April 11, 2023

Menyasar Streamer dan Siniar, Sennheiser Luncurkan Dua Varian Mikrofon Profile USB

Penulis: Rizki R
Menyasar Streamer dan Siniar, Sennheiser Luncurkan Dua Varian Mikrofon Profile USB  

Mobitekno – Sennheiser belum lama ini merilis mikrofon Profile USB, sebuah mikrofon kondensor cardioid yang hadir dengan solusi yang mudah dan stylish untuk streaming dan podcast. Produk ini memungkinkan para streamer, podcaster, dan gamer untuk dapat berfokus pada konten mereka.

Mikrofon Profile USB tersedia dalam dua versi, yakni versi Table Stand (Rp 2.464.000) dan versi Profile Streaming Set dengan self-locking boom arm pada tiga titik (Rp 3.760.000). Kedua model ini sudah tersedia di ChandraCom melalui pre-order.

Bagian terpenting dari mikrofon Profile USB ini adalah kapsul kondenser Sennheiser unggulan yang telah memenangkan banyak penghargaan, yakni KE 10. Pola pengambilan cardioid memberikan redaman khas suara yang datang dari belakang, memastikan suara dari para streamer dapat terfokus.

Benny Franke selaku Product Manager di Sennheiser mengatakan, “Saat merekam podcast atau sedang melakukan live streaming, Anda tentunya harus memperhatikan konten, seperti tampilan ruangan, pengaturan kamera, interaksi dengan audiens – hal terakhir yang Anda butuhkan dalam kondisi seperti ini adalah pengaturan audio yang kompleks,”

“Maka, kami mencoba untuk menciptakan teknologi yang tidak menghalangi proses kreatif Anda.” ucap Benny.

Di bagian depan, Mikrofon Profile USB ini memiliki tombol mute soft-touch yang tidak menimbulkan noise, volume mikrofon yang dapat dikendalikan, kontrol campuran untuk mengatur keseimbangan antara suara dan audio dari komputer atau tablet Anda, sekaligus kontrol volume untuk monitoring headphone. Headphone atau earphone dapat dihubungkan melalui soket 3.5 mm yang terdapat di bagian belakang mikrofon Profile USB ini.

“Desainnya sangat sederhana dan efisien, serta tidak akan merepotkan Anda. Profile USB cukup dihubungkan ke port USB-C pada komputer atau tablet Anda – perangkat Anda akan secara otomatis mengenali mikrofon tersebut, dan siap menangkap suara Anda. Tidak diperlukan lagi interface atau software lain, tidak perlu ada tambahan window yang harus Anda buka untuk dapat mengontrol pengaturan mikrofon. Anda hanya memerlukan satu sentuhan langsung ke arah mikrofon,” terang Benny.

Cincin LED pada Profil dengan mudah memberikan sinyal terkait status pengoperasian. Saat cincin LED di sekitar kontrol penguatan berwarna hijau, mikrofon siap digunakan. Saat cincin cahaya yang sama berubah menjadi kuning pada waktu tertentu atau sepanjang waktu, maka artinya mikrofon sedang dalam mode clipping dan Anda perlu mengurangi volume mikrofon.

Saat mikrofon dimatikan, lampu pada cincin di sekitar tombol mute dan kontrol penguatan akan menyala merah.

“Setelah keluar dari kemasannya, Profile akan memberikan suara natural yang hangat yang mampu menonjolkan tubuh dan menampilkan suara Anda. Yang cukup menarik lagi, Anda dapat mendengar perbedaan ini pada platform yang mengompresi audionya,” jelas Benny.

Ia menambahkan, “Memiliki kapsul yang bagus sangat penting untuk hal ini – tetapi menempatkan mikrofon dengan benar juga sama pentingnya. Itu harus diposisikan dalam jarak 15 cm (6 in) dari mulut Anda atau sumber suara untuk memastikan kejernihan dan kehangatan.”

Profil dapat diletakkan miring untuk pemosisian yang optimal, sambungan yang mengunci sendiri akan memastikan bahwa mikrofon tetap pada posisinya. Konektor 3/8″ dan 5/8″ di bagian bawah memungkinkan mikrofon untuk digunakan dengan dudukan meja. Bagi pengguna yang menginginkan penempatan yang lebih canggih bisa memilih Set Streaming Profil, yang telah dilengkapi dengan lengan boom 3 titik yang dapat mengunci secara otomatis. Dengan desainnya yang ramping dan modern, termasuk manajemen kabel terintegrasi, lengan boom sangat ideal untuk berbagai pengaplikasian kamera.

Tags: , , , ,


COMMENTS