July 12, 2023

Tokopedia Gandeng KemenPPPA RI dan UPRINTIS Rilis Modul Perempuan Maju Digital

Penulis: Rizki R

Jumlah Perempuan Penjual dan Pembeli di Tokopedia Melonjak

Berkat upaya pemberdayaan perempuan oleh Tokopedia bersama para mitra strategis, animo perempuan dalam memulai dan mengembangkan bisnis di Tokopedia terus meningkat.

Tokopedia

“Tanjung Pinang (Kepulauan Riau), Balikpapan (Kalimantan Timur) dan Gianyar (Bali) menjadi beberapa wilayah di Indonesia dengan kenaikan tertinggi jumlah perempuan penjual selama semester I 2023 dibandingkan semester I 2022, dengan rata-rata peningkatan hampir 1,5 kali lipat,” ujar Hilmi.

Riset LPEM FEB UI 2023 mengungkapkan bahwa penjual di Tokopedia mempunyai rata-rata dua pekerja dan lebih dari setengah (58,47%) dari pekerja yang diberdayakan oleh penjual di Tokopedia adalah perempuan.

Selain membawa dampak bagi perempuan pelaku UMKM, Tokopedia juga mencatat antusiasme yang tinggi dari perempuan dalam berbelanja online sekaligus menggerakkan roda ekonomi.

“Kampar (Riau), Sampang (Jawa Timur) dan Lombok Barat (Nusa Tenggara Barat) menjadi beberapa wilayah di Indonesia dengan kenaikan tertinggi jumlah perempuan pembeli, selama semester I 2023 dibandingkan semester I 2022, dengan rata-rata peningkatan hampir 2 kali lipat,” kata Hilmi.

Tags: , , , , ,


COMMENTS