July 13, 2023

Huawei Perkenalkan Solusi Sistem Kereta Api Cerdas Masa Depan di Ajang Asia Pacific Rail 2023

Penulis: Iwan RS
Huawei Perkenalkan Solusi Sistem Kereta Api Cerdas Masa Depan di Ajang Asia Pacific Rail 2023  

Mobitekno – Huawei belum lama ini mempresentasikan perkembangan teknologi yang dicapainya untuk dimplementasikan sebagai solusi untuk sistem kereta api cerdas (smart railway system) masa depan di ajang Asia Pacific Rail 2023, Bangkok, Thailand belum lama ini.

“Dengan pengalaman selama 20 tahun di industri kereta api, khususnya sehubungan dengan fokus kami saat ini pada transformasi digital, Huawei memiliki misi yang jelas dalam industri ini, yaitu untuk menyusun ulang koneksi, membangun ulang platform, dan menerapkan kecerdasan,” jelas Xiang Xi, Vice President of Huawei Global Transportation BU dalam pidato sambutannya di ajang ini.

Huawei smart railway system
Xiang Xi, VP of Huawei Global Transportation BU menyampaikan solusi Huawei untuk kereta api masa depan dalam sambutannya di ajang Asia Pacific Rail 2023.

Kawasan Asia Pasifik, yang merupakan rumah bagi 4,2 miliar manusia (atau 61% dari populasi global), tengah mengalami ekspansi dan urbanisasi dengan laju yang begitu pesat,
mendorong peningkatan permintaan untuk layanan transportasi yang lebih baik. Pada tahun 2030, diperkirakan belanja TI global untuk perkeretaapian akan mencapai US$57,9 juta,
didorong oleh investasi besar-besaran untuk pembangunan rel kereta api di kawasan APAC.

Di saat yang sama, sejumlah negara di Kawasan ini mulai memanfaatkan berbagai solusi TIK baru untuk menghadirkan layanan kereta api yang lebih aman, lebih ramah lingkungan, dan lebih efisien.

Industri kereta api mengalami transformasi digital yang pesat dalam beberapa tahun ini. Huawei berkomitmen untuk mendorong aspek keamanan dan efisiensi dalam operasional dan pemeliharaan kereta api dengan memanfaatkan solusi TIK terbarunya.

Kereta api masa depan manfaatkan berbagai teknologi

Untuk mewujudkan hal ini, Huawei memanfaatkan sejumlah teknologi, seperti Analisis Data, Sistem Otonom, Kecerdasan Buatan (AI), Pembelajaran Mesin (Machine Learning atau ML), Future Railway Mobile Communication System (FRMCS), MSN, Jaringan Stasiun, Penyimpanan, hingga IoT.

Hasilnya, Huawei dapat mentransformasi cara pengelolaan, penggunaan, dan perancangan sistem transportasi. Kemajuan teknologi difokuskan secara terpusat pada integrasi tanpa hambatan antara berbagai moda transportasi, serta integrasi dengan berbagai aspek lainnya dalam masyarakat.

Huawei smart railway system
Animo pengunjung terhadap solusi Huawei untuk kereta api di ajang Asia Pacific Rail 2023.

 

Huawei menampilkan sejumlah praktik mutakhir untuk perkeretaapian, seperti backbone komunikasi IP dan Optik, yang membentuk sistem perkeretaapian masa depan, FRMCS sebuah sistem komunikasi seluler keretan api dan Wi-Fi 6 yang menyediakan koneksi pita lebar nirkabel antara kereta api dan Intelligent IT (TI Cerdas).

Teknologi tersebut diharapkan dapat memberi pengalaman baru dan serta menyediakan sistem penyimpanan canggih dengan teknologi terbaru untuk melawan ransomware dan Smart Station Solution (Solusi Stasiun Pintar) untuk optimalisasi operasional dan pemeliharaan serta pengalaman penumpang.

Jaringan 4G untuk sistem kereta api masa depan

Steven Xiong, CTO of Rail Industry, Huawei Enterprise menjelaskan bahwa Smart Station adalah solusi inovatif yang dapat meningkatkan pengalaman penumpang dan efisiensi operasional, mampu mengkonsolidasikan seluruh data dan informasi yang terkumpul dari berbagai aplikasi di stasiun.

“Sebagai fondasi dari sistem stasiun pintar ini, kami menggunakan infrastruktur TIK baru. Kita perlu menggantikan sistem TIK lawas termasuk server, sistem penyimpanan dan jaringan, bahkan data dan lain-lain, dengan platform digital berbasis cloud,” ujarnya seperti dikutip dari rilis resmi Huawei.

Sebagian besar sistem perkeretaapian sekarang masih beroperasi menggunakan jaringan nirkabel bandwidth sempit seperti GSM-R atau Tetra Radio untuk pemberangkatan kereta dan pengiriman sinyal rel. Diketahui teknologi ini sudah lama digunakan dan tidak dapat mendukung persyaratan sistem perkeretaapian cerdas.

Huawei railway system
Teknologi jaringan nirkabel 4G untuk soslusi kereta api masa depan yang lebih efisien, aman, dan nyaman,

FRMCS adalah jaringan komunikasi nirkabel baru untuk perkeretaapian yang mengandalkan sistem digital dengan memanfaatkan teknologi 4G yang berasal dari penyedia layanan telekomunikasi untuk menyediakan konektivitas kereta api.

“Jaringan kereta api modern menuntut keamanan tinggi, bandwidth tinggi, dan otomatisasi cerdas. Teknologi optik Huawei yang inovatif memungkinkan penerapan peningkatan tersebut dengan lancar dan mudah,” tegas Pan Chock Teck, Senior Manager Huawei Asia Pacific Enterprise Transportation Railway Solution.

Huawei diketahui memiliki unit usaha Aviation & Rail guna terus mengembangkan digitalisasi industri dan inovasi teknologi dengan berfokus pada skenario yang berlaku di industri transportasi.

Teknologi Huawei saat ini digunakan lebih dari 130 bandara dan maskapai penerbangan di seluruh dunia, serta melayani 300 jalur kereta api perkotaan di lebih dari 70 kota, dan lebih dari 150.000 km jalur kereta api.

Tags: , , , ,


COMMENTS