February 6, 2024

Sennheiser HD 490 PRO, Headphone Open-Back Studio Terbaru dengan Keunggulan Sound Stage yang Luas

Penulis: Rizki R
Sennheiser HD 490 PRO, Headphone Open-Back Studio Terbaru dengan Keunggulan Sound Stage yang Luas  

Mobitekno – Sennheiser, salah satu pemimpin dunia dalam teknologi audio, kembali menggebrak pasar dengan meluncurkan headphone studio terbarunya, HD 490 PRO. Didesain dengan konsep open-back, headphone ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan produksi, mixing, dan mastering dalam industri musik.

Category Market Manager Jimmy Landry untuk MI pada Sennheiser, menjelaskan, jika Anda membandingkan produksi musik hari ini dengan 10 hingga 20 tahun yang lalu, Anda akan melihat bagaimana peningkatan daya komputasi secara besar-besaran dan otomatisasi parameter yang kompleks telah mengubah cara pembuatan musik.

“Dalam setiap genre, para engineer dan kreator musik secara terus menerus mendobrak batasan, membuat mix yang sangat kompleks yang rentan terhadap apa yang disebut ‘audio blind spots’. Hasil mix bisa jadi terasa ramai dan kotor, dengan terlalu banyaknya posisi instrumen yang sama dan frekuensi yang bersaing. Hal ini dapat mempersulit engineer dan musisi, mendengar setiap instrumen atau suara dengan jelas. Hal ini menunjukkan pentingnya sepasang headphone studio yang baik,” papar Jimmy.

HD 490 Pro

Reproduksi Suara Akurat dan Sound Stage Luas

HD 490 PRO menghadirkan reproduksi suara yang sangat akurat dan sound stage yang luas serta realistis. Keunggulan ini memberikan transparansi yang diperlukan oleh para produser, engineer, dan musisi untuk membuat keputusan penting dalam proses mixing dan membangun kepercayaan diri dalam menyelesaikan masalah penempatan panning.

HD 490 Pro

Penutup telinga berjaring terbuka memperlihatkan Open-frame Architecture Sennheiser, yang meminimalkan resonansi dan distorsi. Untuk pengalaman mendengarkan yang optimal, transduser ditempatkan agak miring, sehingga dapat meniru pengaturan loudspeaker monitor pada umumnya.

“Fitur-fitur ini dikombinasikan untuk memungkinkan para profesional di bidang musik dapat mengidentifikasi dan mengatasi masalah penempatan panning apapun dan frekuensi low-end – memastikan mix yang jernih dan master yang sangat halus,” jelas Product Manager Sennheiser, Gunnar Dirks.

Keunggulan Audio Full-Spectrum

Dalam mengatasi kompleksitas mix modern, HD 490 PRO dilengkapi dengan sound stage yang berdimensi sangat luas untuk melokalisasi komponen-komponen sebuah mix. Coil suara ultralight memastikan reproduksi suara yang cepat dan autentik.

Respons frekuensi tidak berwarna dan jujur di seluruh spektrum audio, dengan nada rendah yang penuh, akurat, dan terdefinisi dengan jelas.

Desain yang Nyaman untuk Dipakai

HD 490 PRO bukan hanya unggul dalam performa audio, tetapi juga nyaman untuk dipakai. Desainnya yang ringan dan ergonomis menghilangkan berbagai titik tekanan, termasuk headband yang tidak menekan bagian sensitif di kepala. Ear pads circumaural menampilkan zona kenyamanan lembut yang dipatenkan Sennheiser untuk pelipis kacamata dengan tetap menjaga penyegelan yang baik.

HD 490 PRO

HD 490 PRO memberikan fleksibilitas dengan menyertakan dua jenis ear pads yang berbeda. Ear pad produksi (velour) memberikan respons yang sedikit lebih hangat, sementara ear pad untuk mixing (kain) menghasilkan suara yang datar dan netral. Kedua ear pad dapat dicuci, menawarkan solusi higienis dan ramah lingkungan.

Lisensi dearVR MIX-SE untuk Pengalaman Mixing Virtual Terbaik

Setiap HD 490 PRO menyertakan lisensi gratis untuk plugin dearVR MIX-SE dari Dear Reality. Plugin ini mengubah DAW menjadi lingkungan mixing virtual terbaik, menyimulasikan akustik studio mixing ideal yang dirancang dengan cermat.

Desain cermat HD 490 PRO juga tercermin pada aksesorisnya. Kabel headphone dapat disambungkan ke bagian telinga kanan atau kiri, dan struktur cable coil yang dipatenkan memastikan kabel tidak membawa suara lain ketika menyentuh meja atau bergesekan dengan pakaian.

Harga dan Ketersediaan HD 490 PRO

HD 490 PRO dijual dengan harga EUR 399 atau USD 399 (Rp6 jutaan), sedangkan varian HD 490 PRO Plus, dengan tambahan kabel sepanjang 3 m, transport case, dan fabric headband pad, dijual dengan harga EUR 479 atau USD 479 (Rp8 jutaan).

1061811 sennheiser hd490 pro plus

Keduanya akan tersedia mulai akhir Januari dan dapat dilihat di NAMM Show di Anaheim, California, di Sennheiser Group Live Room, #18806. Perangkat audio profesi ini menjanjikan transparansi dan lokalisasi luar biasa yang diperlukan untuk menciptakan hasil mix dan master yang luar biasa.

“Jika Anda mencari headphone studio yang memberikan transparansi dan lokalisasi luar biasa yang diperlukan untuk menciptakan luar biasa, HD 490 PRO adalah pilihan Anda,” pungkas Jimmy Landry.

Tags: , , , , ,


COMMENTS