April 13, 2023

KILATS ENERGY INDONESIA Resmi Jadi ATPM Brand Motor Listrik GOVA

Penulis: Rizki R
KILATS ENERGY INDONESIA Resmi Jadi ATPM Brand Motor Listrik GOVA  

Mobitekno – PT KILATS ENERGY INDONESIA (“KILATS”), anak perusahaan KILATS PTE LTD Singapura di Indonesia secara resmi telah mendapatkan hak eksklusif untuk mendistribusikan armada baru dan sistem penggantian baterai NIU di Indonesia. Dengan kata lain, KILATS resmi menjadi Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) untuk jenama sepeda motor listrik GOVA.

Dengan mengusung merek GOVA yang baru diluncurkan ini, Indonesia akan menjadi negara penyebaran pertama di dunia yang akan menikmati motor listrik yang dibangun dan dirancang bersama dengan KILATS. 

Bersama KILATS, NIU, produsen skuter listrik asal Tiongkok, telah menjual sepeda motor listrik di Indonesia sejak awal tahun 2020 dan memahami apa arti sepeda motor listrik bagi konsumen. Di bawah distribusi eksklusif oleh ATPM, GOVA memperkenalkan GOVA F600, motor listrik yang dirancang dengan menggabungkan tenaga, kenyamanan, dan juga keamanan untuk memberikan pengalaman berkendara sepeda motor listrik yang sesuai dengan kebutuhan serta kondisi jalan di Indonesia.

 

GOVA F600 e1681366801186

Secara spesifikasi, GOVA F600 ‘memikul’ motor 3000W yang menghasilkan torsi 24Nm dan kecepatan maksimum yang dikendalikan pada 70 Km/Jam. Dari sisi pengadaan baterai, GOVA bermitra dengan salah satu perusahaan baterai terbesar asal Tiongkok untuk 2W, Phylion.

Vincent Yap, CEO KILATS, menjelaskan, “Dengan menggunakan dua baterai, GOVA F600 dapat menempuh jarak antara 80KM hingga 120km. Dimensinya yang panjang, serta ground clearance yang tinggi, dan suspensi ganda memberikan kenyamanan, keamanan, dan keserbagunaan yang sesuai,”

Menjawab kekhawatiran terkait suku cadang, nantinya GOVA F600 bakal dirakit dengan menggunakan suku cadang yang tersedia di pasar Indonesia yang memang dirancang untuk perilaku berkendara sepeda motor serta kondisi jalan di Indonesia. Itu artinya, GOVA tak akan melakukan impor sparepart yang biasanya memakan waktu lama.

Bersama dengan NIU, Vincent Yap akan merancang baterai 72V20ah untuk memberikan pengalaman penukaran baterai (Battery Swap) bagi konsumen. 

KILATS SWAP 2.0

Tak hanya memperkenalkan GOVA F600, KILATS juga memperlihatkan platform pertukaran baterai praktis, yang diberi nama KILATS SWAP 2.0. Tentunya, fasilitas ini ditargetkan untuk mengatasi masalah utama yang menghambat pengadopsian sepeda motor listrik di Asia Tenggara yaitu pengisian baterai dan jarak tempuh yang terbatas.

KILATS

Nantinya, pengguna bisa secara praktis menukar baterai kendaraan mereka dengan baterai yang baru di stasiun penukaran yang akan tersebar di beberapa tempat. Selain GOVA, KILATS SWAP 2.0 ini juga akan melayani merek sepeda motor lainnya dengan basis baterai yang sama.

Vincent Yap menerangkan, “Sistem pertukaran baterai ini nantinya akan sangat membantu bagi para pengguna motor listrik. menjawab kekhawatiran para pengguna sepeda motor listrik yang ingin menempuh jarak lebih jauh. Disamping memperluas daya tempuh, dengan pertukaran baterai, pengguna bisa menghemat secara signifikan dalam penggunaan baterai dengan tidak perlu mengganti baterai baru tiap lima tahun” 

“GOVA F600 ini, kami rancang khusus untuk memenuhi ekspektasi pengendara sepeda motor lokal dengan ukuran dan kenyamanannya” tambahnya.

GOVA F600 akan dirakit secara lokal dan KILATS Energy Indonesia bersama mitra telah membangun fasilitas perakitan untuk GOVA F600 di Indonesia, tepatnya di wilayah Jawa Barat. Pengemasan baterai dan sumber suku cadang lokal termasuk kartu pengguna adalah di antaranya.

KILATS akan berupaya melokalkan komponen utamanya pada tahun 2024 untuk memudahkan konsumen dalam mendapatkan komponen-komponen sepeda motor, terutama komponen fast moving yang selama ini dikeluhkan susah didapatkan oleh pengguna sepeda motor listrik.

IMG 20230413 121409

GOVA F600 dan penggantian baterai akan siap meluncur di jalanan Indonesia pada bulan Agustus 2023. Di bawah KILATS SWAP 2.0, KILATS membidik pasar B2B dan B2C yang sangat potensial di Indonesia. GOVA F600 dan penggantian baterai akan tersedia dalam berbagai kemudahan sistem pembayaran dan kepemilikan.

Tags: , , , , ,


COMMENTS