August 14, 2023

Tokopedia Terbukti NYAM! 2023 Ciptakan Panggung untuk Pengusaha Lokal Kuliner Terbaik

Penulis: Rizki R
Tokopedia Terbukti NYAM! 2023 Ciptakan Panggung untuk Pengusaha Lokal Kuliner Terbaik  

Mobitekno –  Menyambut Hari UMKM pada tanggal 12 Agustus 2023, platform e-commerce terkemuka, Tokopedia, menggelar ajang Terbukti NYAM! 2023 untuk pelaku usaha lokal kuliner terbaik. Dalam kesempatan ini, Tokopedia mengumumkan 13 produk makanan dan minuman terbaik dari pelaku usaha lokal kuliner

Keputusan ini diambil setelah masyarakat memberikan suaranya melalui halaman khusus di Tokopedia, yang berlangsung sepanjang 3-21 Juli 2023.

David Kartono, Vice President of Physical Goods Tokopedia, memaparkan, “Dari lebih dari 14 juta penjual di Tokopedia, hampir 100% merupakan pelaku UMKM, termasuk dari kategori makanan dan minuman. Tokopedia berkomitmen memberikan panggung luas bagi pelaku usaha lokal kuliner untuk meraih kesuksesan di Indonesia melalui berbagai upaya, salah satunya Terbukti NYAM! 2023,”

Terbukti NYAM!

“Dengan ajang ini, kami ingin meningkatkan pemahaman dan pilihan masyarakat terhadap produk buatan Indonesia, khususnya dalam bidang makanan dan minuman. Kami sangat menghargai partisipasi masyarakat dalam memberikan suaranya kepada pelaku usaha kuliner favoritnya dalam Terbukti NYAM! 2023,” tambah David.

Kemenperin RI (Kementerian Perindustrian Republik Indonesia) memberikan dukungan positif terhadap Terbukti NYAM! 2023. Drs. Yedi Sabaryadi, Direktur IKM Pangan, Furnitur dan Bahan Bangunan Kemenperin RI, menyatakan bahwa sektor industri makanan dan minuman memiliki kontribusi besar dalam perekonomian Indonesia.

“Pada triwulan I 2023, sektor ini menyumbang 38,61% dari nilai PDB industri non-migas. Pelaku UMKM makanan dan minuman juga berkontribusi besar dengan sekitar 1,66 juta unit usaha dan menyerap sekitar 3,6 juta tenaga kerja,” ujarnya.

“Kami sangat mengapresiasi langkah Tokopedia dalam menghadirkan Terbukti NYAM! 2023 untuk mendorong pelaku usaha lokal kuliner. Ajang ini memberikan kesempatan kepada pelaku usaha untuk lebih dikenal oleh masyarakat, dan ini sejalan dengan upaya pemerintah untuk mendorong pertumbuhan industri makanan dan minuman di Indonesia,” lanjut Yedi.

Kategori dan Manfaat Terbukti NYAM! 2023

Terbukti NYAM! 2023 memiliki 13 kategori nominasi, termasuk kategori seperti Kopi Bubuk Terbaik, Dessert Terenak, Bakery Terlezat, dan lainnya. Pemenang dalam ajang ini dipilih berdasarkan berbagai kriteria, termasuk peningkatan penjualan yang signifikan di Tokopedia, konsistensi deskripsi dan foto produk yang relevan, serta popularitas produk yang terus meningkat.

Terbukti NYAM!

Selain mendapatkan pengakuan, pemenang Terbukti NYAM! 2023 akan mendapatkan berbagai manfaat untuk mengembangkan usaha mereka. Ini termasuk saldo Saldo TopAds untuk fitur beriklan di Tokopedia, badge dengan logo Terbukti NYAM! untuk meningkatkan kepercayaan pembeli, dan kesempatan untuk berkolaborasi dengan kreator konten guna memberikan pengalaman belanja yang lebih menarik.

“Halaman khusus Tokopedia NYAM! adalah inisiatif nyata Hyperlocal Tokopedia berteknologi geo-tagging yang bertujuan mendekatkan penjual dengan pembeli di mana pun mereka berada. Upaya ini sejalan dengan salah satu komitmen ESG GoTo Tiga Nol (Three Zeroes), yaitu Nol Hambatan (Zero Barriers). Kami ingin membantu pelaku usaha menciptakan peluang tanpa hambatan lewat ekosistem GoTo termasuk Tokopedia,” tambah David.

Inisiatif yang diambil oleh Tokopedia bersama dengan penjual, mitra strategis, dan masyarakat lainnya membawa dampak positif terhadap tren belanja online produk makanan dan minuman serta perekonomian digital nasional. Produk makanan siap saji, siap masak, dan makanan ringan menjadi pilihan populer di Tokopedia NYAM! sepanjang semester I 2023.

Terbukti NYAM!

Beberapa wilayah di Indonesia, seperti Kampar (Riau), Sampang (Jawa Timur), dan Balikpapan (Kalimantan Timur), juga mengalami peningkatan jumlah penjual pada kategori Makanan dan Minuman di Tokopedia.

Selain itu, Maluku Barat Daya (Maluku) dan Raja Ampat (Papua Barat) menjadi beberapa wilayah dengan kenaikan tertinggi jumlah pembeli pada kategori Makanan dan Minuman di Tokopedia, selama semester I 2023 dibandingkan semester I 2022, dengan rata-rata peningkatan hampir 2,5 kali lipat.

Tren belanja online tersebut mencerminkan keberhasilan Tokopedia bersama para mitra strategis–mulai dari pelaku usaha, pemerintah, media dan masyarakat umum–dalam menciptakan pertumbuhan ekonomi yang lebih merata dari Sabang sampai Merauke,” ujar David.

Tokopedia akan terus bekerja sama dengan mitra strategis untuk mendukung pelaku UMKM dan kontribusi terhadap ekonomi digital nasional. Dalam perayaan Hari UMKM Nasional, Tokopedia akan mengadakan live shopping produk UMKM di Tokopedia PLAY untuk mendorong produk lokal lebih dikenal oleh masyarakat.

Tags: , , , , ,


COMMENTS