April 17, 2024

Luncurkan Business Messaging, Sendbird Ingin Dukung Bisnis Tingkatkan Pengalaman Pelanggan dan Penjualan

Penulis: Iwan RS
Luncurkan Business Messaging, Sendbird Ingin Dukung Bisnis Tingkatkan Pengalaman Pelanggan dan Penjualan  

Mobitekno – Sendbird, perusahaan perusahaan platform komunikasi in-app terkemuka yang digunakan oleh berbagai aplikasi mobile/seluler populer di dunia, mengumumkan peluncuran inovasi terbarunya, yaitu Sendbird Business Messaging.

Platform messaging omnichannel baru ini dirancang untuk memberdayakan tim dan sistem dalam mengirimkan pesan penting secara berdampak dan hemat biaya. Solusi ini juga memungkinkan masing-masing divisi internal perusahaan berkomunikasi dengan pelanggan secara efektif.

Sendbird Business Messaging 01

Fitur ini memastikan perusahaan dapat menyampaikan pesan penting melalui saluran yang paling relevan tanpa ada informasi yang terlewatkan untuk disampikan ke pelanggan.

Apapun pesannya, baik itu checklist informasi pasien untuk dokter, informasi penundaan penerbangan untuk traveller, informasi lalu lintas dan cuaca yang dapat menghambat waktu pengiriman, hingga pemberian kupon kompensasi atas permasalahan layanan pelanggan, Sendbird menjadi satu-satunya alat komunikasi yang dirancang untuk efisiensi komunikasi masing-masing divisi dalam perusahaan kepada pelanggan.

Solusi business messaging omnichannel hingga pelacakan pesan

Sendbird Business Messaging menawarkan solusi messaging omnichannel canggih yang mencakup SMS, push notification, pesan WhatsApp, dan in-app notification. Dengan fitur pengurutan yang inovatif, Sendbird memberikan rekomendasi channel prioritas dengan biaya paling rendah dan efektivitas paling tinggi, serta mengaktifkan channel alternatif hanya jika diperlukan.

Pendekatan ini meminimalkan jumlah pesan yang dikirim kepada pelanggan, mengurangi biaya operasional, dan mencegah pelanggan kewalahan akibat bombardir pesan yang dikirim bersamaan melalui berbagai channel.

Sendbird Business Messaging 02

CEO dan Co-Founder Sendbird, John S. Kim menyatakan bahwa hingga saat ini, industri bisnis masih mengejar ‘janji’ teknologi omnichannel yang mampu menggabungkan beragam saluran komunikasi untuk menjangkau audiens mereka.

“Kini dengan Sendbird Business Messaging, divisi manapun dapat menghadirkan gabungan layanan komunikasi pelanggan yang lancar, baik via aplikasi, SMS, hingga WhatsApp untuk pertama kalinya,” ujarnya.

Kehadiran Sendbird Business Messaging tidak hanya meningkatkan pengalaman pelanggan, namun juga meningkatkan kinerja bisnis, dan pengurangan biaya yang signifikan.”

Pada era dimana perhatian pelanggan menjadi komoditas utama perekonomian digital, optimasi saluran komunikasi untuk pengalaman pengguna terbaik menjadi sebuah tantangan tersendiri.

Sementara itu, biaya untuk memfasilitasi platform komunikasi juga terbilang cukup mahal. Di sinilah peran Sendbird Business Messaging yang dikembangkan untuk membantu mengatasi permasalahan tersebut.

Order naik dan biaya turun

Menurut Product Manager Porter, Apurva Shetty, Sendbird Business Messaging telah berperan penting bagi bisnis mereka. Sejak menggunakannya, Porter telah mencapai open rate pesan dalam aplikasi sebesar 78%, serta telah menghemat biaya sebesar 30% secara keseluruhan. Hal ini dapat terjadi akibat pemotongan biaya SMS, karena kami sudah beralih ke pesan dalam aplikasi yang jauh lebih efektif.

“Fleksibilitas yang diberikan Sendbird memungkinkan kami membuat ruang khusus di aplikasi kami untuk menemukan pesan-pesan ini dengan mudah,” tambahnya.

Sendbird Business Messaging mendapatkan perhatian signifikan dari kalangan bisnis digital internasional, terutama akibat efektivitas biaya yang ditimbulkan berkat migrasi komunikasi pelanggan dari SMS ke pesan dalam aplikasi.

Dengan begitu, perusahaan dapat secara signifikan memperluas jangkauan hingga hampir 100% dari basis pelanggan mereka (angka ini biasanya hanya mencapai 30% di wilayah dengan regulasi SMS yang ketat).

Sendbird Business Messaging 03

Pendekatan ini memungkinkan tingkat pengiriman konten yang lebih relevan dan persisten, yang pada akhirnya dapat meningkatkan konversi pelanggan dan mengurangi biaya operasional.

Banyak perusahaan telah memperoleh manfaat dari Sendbird Business Messaging dari sejumlah negara di Asia Pasifik, dan beberapa perusahaan pengguna akan segera muncul dari Indonesia.

Sendbird Business Messaging menjadi solusi pasti bagi manajer produk yang ingin memberdayakan semua divisi perusahaan dengan saluran komunikasi pelanggan seluler yang efektif, menggabungkan kemudahan penggunaan operasional dengan fleksibilitas teknis, memastikan implementasi yang cepat, dan kemampuan penyesuaian yang ekstensif.

Berikut ini fitur-fitur utama Sendbird Business Messaging:

Komunikasi omnichannel seluler:

  • In-app messaging
  • Push notification
  • WhatsApp
  • SMS

Sistem dashboard terunifikasi untuk:

  • Pembuatan draft dan template pesan
  • Pembuatan template kampanye omnichannel
  • Analitik multi-lapisan untuk kampanye, channel, dan pengguna

Sebagai pionir dalam pengembang platform SaaS dan API notifikasi omnichannel seluler, Sendbird Business Messaging memungkinkan pengembang untuk memprogram pesan pribadi & massal secara mudah, melalui integrasi otomatis dengan CRM, logistik, atau sistem pembayaran.

Dengan bantuan Kit UI dan SDK untuk sistem iOS dan Android, para pengembang juga dapat mengintegrasikan feeds notifikasi ke dalam aplikasi mereka dengan lebih sederhana melalui satu baris kode atau integrasi yang dikustomisasi, demi menciptakan alur kerja yang inovatif dan efisien.

Tags: , , , ,


COMMENTS