September 13, 2023

START CX FIRST Summit 2023 oleh Tokopedia Maksimalkan Pengalaman Pelanggan Lintas Industri

Penulis: Rizki R
START CX FIRST Summit 2023 oleh Tokopedia Maksimalkan Pengalaman Pelanggan Lintas Industri  

Mobitekno – Tokopedia dan sejumlah mitra strategisnya merayakan Hari Pelanggan Nasional dengan menggelar konferensi teknologi tahunan START CX FIRST Summit 2023 diadakan pada Kamis, 14 September 2023. Salah satu tujuan dilaksanakannya event ini adalah untuk memperbaiki pengalaman pelanggan.

Melalui START CX FIRST Summit 2023, Tokopedia berharap para praktisi customer experience dapat berbagi pengetahuan, pengalaman, dan berjejaring untuk meningkatkan kualitas strategi serta implementasi customer experience di berbagai industri. Pelaku usaha juga dapat belajar mengaplikasikan praktik customer experience dari para pakar.

START CX FIRST Summit 2023 adalah salah satu program Tokopedia Academy yang membahas praktik terbaik dalam customer experience. Acara ini menghadirkan puluhan pembicara dari berbagai latar belakang, termasuk pemimpin perusahaan, pemerintah, dan praktisi customer experience di industri ritel, teknologi, dan telekomunikasi.

 

START CX FIRST Summit 2023

Salah satu pembicara utamanya adalah Chairman of Customer Service Experience Association Indonesia (CSEAI), Rudyanto H.P. Manullang, Ph.D., M.P.H.

“Pelanggan kini memiliki ekspektasi yang lebih tinggi terhadap nilai tambah sebuah layanan. Kemampuan memberikan pengalaman terbaik bagi pelanggan sangat penting dikuasai oleh pemberi layanan, termasuk perusahaan,” ujar Rudyanto.

START CX FIRST Summit 2023 Tingkatkan Kualitas Customer Experience

Menurutnya, peran tim customer experience sangat diperhitungkan dan menjadi garda terdepan dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan. START CX FIRST Summit 2023 dari Tokopedia sangat perlu diapresiasi karena inisiatif ini bisa membantu meningkatkan kualitas customer experience lintas industri.

Acara ini diselenggarakan secara hybrid mulai pukul 09.00-17.00 WIB dan mengusung tema ‘Beyond Boundaries: Breaking Barriers to Amplify Customer Experience’. Siapa pun dapat mendaftar dan menyaksikan START CX FIRST Summit 2023 secara gratis melalui situs Tokopedia Academy.

Inovasi Teknologi Tokopedia Care Meningkatkan Self-Service Experience

START CX FIRST Summit 2023

Tokopedia memiliki komitmen untuk memberikan pengalaman terbaik dan relevan bagi pelanggan, baik pembeli maupun penjual, melalui Tokopedia Care. Saat ini, kita berada di era experience economy, di mana konsumen tidak hanya menginginkan produk atau jasa, tetapi juga membutuhkan pengalaman yang mengesankan.

Tokopedia Care adalah layanan 100% berbasis digital yang tersedia 24/7. Layanan ini memungkinkan pertanyaan pelanggan dijawab secara cepat, akurat, dan transparan. Tokopedia Care menggunakan teknologi canggih seperti artificial intelligence (AI) dan machine learning untuk menyediakan self-service experience.

Itu berarti pelanggan dapat mendapatkan solusi untuk pertanyaan mereka dengan cepat dan mandiri, tanpa perlu bantuan dari tim customer experience Tokopedia.

Sebagai perusahaan teknologi inklusif, Tokopedia memberikan kesempatan bagi ribuan Nakama, termasuk tim customer experience Tokopedia Care, dari berbagai latar belakang, seperti perempuan dan difabel. Hal ini sejalan dengan komitmen ESG GoTo Tiga Nol (Three Zeroes) yang bertujuan membantu masyarakat menciptakan peluang tanpa hambatan melalui ekosistem GoTo, termasuk Tokopedia.

Tokopedia Care menggabungkan tiga elemen dalam memberikan customer experience terbaik bagi pelanggan:

1. Human Touch: Tim customer experience Tokopedia Care (CFS) memberikan sentuhan manusiawi.

2. Teknologi: Pemanfaatan AI, automasi, dan pengembangan real-time customer engagement hub.

3. Voice of Customer: Mengoptimalkan umpan balik dari pelanggan.

Selain memberikan pengalaman terbaik bagi pelanggan, Tokopedia juga menyediakan self-service experience untuk memberdayakan penjual agar bisa memajukan bisnis mereka. Penjual dapat mengakses self-service experience melalui Seller Dashboard Tokopedia.

Melalui Seller Dashboard Tokopedia, penjual dapat menggunakan fitur ‘Wawasan’ yang didukung oleh AI. Fitur ini memberikan data komprehensif, seperti jenis produk atau kata kunci yang paling banyak dicari pembeli di Tokopedia berdasarkan wilayah dan kategori, membantu penjual memaksimalkan bisnis mereka.

Fitur terbaru ‘Penamaan Produk dan Kategori’ yang didukung oleh machine learning memberikan rekomendasi cerdas bagi penjual dalam hal penamaan produk dan kategorisasi yang paling relevan. Hal ini membuat produk lebih mudah ditemukan oleh pembeli.

Penjual juga dapat memanfaatkan fitur Katalog yang mengusung machine learning untuk menyediakan katalog cerdas, memungkinkan produk mereka muncul di tengah lebih dari 1,8 miliar produk terdaftar di Tokopedia. Tokopedia juga menyediakan solusi pemasaran menyeluruh, yaitu Tokopedia Marketing Solutions, yang tersedia mulai dari Rp250. Penjual dapat memilih solusi yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran mereka.

START CX FIRST Summit 2023

Halaman Pusat Edukasi Seller menyediakan berbagai materi edukasi bisnis yang dapat diakses secara gratis oleh penjual, membantu mereka menambah pengetahuan berbisnis secara mandiri.

Melalui serangkaian inovasi teknologi yang menyediakan self-service experience bagi pelanggan, baik penjual maupun pembeli, Tokopedia melalui pergelaran START CX FIRST Summit 2023 berharap dapat memberikan pengalaman terbaik bagi pelanggan dalam memajukan usaha maupun berbelanja online lewat Tokopedia

Tags: , , ,


COMMENTS