September 14, 2023

Samsung Solve for Tomorrow 2023, Wadah Inovasi Generasi Muda Indonesia untuk Masa Depan

Penulis: Rizki R
Samsung Solve for Tomorrow 2023, Wadah Inovasi Generasi Muda Indonesia untuk Masa Depan  

Mobitekno – Setelah melalui serangkaian kompetisi dan pelatihan yang intensif, program Samsung Solve for Tomorrow (SSFT) telah memunculkan inovasi-inovasi yang mengagumkan untuk mengatasi tantangan dalam pendidikan dan keberlanjutan masyarakat. Kompetisi perdana SSFT di Indonesia ini telah menghasilkan pemenang yang memiliki solusi kreatif untuk masalah-masalah tersebut.

Tim Dasher dari Madrasah TechnoNatura Depok, Jawa Barat, menyabet gelar juara pertama dengan solusi Biomass Gasification. Solusi ini menciptakan hidrogen dari biomassa sebagai bahan bakar ramah lingkungan.

Juara kedua, tim RGB dari SMA Negeri 8 Jakarta, mengembangkan aplikasi belajar, KeywordRBG, yang menggabungkan kecerdasan buatan (AI) dan unsur permainan untuk membuat pembelajaran di kelas lebih menarik.

Samsung Solve for Tomorrow

Tim Dasher dari Madrasah TechnoNatura Depok, Jawa Barat

Adapun juara ketiga, kelompok Qalam Malaq dari SMA Negeri 78 Jakarta, menciptakan Microalgae Aquarium (Malaq) yang efektif mengubah karbondioksida menjadi oksigen, memberikan solusi bagi masalah polusi udara di perkotaan.

Simon Lee, President Samsung Electronics Indonesia, yang turut hadir dalam pengumuman pemenang SSFT, mengungkapkan, “Samsung Solve for Tomorrow diinisiasi sebagai wadah di mana anak-anak muda didorong dan diberdayakan untuk berani mengemukakan ide-ide mereka untuk menciptakan perubahan yang lebih baik di dalam komunitas. Potensi anak-anak muda Indonesia sangat besar menjadi generasi penerus dan calon pemimpin masa depan untuk Indonesia yang lebih baik,”

Samsung Solve for Tomorrow

tim RGB dari SMA Negeri 8 Jakarta

Para pemenang SSFT berhak atas hadiah-hadiah produk Samsung yang mengesankan, dengan pemenang pertama mendapatkan produk senilai Rp150 juta, runner-up pertama senilai Rp70 juta, runner-up kedua senilai Rp45 juta, dan pemenang People’s Choice akan membawa pulang produk senilai Rp25 juta.

Banu Pribadi, Head of B2B Innovation Lab – Samsung R&D Indonesia, menyatakan perasaan bangga karena telah menjadi bagian dari proses penentuan pemenang Samsung Solve for Tomorrow, sebab ide-ide yang dicetuskan para peserta benar-benar luar biasa.

“Sebagai juri, saya tidak bisa menahan kagum menyaksikan bagaimana anak-anak muda ini dengan berani mengajukan ide-ide yang kreatif untuk menghasilkan perbedaan di komunitas mereka. Saya bisa katakan, teknologi akan sangat bermakna ketika ia ada di tangan yang tepat dan para finalis Samsung Solve for Tomorrow menunjukkan mereka adalah orang-orang yang tepat,” ungkap Banu.

Samsung Solve for Tomorrow Gali Potensi Generasi Muda

Bagi Generasi Z, teknologi adalah ‘taman bermain’ mereka. Survei telah mengungkapkan bahwa 84% dari Generasi Z percaya bahwa teknologi dapat membantu membangun masa depan yang lebih baik. Inilah yang mendorong Samsung Solve for Tomorrow (SSFT) untuk memberdayakan inovator-inovator muda Indonesia.

Dengan sebagian besar populasi Indonesia yang dikuasai oleh Generasi Z, bonus demografi ini menjadi momentum penting untuk memberdayakan calon pemimpin masa depan.

Samsung Solve for Tomorrow mendorong siswa SMA, SMK, dan Madrasah Aliyah di seluruh Indonesia untuk menjadi inovator sejak dini. Dari ratusan ide yang diajukan, terpilih 40 tim semi-finalis yang kemudian menjalani pelatihan untuk merancang ide-ide mereka menjadi solusi STEM yang inovatif.

Samsung Solve for Tomorrow

kelompok Qalam Malaq dari SMA Negeri 78 Jakarta

Selanjutnya, 15 tim finalis berkompetisi melalui presentasi dan wawancara dengan panel juri yang terdiri dari para ahli di bidang STEM, mewakili Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi, Kementerian Agama, Pusat Penelitian Teknologi Informasi & Komunikasi – Institute Teknologi Bandung, dan tim dari Samsung.

Winner Jihad Akbar, S.Si., M.Ak, Plt Direktur SMA, Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi, mengapresiasi komitmen Samsung dalam memberdayakan pelajar Indonesia. Dia menganggap SSFT sebagai bekal berharga bagi calon pemimpin masa depan bangsa ini.

Sedangkan, Muchammad Sidik Sisdiyanto, M.Pd, Plt Direktur KSKK Kementerian Agama, mengatakan sangat senang siswa-siswa Madrasah Aliyah telah diberikan kesempatan melalui Samsung Solve for Tomorrow untuk menunjukkan ide dan kreativitas mereka dalam memecahkan masalah-masalah sosial di masyarakat.

“Samsung Solve for Tomorrow membuktikan bahwa inovasi yang bermanfaat bagi masyarakat bisa datang dari siapa saja, asalkan punya keberanian serta kemauan untuk belajar dan memanfaatkan teknologi untuk merancang solusi yang menakjubkan dan bermanfaat bagi masyarakat. Kompetisi ini adalah peluang yang sangat baik bagi dunia pendidikan madrasah di Indonesia untuk terus menggali potensi anak-anak muda untuk masa depan yang lebih baik,” terangnya.

Samsung Solve for Tomorrow adalah bukti nyata komitmen Samsung Electronics Indonesia dalam mendukung inovasi dan potensi generasi muda Indonesia, sekaligus membuka pintu menuju masa depan yang lebih cerah.

Tags: , , ,


COMMENTS