dalam Link Density Mode (LD, pada jarak 300 kHz). Dan yang terbaik? Ini hadir hanya dengan memerlukan kira-kira 10% dari jangkauan, sehingga Anda akan memiliki kualitas audio dan daya transmisi yang sama hebatnya dalam mode LD juga.

Foto 1 Kenan Phang Technical Application Engineering Manager Sennheiser APAC

“Link Density Mode akan memberi Anda lebih banyak ruang untuk bermanuver dalam spektrum RF yang padat,” ujar Kenan.

“EW-DX akan memberi Anda ketenangan, mengetahui bahwa kualitas audio dan daya transmisi tidak akan berkurang. Sinyal akan terdengar bagus, dan akan ditransmisikan dengan andal.” tambahnya.

EW-DX menawarkan dua pilihan transmitter bodypack – EW-DX SK dengan jack 3,5 mm untuk mikrofon dan kabel instrumen, atau EW-DX SK 3-PIN untuk mikrofon dengan konektor tiga pin khusus. Bodypack dapat digunakan dengan clip-on digital-proof Sennheiser dan mikrofon headset, sistem Neumann MCM, dan mikrofon digital-proof pihak ketiga.

Mikrofon genggam juga tersedia dalam dua versi: dengan sakelar senyap yang dapat diprogram tanpa suara (EW-DX SKM-S) dan tanpa sakelar (EW-DX SKM). Sakelar senyap dapat diprogram menjadi ‘off”, AF Mute, dan RF Mute. RF Muter memungkinkan Anda untuk mengubah pengaturan tanpa suara atau menyiapkan mikrofon cadangan untuk digunakan. Berbagai macam 14 kepala mikrofon Sennheiser dan Neumann (standard capsule Sennheiser Interface) tersedia untuk perangkat genggam.

Semua transmitter memiliki trim control sehingga dapat berfungsi secara bergantian pada kanal receiver yang sama – misalnya saat beberapa gitar digunakan – dan masih memiliki level yang sama di meja mixing. Untuk gitaris dan bassis yang tidak ingin kehilangan suara kabel yang khas itu, bodypack EW-DX SK menawarkan emulasi kabel tiga langkah.

Transmitter EW-DX adalah yang pertama di pasaran yang menampilkan tampilan e-ink – bahkan saat dimatikan, Anda masih dapat membaca data transmitter yang penting. Transmitter ini juga dirancang dengan low-cut yang dapat disesuaikan untuk mengurangi handling noise, atau pop noise saat siaran.

Pengaturannya adalah ‘off’, 30 Hz, 60 Hz, 80 Hz, 100 Hz, dan 120 Hz. Seluruh transmitter menampilkan menggunakan kontak pengisian daya baterai BA 70 pada perangkat dan penghasil nada uji bawaan.

Tampilan kecerahan dapat disesuaikan, seluruh pengaturan dikunci, dan – aset yang tak ternilai pada lebih banyak pengaturan panggung yang intim atau situasi penyiaran – status hijau pada LED yang ada pada transmitter dapat dimatikan.

Bintang di balik layar – receiver EW-DX

EW-DX EM 2 adalah receiver dua kanal pertama yang diluncurkan dalam seri ini. Receiver ini merupakan pilihan yang ideal bagi pengguna yang tidak membutuhkan output berupa audio digital yang akan tersedia dengan receiver pendukung dua receiver Dante pada kuartal keempat tahun 2023.

EW-DX EM 2 cocok digunakan dengan fungsi pindai otomatis atau Auto Scan yang dapat sangat membantu dalam mencari frekuensi terbaik bagi receiver Anda atau beberapa jaringan receiver. Transmitter dapat disinkronkan dengan mudah via Bluetooth® Low Energy: tidak dibutuhkan banyak usaha, seperti halnya berjongkok di depan rak untuk memastikan transmitter dapat mendeteksi receiver.

images 1 1

Receiver ini dilengkapi dengan output headphone dengan kontrol volume, XLR balanced dan output analog 6,3 mm unbalanced, serta port RJ 45 untuk Power over Ethernet dan integrasi ke dalam jaringan kontrol dan pemantauan.

Layar OLED menampilkan kedua saluran secara sekilas, dan indikator berkualitas yang saling terhubung membantu menghindari kejutan.

Hingga tersedia lebih banyak opsi pengisian daya pada tahun 2023, pengisi daya USB L 70 dua ruang yang dapat ditumpuk akan mengisi ulang baterai BA 70. Pengisi daya ini juga tersedia dalam perangkat pengisi daya EW-D, lengkap dengan unit power supply NT 5-20 UCW dan dua baterai BA 70. Sementara itu, kabel distribusi daya EW-D dan unit power supply NT 12-35 CS yang sesuai akan memberi daya hingga empat receiver EW-DX EM 2 dan menjaga pengaturan Anda tetap bersih. Pemisah antena aktif EW-D ASA, penguat antena EW-D AB, dan antena directional pasif ADP UHF melengkapi aksesori sistem yang tersedia sekarang.

Untuk mendapatkan pembaruan firmware terbaru sejak awal, Sennheiser merekomendasikan untuk mengunduh perangkat lunak Sennheiser Control Cockpit secara gratis pada komputer Microsoft Windows. Melakukan pembaruan pada firmware receiver dengan segera memungkinkan Anda mendapatkan manfaat dari fungsi keseluruhan yang ditawarkan. Bantuan dapat ditemukan pada Panduan Cara. Pada pertengahan tahun 2023, versi baru dari Sennheiser Wireless Systems Manager (WSM, untuk pembaruan firmware dan penggunaan profesional) dan Smart Assist App (untuk operasi yang mudah dari pengaturan yang lebih kecil) juga akan tersedia.

Menyusul peluncuran varian frekuensi tambahan dan pengisi daya desktop dalam perangkat dua ruang yang mendukung jaringan pada Q1 tahun 2023, perangkat keras (hardware) akan tersedia pada pertengahan tahun 2023, seperti halnya receiver dua kanal dan empat kanal Dante, serta modul pengisian daya khusus untuk unit pengisi daya rack-mount L 6000.

Tags: , , ,


COMMENTS