March 24, 2024

5 Tips Jualan Makin Cuan di Bulan Ramadan dari Tokopedia dan TikTok

Penulis: Rizki R
5 Tips Jualan Makin Cuan di Bulan Ramadan dari Tokopedia dan TikTok  

Mobitekno – Bulan Ramadan menjadi momen yang tepat bagi para pelaku usaha di Indonesia, khususnya UMKM, untuk meningkatkan penjualan. Pada platform ‘Shop | Tokopedia’ di aplikasi TikTok, produk Baju Muslim Wanita, Skincare dan Atasan Wanita mengalami peningkatan transaksi sebesar 1,4 kali lipat dibandingkan dengan rata-rata transaksi mingguan di bulan Februari 2024.

Sedangkan di Tokopedia, produk Hadiah, Fashion Muslim serta Daging dan Seafood mengalami peningkatan transaksi sebesar hampir 5 kali lipat dibandingkan dengan rata-rata transaksi mingguan di bulan Februari 2024.

“Kenaikan transaksi pada sejumlah produk tersebut menandakan bulan Ramadan menjadi momen yang tepat bagi para pelaku usaha di Indonesia khususnya UMKM untuk makin meningkatkan penjualan. Tokopedia bersama TikTok pun membagikan lima tips meningkatkan penjualan di bulan puasa untuk para pelaku UMKM lokal,” kata Head of Communications Tokopedia, Aditia Grasio Nelwan.

Bulan Ramadan

Berkenaan dengan hal itu, Tokopedia bersama TikTok memberikan lima tips untuk membantu UMKM lokal meningkatkan penjualan mereka selama bulan Ramadan.

Lima Tips Maksimal Bulan Ramadan untuk Raup Cuan

1. Keruk Untung dengan Bundling Produk

Strategi bundling produk bisa meningkatkan penjualan, terutama bagi UMKM yang berjualan produk kebutuhan sehari-hari. Gabungkan maksimal 3 produk dengan menambahkan diskon khusus untuk menarik minat calon pembeli.

Manfaatkan fitur Paket Bundling di Tokopedia dan Shop | Tokopedia untuk mendorong penjualan. Agar pembeli makin loyal, pelaku UMKM bisa menggunakan fitur ‘Produk untuk Hadiah’ di Tokopedia atau ‘Gift with Purchase’ di Shop | Tokopedia pada aplikasi TikTok. Lewat fitur ini pelaku UMKM bisa memberikan hadiah kepada pembeli pada setiap transaksi.

Bulan Ramadan

2. Buat Hampers Edisi Spesial Bulan Ramadan

Memanfaatkan tren saling berkirim hampers menjelang Idulfitri, UMKM dapat membuat hampers edisi spesial Ramadan. Beri nama produk dengan kata kunci yang banyak dicari pembeli dan aktifkan fitur Pelengkap Produk di Tokopedia untuk memungkinkan pembeli menambah kartu ucapan dan kemasan sesuai preferensi.

Fitur ini memungkinkan pembeli menambah kartu ucapan dan kemasan (bungkus kado, goodie bag, kemasan ramah lingkungan dsb) pada produk apa pun. Jadi, pembeli bisa mengirim produk itu sebagai hadiah.

3. Kolaborasi dengan KOL yang Relevan

Pilih KOL sesuai dengan anggaran dan objektif penjualan. Kolaborasi dengan KOL yang relevan dapat membantu meningkatkan brand awareness.

Salah satu fitur Tokopedia yang dapat membantu penjual berkolaborasi dengan Nano KOL atau Tokopedia Affiliate adalah Dipromosikan Affiliate. Fitur ini memungkinkan penjual yang memenuhi kriteria untuk menawarkan komisi tambahan hingga 20% kepada Affiliate. Di sisi lain, penjual di Shop | Tokopedia juga dapat bekerja sama dengan affiliate creator yang sudah terdaftar di TikTok.

4. Live Streaming dengan Konten Menarik

Manfaatkan fitur LIVE shopping di Shop | Tokopedia untuk menjangkau target audiens yang tepat. Pastikan konten LIVE selalu menarik dengan menyambut audiens baru, menjaga konten tetap menarik, dan memperkuat waktu tayang LIVE. Di Tokopedia, gunakan kanal streaming video ‘Tokopedia Play’ untuk memasarkan produk dengan promo menarik.

Foto 5 Perempuan Pelaku Usaha di Tokopedia scaled

5. Terapkan Strategi Jitu Pasang Iklan

Gunakan solusi pemasaran komprehensif Tokopedia Marketing Solutions seperti fitur TopAds untuk menampilkan produk di hasil pencarian teratas. Di Shop | Tokopedia, manfaatkan fitur Iklan untuk menjangkau audiens yang lebih luas serta promosikan toko dan produk yang dijual.

Dengan menerapkan strategi-strategi ini, UMKM dapat memaksimalkan potensi penjualan mereka selama bulan Ramadan dan meraih kesuksesan dalam bisnis online.

Tags: , , , ,


COMMENTS