June 16, 2023

Intel Hadirkan Intel Core Gen 13 dan Intel Xeon Gen 4 di Indonesia

Penulis: Desmal Andi
Intel Hadirkan Intel Core Gen 13 dan Intel Xeon Gen 4 di Indonesia  

Mobitekno – Intel kembali melengkapkan jajaran prosesor generasi 13-nya di Indonesia untuk memenuhi kebutuhan pengguna laptop yang mementingkan sisi performa. Prosesor Intel Core Mobile Generasi 13 ini tidak hanya menghadirkan performa andal, tetapi juga mampu memberikan pengalaman yang lebih sempurna dalam platform mobile.

Prosesor mobile terbaru, Intel Core i9-13980HX ini membuktikan bahwa Intel selalu mendorong batas performa sebuah prosesor sehingga dapat memperluas peluang komputasi bagi para gamer dan kreator di dunia. Prosesor ini memiliki 24 core. Ini menjadi yang pertama untuk kebutuhan laptop.

“Prosesor mobile terbaru generasi 13 untuk platfom mobile ini ditujukan untuk para enthusiast dan profesional seperti gamer, kreator, peneliti, hingga engineers. Oleh sebab itu, prosesor ini memiliki 24 core, menjadi yang pertama di produk laptop dan performanya mampu mencapai 5,6GHz. Prosesor ini juga menjadi yang terbaik dalam platform laptop karena mendukung Wi-Fi 6E, Bluetooth LE Audio, dan Thunderbolt 4,” ujar Dino Strkljevic, Client Lead, Client Computing Group Jntel Corporation for Southeast Asia, Australia, dan New Zealand, Kamis, 15 Juni 2023, Jakarta.

Ketika dikombinasikan dengan fitur unik seperti dukungan untuk memori DDR4 dan DDR5, konektivitas terbaik di kelasnya dan PCIe Gen 5, prosesor 13th Gen HX menghadirkan platform game mobile terbaik di dunia3. Dan dengan jumlah desain laptop HX yang ditenagai prosesor 13th Gen Intel Core mobile jumahnya lima kali lebih banyak dibandingkan dengan yang menggunaan prosesor 12th Gen, pengguna dapat memilih di antara 60 desain HX untuk melakukan streaming, berkreasi, dan bersaing di level tertinggi.

Kehadiran 13th Gen Intel Core H-Series mobile ini sekaligus melengkapi jajaran keluarga Intel Generasi 13 yang hadir di Indonesia.

Sebelumnya pada Desember 2022, intel menghadirkan prosesor Intel Core desktop varian “K” yang sudah unlocked. Prosesor Intel i9-13900K ini memiliki SKU 35 watt dan 65 watt yang dapat memberikan lebih banyak keleluasaan bagi pengguna PC mainstream, karena dapat menghemat daya tetapi dengan performa tinggi.

Intel juga memperkenalkan prosesor 13th Gen Intel Core P-series dan U-series mobile, yang sempurna untuk mereka yang menginginkan performa tinggi saat bepergian, dengan sistem-sistem yang ramping dan tipis. Untuk pertama kalinya, desain tertentu berbasis prosesor 13th Gen Intel Core akan menampilkan Intel Movidius vision processing unit (VPU). Sebagai hasil dari kreasi yang erat dengan Microsoft di Windows Studio Effects barunya, berbagai task yang sangat mengandalkan AI dan diperlukan untuk kolaborasi dan streaming tingkat professional dapat dipindahkan ke VPU, sehingga CPU dan GPU bisa berfokus pada beban-beban kerja lain atau multitasking.

Prosesor 13th Gen Intel Core mobile yang baru meningkatkan kinerja untuk para enthusiast design generasi berikutnya, laptop thin-and-light, foldable, 2 and 1, serta form factor lainnya. Untuk IoT edge, prosesor 13th Gen Intel Core menghadirkan beragam fitur industri yang baru, temperature operation yang lebih luas, dan CPU berperforma lebih tinggi, dengan lebih banyak kemampuan grafis dan performa AI. Ideal untuk sektor retail, pendidikan, kesehatan, kedirgantaraan, industri, dan smart city, prosesor baru ini memberikan konsolidasi beban kerja yang lebih baik berkat core dan thread yang lebih banyak, sehingga memungkinkan berbagai aplikasi berjalan di satu perangkat.

20230615 104853 scaled
Dino Strkljevic

Intel Xeon Generasi 4

Selain menghadirkan prosesor laptop generasi 13 yang baru, di waktu yang sama Intel juga menghadirkan prosesor untuk kebutuhan server, Intel Xeon Scalable Gen 4. Prosesor ini menghadirkan kinerja terdepan dengan akselerator built-in paling banyak dari CPU manapun di dunia untuk mengatasi berbagai tantangan komputasi terpenting yang dihadapi para pelanggan dalam AI, analitik, jaringan, keamanan, penyimpanan, dan komputasi performa tinggi. Prosesor 4th Gen Intel Xeon Scalable juga merupakan prosesor data center Intel yang paling berkelanjutan, dengan menghadirkan berbagai fitur untuk mengoptimalkan daya dan kinerja, sehingga sumber daya CPU menjadi lebih optimal untuk membantu para pelanggan mencapai sasaran keberlanjutan mereka.

Tidak seperti prosesor data center lainnya yang ada di pasar dan yang sudah digunakan pelanggan saat ini, keluarga prosesor 4th Gen Intel Xeon memperluas strategi dan pendekatan Intel yang memfokuskan pada tujuan tertentu dan sangat memperhatikan beban kerja.

“Prosesor Xeon Gen 4 terbaru ini menjadi prosesor yang paling sustainable untuk kebutuhan data center. Prosesor ini sudah memiliki Built-in accelerator, Power control dan telemetri, serta didesain untuk teknologi liquid cooling yang ada di berbagai data center. Prosesor ini juga memiliki performa 75% lebih baik dari sebelumnya dan 50% lebih hemat daya,” kata Ayush Batra, Regional Director Technology Enablement, Intel Corporation for Southeast Asia, Australia, dna New Zealand.

20230615 112707
Kemampuan Intel Xeon terbaru

Ketika dibandingkan dengan generasi sebelumnya, para pelanggan 4th Gen Intel Xeon dapat meraih peningkatan efisiensi kinerja per watt rata-rata sebesar 2,9x untuk beban kerja yang ditargetkan saat menggunakan akselerator built-in, penghematan daya hingga 70 watt per CPU dalam power mode yang dioptimalkan dengan kehilangan performa minimal, dan biaya total kepemilikan (total cost of ownership/TCO) 52% hingga 66% lebih rendah. Sebagaimana hasil pengujian head-to-head terkini terhadap prosesor pesaing yang sebanding, pada beban kerja yang paling penting bagi pelanggan, seperti database, jaringan, dan penyimpanan, Xeon unggul dengan mudah dengan menghadirkan performa CPU yang lebih besar, performa per watt yang lebih tinggi, TCO yang lebih rendah secara keseluruhan.

  • Keberlanjutan: Luasnya akselerator built-in di dalam 4th Gen Intel® Xeon mengindikasikan bahwa Intel memberikan penghematan daya pada tingkat platform, sehingga mengurangi kebutuhan akan akselerasi discrete tambahan dan membantu para pelanggan untuk mencapai tujuan keberlanjutan mereka. Lebih jauh, para pelanggan akan mendapatkan benefit keberlanjutan yang penting dalam bentuk pengurangan jumlah server, penggunaan fleet power, dan emisi CO2.
  • Kecerdasan Buatan: Prosesor 4th Gen Intel Xeon mencapai inferensi real-time PyTorch hingga 10x lebih tinggi dan kinerja pelatihan dengan akselerator Intel Advanced Matrix Extension (Intel® AMX) built-in. Dengan penyediaan software suite AI dari Intel, para developer dapat menggunakan tool AI pilihan mereka, sekaligus meningkatkan produktivitas dan mempercepat waktu pengembangan AI. Perangkat software ini portable dari workstation, dan telah divalidasi dengan lebih dari 400 model machine learning dan model deep learning AI di seluruh contoh kasus AI di setiap segmen bisnis.
  • Networking: Prosesor 4th Gen Intel® Xeon secara khusus dioptimalkan untuk jaringan berperforma tinggi, berlatensi rendah, dan beban kerja edge. Prosesor ini merupakan bagian penting dalam fondasi untuk mendorong masa depan yang lebih diatur oleh software di berbagai industri, mulai dari telekomunikasi dan retail hingga manufaktur dan smart city. Prosesor ini memberikan kapasitas jaringan virtualized radio access network (vRAN) hingga dua kali lipat tanpa meningkatkan konsumsi daya. Hal ini memungkinkan penyedia layanan komunikasi menggandakan performa per watt untuk memenuhi kebutuhan kinerja yang sangat penting, peningkatan kapasitas layanan, dan efisiensi energi.
  • Platform Xeon Paling Kaya Fitur dan Aman: Prosesor 4th Gen Intel® Xeon® terbaru menghadirkan fitur-fitur baru termasuk peningkatan bandwidth memori dengan DDR5, peningkatan bandwidth I/O dengan interkoneksi PCIe5.0 dan Compute Express Link (CXL) 1.1. Intel menghadirkan portofolio komputasi confidential yang paling komprehensif dari semua penyedia silikon data center di industri ini. Intel juga tetap menjadi satu-satunya penyedia silikon yang menawarkan isolasi aplikasi untuk komputasi data center dengan Intel Software Guard Extensions (Intel® SGX). Dan akhirnya, arsitektur modular dari prosesor 4th Gen Intel Xeon memungkinkan Intel memberikan penawaran jajaran prosesor yang lebih luas di hampir 50 SKU yang ditargetkan untuk berbagai kasus penggunaan atau aplikasi pelanggan.

 

Tags: , , , ,


COMMENTS