January 12, 2023

Intel Luncurkan Prosesor Xeon Scalable, CPU dan GPU Max Series Gen 4

Penulis: Desmal Andi
Intel Luncurkan Prosesor Xeon Scalable, CPU dan GPU Max Series Gen 4  

Mobitekno – Intel hari baru saja meluncurkan prosesor 4th Gen Intel® Xeon® Scalable (dengan nama kode Sapphire Rapids), Intel® Xeon® CPU Max Series (dengan nama kode Sapphire Rapids HBM) dan Intel® Data Center GPU Max Series (bernama kode Ponte Vecchio). Peluncuran ini memberikan lompatan dalam hal kinerja, efisiensi, keamanan, dan kemampuan baru untuk AI, cloud, jaringan dan edge data center, serta superkomputer terkuat di dunia bagi para pelanggan.

Bekerja sama dengan para pelanggan dan mitranya melalui 4th Gen Xeon, Intel memberikan diferensiasi solusi dan sistem dalam skala besar untuk mengatasi berbagai tantangan komputasi terbesar mereka. Pendekatan unik Intel untuk akselerasi yang mengutamakan beban kerja untuk tujuan tertentu dan software sangat dioptimalkan untuk beban kerja tertentu memungkinkan perusahaan-perusahaan memberikan kinerja yang tepat dengan daya yang tepat untuk total cost of ownership secara keseluruhan yang optimal.

Selain itu, sebagai prosesor data center yang paling ramah lingkungan dari Intel, prosesor 4th Gen Xeon memberikan berbagai fitur untuk mengelola daya dan kinerja kepada pelanggan, sehingga bisa mengoptimalkan penggunaan sumber daya CPU untuk membantu mereka mencapai tujuan keberlanjutan mereka.

“Peluncuran prosesor 4th Gen Xeon Scalable dan keluarga produk Max Series adalah momen penting dalam mendorong perubahan haluan Intel, sehingga menghidupkan kembali jalan kami menuju kepemimpinan di data center dan mengembangkan keahlian kami di arena-arena baru,” kata Sandra Rivera, executive vice president dan general manager Datacenter dan AI Group Intel. “Intel 4th Gen Xeon dan keluarga produk Max Series menghadirkan sesuatu yang benar-benar diinginkan pelanggan – kinerja dan keandalan terdepan dalam lingkungan yang aman untuk kebutuhan-kebutuhan nyata mereka – mempercepat penciptaan nilai dan mendorong laju inovasi mereka.”

Tidak seperti prosesor-prosesor data center lain di pasaran yang sudah ada di tangan pelanggan saat ini, keluarga 4th Xeon sangat memperluas strategi dan pendekatan Intel yang dibangun khusus untuk mengutamakan beban kerja.

Benefit dari Kinerja dan Kenerlanjutam

Saat ini, ada lebih dari 100 juta proseor Xeon yang terinstal di pasar – dari server di on-premise yang menjalankan berbagai layanan IT, termasuk yang berada dalam model bisnis as-a-service, perangkat jaringan yang mengelola trafik Internet, hingga komputasi edge di wireless base station dan berbagai layanan cloud.

Dibangun berdasarkan inovasi dan kepemimpinan di bidang data center, jaringan, dan intelligent edge selama puluhan tahun, prosesor 4th Xeon yang baru menghadirkan kinerja terdepan dengan akselerator paling integrasi dibanding CPU manapun di dunia untuk mengatasi berbagai tantangan komputasi terpenting yang dihadapi para pelanggan di area AI, analitik, jaringan, keamanan, penyimpanan, dan HPC.

Ketika dibandingkan dengan Xeon generasi sebelumnya, pelanggan 4th Gen Intel Xeon akan merasakan peningkatan efisiensi performance per watt rata-rata 2,9×1 pada beban kerja yang ditargetkan ketika memanfaatkan akselerator yang terintegrasi, penghematan daya hingga 70-watt2 per CPU dalam power mode yang dioptimalkan dengan performance loss yang minimal, dan TCO yang lebih rendah antara 52% hingga 66%.3.

Teknologi Keberlanjutan

Akselerator terintegrasi yang ekspansif dalam 4th Xeon membuat Intel dapat memberikan penghematan daya di tingkat platform, mengurangi perlunya akselerasi terpisah tambahan, dan membantu para pelanggan mencapai sasaran keberlanjutan mereka. Selain itu, power mode yang dioptimalkan dapat menghasilkan penghematan daya pada soket hingga 20% dengan dampak kinerja kurang dari 5% untuk beban kerja tertentu11. Inovasi baru dalam pendingin udara dan cairan semakin mengurangi konsumsi energi total pada data center; dan dalam proses produksinya, 4th Gen Xeon dibuat dengan menggunakan listrik terbarukan yang mencapai 90% atau lebih di pabrik Intel dengan fasilitas reklamasi air canggih.

Artificial Intelligence

Dibandingkan dengan generasi sebelumnya, di sisi AI prosesor 4th Gen Xeon mencapai inferensi real-time PyTorch dan kinerja pelatihan dengan akselerator Intel® Advanced Matrix Extension (Intel® AMX) terintegrasi hingga lebih dari 10x.5,6 Intel 4th Gen Xeon membuka tingkat kinerja baru untuk inferensi dan pelatihan di berbagai beban kerja AI. Xeon CPU Max Series memperluas kemampuan ini untuk natural language processing, yang dengan ini para pelanggan akan merasakan peningkatan kecepatan large language model hingga 20x.12 Dengan hadirnya rangkaian software AI Intel, para developer dapat menggunakan tool AI pilihan mereka, sekaligus meningkatkan produktivitas dan mempercepat waktu pengembangan AI. Rangkain software ini bersifat portabel atau terpisah dari workstation, sehingga memungkinkannya untuk ditingkatkan di cloud dan hingga ke edge. Dan telah divalidasi dengan lebih dari 400 machine learning dan model deep learning AI di seluruh jenis penggunaan AI yang paling umum di setiap segmen bisnis.

Jaringan

4th Gen Xeon menawarkan keluarga prosesor yang secara khusus dioptimalkan untuk jaringan berkinerja tinggi, latensi rendah, dan beban kerja edge. Prosesor ini adalah bagian penting dari fondasi yang mendorong masa depan yang diatur oleh software (software-defined) untuk beragam industri mulai dari telekomunikasi dan retail hingga manufaktur dan smart city. Untuk beban kerja inti 5G, akselerator terintegrasi membantu meningkatkan throughput dan mengurangi latensi, sementara kemajuan dalam manajemen daya meningkatkan responsivitas dan efisiensi platform. Dan, jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya, 4th Xeon menghadirkan hingga dua kali kapasitas virtualized radio access network (vRAN) tanpa meningkatkan konsumsi daya. Hal ini memungkinkan penyedia layanan komunikasi menggandakan performance per watt untuk memenuhi kebutuhan kinerja yang sangat penting, peningkatan kapasitas, dan efisiensi energi.

High Performance Computing

4th Gen Xeon dan keluarga produk Intel Max Series menghadirkan arsitektur yang scalable dan seimbang, yang mengintegrasikan CPU dan GPU dengan ekosistem software terbuka OneAPI untuk beban kerja komputasi yang demanding dalam HPC dan AI, sehingga mampu memecahkan masalah-masalah dunia paling menantang saat ini.

Xeon CPU Max Series adalah prosesor berbasis x86 pertama dan satu-satunya dengan memori bandwith yang tinggi, sehingga dapat mengakselerasi banyak beban kerja HPC tanpa memerlukan perubahan kode. Intel Data Center GPU Max Series adalah prosesor berdensitas paling tinggi di Intel dan akan tersedia dalam beberapa form factor untuk menjawab kebutuhan pelanggan yang berbeda-beda.

Xeon CPU Max Series menawarkan high bandwidth memory (HBM2e) sebesar 64 gigabyte pada paketnya, sehingga meningkatkan data throughput untuk HPC dan beban kerja AI secara signfikan. Dibandingkan dengan top-end prosesor 3rd Gen Intel® Xeon® Scalable, Xeon CPU Max Series memberikan kinerja hingga 3,7 kali10 pada berbagai aplikasi nyata seperti energi dan earth systems modeling.

Selanjutnya, Data Center GPU Max Series mengemas lebih dari 100 miliar transistor ke dalam paket 47-tile, sehingga menghadirkan tingkat throughput baru untuk beban kerja yang menantang seperti fisika, layanan keuangan, dan ilmu hayati. Ketika dipasangkan dengan Xeon CPU Max Series, kombinasi platform itu mencapai kinerja lebih besar hingga 12,8 kali13 dibandingkan generasi sebelumnya, ketika menjalankan simulator dinamik molekular LAMMPS.

Platform Xeon Paling Kaya Fitur dan Aman

Menandai transformasi platform terbesar yang telah dihasilkan Intel, 4th Gen Xeon tidak hanya merupakan akselerasi yang luar biasa, tetapi juga merupakan pencapaian di proses manufakturnya, dengan menggabungkan hingga empat tile yang dibangun dengan Intel 7 dalam satu paket, terhubung menggunakan teknologi pengemasan Intel EMIB (embedded multi-die interconnect bridge) dan menghadirkan fitu-fitur baru termasuk peningkatan bandwidth memori dengan DDR5, peningkatan bandwidth I/O dengan PCIe5.0 dan interkoneksi Compute Express Link (CXL) 1.1.

Fondasi dari semuanya adalah keamanan. Dengan 4th Gen Xeon, Intel menghadirkan portofolio confidential computing paling komprehensif dibandingkan penyedia data center silicon di di industri. Hal ini meningkatkan keamanan data, mematuhi berbagai regulasi, dan kedaulatan data. Intel masih menjadi satu-satunya silicon provider yang menawarkan isolasi aplikasi untuk komputasi data center dengan Intel® Software Guard Extensions (Intel® SGX), yang memberikan ruang serangan terkecil saat ini untuk confidential computing di lingkungan private cloud, public cloud, dan cloud-to-edge. Selain itu, teknologi isolasi virtual machine (VM) Intel yang baru, Intel® Trust Domain Extensions (Intel® TDX), ideal untuk mem-porting aplikasi yang ada ke lingkungan rahasia dan akan diluncurkan bersama Microsoft Azure, Alibaba Cloud, Google Cloud, dan IBM Cloud.

Terakhir, arsitektur modular 4th Xeon memungkinkan Intel menawarkan jajaran prosesor yang luas dengan hampir 50 SKU yang ditargetkan untuk berbagai jenis penggunaan atau aplikasi pelanggan, dari SKU yang umum untuk mainstream hingga SKU yang dibuat khusus untuk cloud, database dan analitik, jaringan, penyimpanan, dan jenis penggunaan single-socket edge. Keluarga prosesor 4th Gen Xeon dapat mendukung kemampuan On Demand dan beragam jumlah core, frekuensi, campuran akselerator, power envelope, dan memory throughput yang sesuai untuk jenis penggunaan dan form factor yang dapat menangani berbagai kebutuhan nyata dari para pelanggan.

Tags: , ,


COMMENTS